Sering kali kita menemukan barang unik yang dijual dengan harga bervariasi di berbagai market place seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya. Terkadang kita bertanya-tanya, darimanakah suplier yang menyediakan barang-barang ini? apakah ini produk lokal atau produk luar?

Jika kita menelusuri lebih lanjut, mudah untuk menemukan dari mana distributor/suplier barang unik ini. Ternyata dari China! Ada banyak sekali sekarang ini situs online di luar negeri yang menjual berbagai barang unik dan aneh dari China. Sekarang kita hanya perlu selektif melirik toko mana yang terpercaya dan menjual dengan harga miring.

Pilihan saya jatuh kepada aliexpress.com untuk belanja barang secara eceran, kita dapat membeli tanpa transaksi minimum, bahkan dibawah $1 pun bisa. Walau eceran, harga yang ditawarkan lumayan murah dan banyak produk yang gratis ongkir, bahkan lebih murah dari harga reseler yang dijual orang Indonesia. Ini bisa jadi alternatif dari pada belanja di marketplace indonesia yang hanya jadi reseler produk luar namun menaikkan harga cukup tinggi.

Bagi kalian yang berniat menjadi reseller dan mencari suplier yang menjual barang secara grosir dengan harga super miring, kalian dapat mencoba alibaba.com. Situs ini sepertinya menjadi suplier raksasa yang sangat mungkin untuk dicoba siapa saja.

Lanjut lagi dengan pengalaman saya belanja di aliexpress.com, bagi yang ingin belanja mungkin bakal bertanya-tanya berapa lama barang akan sampai ke tempat tujuan di Indonesia? Apakah terpercaya? apakah barang sampai dalam keadaan baik?

Apakah Terpercaya?

Sebelum belanja, kalian bisa lihat kolom komentar atau review konsumen yang sudah berbelanja barang tersebut dari aliexpress.com, hal ini dapat menjadi pertimbangan sebelum closing ke pembayaran.

Berapa Lama barang sampai ?

Dari pengalaman saya setelah 5 kali belanja di aliexpress.com, rata-rata barang sampai dalam kurung waktu setengah bulan atau 2 minggu atau 15 hari. Ingat lokasi saya di banda Aceh ya, pelosok Indonesia. mungkin untuk kota besar yang dekat dengan pusat gudang pos di Jakarta akan lebih cepat.

Berikut saya sertakan beberapa screenshot pelacakan barang dari aliexpress hingga sampai ke tujuan.

 

Bagaimana kondisi barang yang sampai? Amankah?

Barang hanya dibungkus dengan kesek menyerupai amplop yang memiliki bubble wrap, namun selama saya belanja semua barang saya terima dalam kondisi baik, namun harap maklum karena barang yang saya beli hanya aksesoris yang tidak begitu riskan kalau dibanting-banting. Jadi hindari berbelanja barang pecah belah atau komponen yang tidak boleh terbanting.

 

Tips belanja di Aliexpress dari siahmad.com:

  • Setelah mencari nama barang, cobalah sortir barang dari harga termurah
  • Sortir barang yang paling banyak orang beli dan lihatah reviewnya
  • Di bagian review, coba lihatlah beberapa foto asli yang diupload konsumen lain yang sudah pernah berbelanja, mungkin bisa jadi pertimbangan untuk tetap yakin dengan barang yang ingin dibeli.

Bagaimana menurut kalian? ada yang punya pengalaman berbeda atau ada yang ingin ditanyakan? silahkan posting di kolom komentar ya..

komentar