Di kesempatan yang berbahagia ini saya senang sekali bisa kembali menulis lagi tentang investasi, dan pada tema kali ini siahmad.com akan membahas tentang emas. Jadi langsung aja ya..

3 Jenis Emas

Nah sobat siahmad.com, ada tiga jenis emas yang saat ini banyak beredar di masyarakat, yang pertama adalah emas dalam bentuk perhiasan, ini yang paling disukai oleh ibu-ibu, para wanita. Emas dalam bentuk perhiasan ini sebetulnya bahan dasarnya adalah emas batangan, jadi emas yang paling tinggi kadar nya itu adalah emas batangan 24 karat kadarnya 99,9%.

emas-perhiasan

Tapi yang namanya emas terkenal sebagai logam yang sangat lembek, artinya kalau emas batangan yang 24 karat 99% tersebut kita banting ke lantai tidak akan pecah tapi penyok karena dia lembek. Oleh karena itu jika emas batangan dengan kadar 24 karat 99,9% dibuat langsung menjadi perhiasan, maka perhiasan nya akan kurang bagus. Cepet bengkok dan sebagainya.

Oleh karena itu para pengrajin perhiasan m
encampur emas murni ini dengan logam lain. Akibatnya karena ada campuran logam lain maka tingkat kemurnian emas dalam perhiasan tersebut menjadi berkurang. Itulah yang disebut dengan terminologi Karat.

Jika anda menemukan emas perhiasan 18 karat itu artinya sama dengan 18 per 24 Kali 100 atau kurang lebih 70-75% kadar emasnya. Jika anda menemukan emas perhiasan 22 karat itu sama artinya dengan 22 per 24 Kali 100 atau kurang lebih 91,6% kadar emasnya. Selain dari kalau bapak dan ibu membeli perhiasan misalnya gelang atau kalung seharga 5 juta. Uang Rp5.000.000 tersebut bukan cuma harga emas nya saja, tapi juga untuk ongkos bikinnya dan desainnya. semakin rumit desainnya maka semakin mahal ongkosnya. Tapi! ketika perhiasan tersebut dijual, yang dihargai hanya emasnya saja. Oleh karena itu berinvestasi dalam bentuk emas perhiasan membutuhkan waktu yang lebih lama dan jangan heran juga semakin tinggi kadar emas pada perhiasan tersebut maka semakin sederhana bentuk perhiasannya.

Yang kedua ada emas dalam bentuk koin, nah yang satu ini kurang populer di Indonesia. Paling yang terkenal di Indonesia itu adalah koin Dinar. Koin Dinar berdasarkan ketentuan yang berlaku, Koin Dinar harus terbuat dari emas 22 karat dengan berat 4,25.

emas-koin

Kalau bicara investasi emas menurut saya lebih maksimum emas jenis ketiga, yaitu emas batangan. Kenapa? pertama karena koin Dinar itu 22 karat sementara emas batangan itu 24 karat. Kemudian koin Dinar di Indonesia itu masih dianggap perhiasan oleh pemerintah. sehingga masih ada ppn dalam harganya. Sementara emas batangan Sampai dengan saat ini masih dianggap bahan baku perhiasan oleh pemerintah, sehingga tidak ada unsur pajak di dalamnya.

Yang ketiga  emas batangan, emas batangan di Indonesia secara umum dikelompokkan ada dua jenis. Pertama ada emas batangan yang diproduksi sendiri oleh toko emas, istilah kita emas batangan lokal. Bentuknya kalau di padang itu pernah saya lihat seperti dodol.

emas-lokal

Yang kedua ada emas batangan yang diproduksi oleh pabrik, mungkin anda sudah pernah mendengar ada emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang orang menyebutnya LM Antam, dan sekarang selain Antam Pegadaian pun mencetak emas batangan sendiri. Kita sebut saja emas Pegadaian. Jadi emas batangan yang produksi pabrik sekarang ada dua, yaiu yang mereknya Antam ada juga yang merknya Pegadaian.

emas-batanga

Emas batangan tersedia mulai dari satuan terkecil 1 gram sampai dengan yang 1 kilo. Ciri-ciri Emas batangan produksi pabrik ini yang jelas pertama adalah cetakannya rapi. Lalu mempunyai tingkat kemurnian yang paling tinggi 24 karat 99,9%, yang ketiga dilengkapi dengan sertifikat yang menyatakan tingkat kemurnian dari emas tersebut.

