Ternyata ramai sekali pelanggan yang menjadi korban kejahatan/kezaliman perubahan password admin modem indihome tanpa sepengatahuan si pelanggan. Pelakunya pun ternyata si Telkom sendiri! Jika ada yang mengerti tentang hukum hak konsumen mungkin bisa memperkarakan kasus ini ditambah banyak kasus lainnya, saya yakin bisa menang. Setidaknya bukan hanya Anda yang ingin memperkarakan si Indihome, namun ada lembaga besar juga ingin memperkarakan indihome ke ranah hukum. Misalnya saja KPPU, yang juga siap memperkarakan Indihome gara-gara persaingan usaha tidak sehat, baca di : CNN Indonesia (klik)

menzalimi

Balik lagi ke topik utama, apa alasan Telkom merubah password pelanggannya sendiri? ini jawaban dari telkom..care yang saya dapatkan baru-baru ini :

alasan-telkom-merubah-pasword

kami tidak akan mengganti password modemnya jika tidak ada kepentingan yg urgent ya. Karena sebelumnya modem ZTE banyak yg terkena hack, maka dilakukan reset secara serentak utk password modemnya.

Kita patut apresiasi niat baik telkom yang sebenarnya untuk melindungi pelanggannya. Namun sayangnya cara yang dilakukan kurang etis dan terkesan memusuhi pelanggan. Menurut saya pribadi alangkah lebih baik lagi jika tekom lebih transparan mengenai kasus ini dan menyediakan solusi yang lebih ramah misalnya dengan memberitahu pelanggan via sms saja.

Lalu bagaimana jika ingin mengetahui password admin modem yang telah diubah saat ini? ini cara yang ditawarkan oleh telkom care:

jika memang pelanggan membutuhkan user dan password masuk ke settingan modem maka perlu infokan dahulu utk no internetnya pada Inbox

Bagi teman-teman yang belum tahu caranya, begini ya.. kalian dapat menghubungi telkom care melalui akun sosial media dibawah ini:

Atau teman-teman juga dapat mlihat beberapa riwayat password yang diubah paksa oleh Telkom di artikel ini : Daftar password modem zte indihome (scroll ke bagian bagian paling bawah).

Dibalik itu semua sebaiknya kita positif thinking saja. Kesemrautan ini memang sulit dibereskan. Percaya atau tidak, modem(ONT) ZTE yang diberikan dari pihak indihome memang memiliki masalah besar, misalnya saja mudah sekali untuk mengetahui password admin dengan cara ini: Cara Melihat Password Admin Modem Indihome (ZTE F660).

Selain itu sistem saat ini juga memudahkan pengguna asing merugikan si pelanggan dengan menambahkan fitur seamless secara ilegal. Ketika kita tersambung dengan internet dari Indihome misalnya di warkop atau perpustakaan, ternyata kita bisa dengan mudah membeli paket seamless atau paket lainnya sehingga menambah beban si pelanggan utama.

Memang sulit merubah perusahaan besar milik negara ini. Namun tetap sabar secara perlahan mari kita ikut mendukung perubahan kecil untuk telkom. Setidaknya arah Indonesia kedepannya semakin baik, misalnya setelah arahan pak jokowi basmi tuntas pungutan liar yang baru-baru ini gencar di sosialisasikan. Kita ikut pantau serta terus berkontribusi kritikan yang membangun kepada Telkom untuk membenahi masalah-masalah kecil, kita bisa memanfaatkan layanan sosial media yang tersedia, facebook, twitter, gmail, kita manfaatkan untuk melapor keluhan transparan dan berikan kritikan yang membangun. Jika sendiri tidak didengar, mari bangun kritikan massiv yang dapat diliput media besar. Bersama kita bisa, membangun internet fiber Indonesia yang lebih maju.

komentar