Dimana kita bisa memperoleh emas batangan ini? Anda bisa beli emas batangan ini pegadaian baik yang bermerek Antam maupun yang bermerek Pegadaian. Anda bisa membelinya di cabang-cabang kota terutama yang ada galeri 24 nya. Anda bisa beli emas batangan ini secara tunai maupun cicilan.

Beli tunai mulai dari yang paling kecil 1 gram sampai yang paling besar satu kilo dan Kalau anda mau cicil emas tersebut ke pegadaian Anda bisa mencicil emas mulai dari Rp100.000/bulan.

Keuntungan Beli emas di Pegadaian

Jaminan beli kembali di lebih dari 5000 cabang Pegadaian di seluruh Indonesia, artinya jika adan beli emas di Pegadaian maka anda bisa jual kembali emas yang Anda beli di seluruh cabang Pegadaian yang ada di Indonesia. Misalnya anda beli emas di pegadaian Bandung, saya bisa jual emas tersebut di pegadaian Bali, atau saya beli di Bali jual di Medan dan seterusnya.

Jaminan bahwa emas yang diberi itu pasti asli, tidak mungkin Pegadaian menjual emas palsu, itu yang harus menjadi catatan. Tidak mungkin perusahaan sebesar pegadaian menjual emas batangan palsu. Kalau anda membeli emas di Pegadaian dijamin emas batangan yang Anda beli itu asli.

Bagaimana mengetahui emas batangan  asli atau palsu?

Ini Memang agak sulit menjawabnya karena secara kasat emas batangan mata sangat sulit untuk diketahui mana yang asli dan mana yang palsu. Tapi ada dua hal yang harus anda perhatikan, pertama bahwa emas batangan yang Anda beli itu pasti memiliki sertifikat, dan Anda bisa melihat keaslian dari sertifikat itu dengan menerawang ke Lampu, atau ada pengamannya tapi secara fisik nya Memang agak sulit harus ditimbang air. Anda bisa datang ke pegadaian terdekat untuk mengecek Apakah ini asli atau tidak, di pegadaian ada jasa untuk memeriksa emas batangan asli atau tidak.

emas-pegadaian

Kedua belilah emas batangan di tempat-tempat yang terpercaya, seperti di pegadaian tidak mungkin Pegadaian menjual emas batangan palsu. Belilah emas batangan di lembaga atau tempat yang sangat terpercaya. Khusus untuk emas batangan yang diproduksi oleh Pegadaian atau yang bermerek Pegadaian, Anda juga bisa tes keasliannya dengan cara menyimpan emas batangan itu di bawah sinar ultraviolet maka logo Pegadaian yang ada di dalam masa itu akan nyala berwarna hijau.

emas-nyala

Manakah yang lebih baik dibeli yang merk bekantan atau yang merk Pegadaian?

Menurut saya sama saja. Anda bisa pilih emas merk Antam atau Anda bisa beli emas yang merek pegadaian, sama saja! emas tidak diukur karena mereknya atau tahun pembuatannya. Emas diukur karena kadar karat nya. Emas Pegadaian diproduksi oleh Perum Peruri yang tentunya terpercaya, jadi sama saja.

Itulah sahabatku kurang lebih pembahasan kita tentang jenis-jenis emas yang ada di indonesia. salam EMAS!

Apa Tanggapan Anda? Silahkan tulis di kolom komentar

komentar