Pernah nggak kalian merasa terganggu ketika membuka sebuah aplikasi lalu dikejutkan oleh iklan yang tiba-tiba muncul? Padahal aslinya aplikasi tersebut dapat berjalan walau tanpa internet.

Aplikasi yang sering saya buka namun sangat terganggu karena iklan yang muncul yaitu aplikasi Alquran. Apalagi saat membaca Alquran setelah salat subuh, di tengah keheningan setelah mengaji tiba-tiba dikagetkan oleh suara iklan. Hal tersebut tentu sangat mengganggu. Padahal dalam membaca Alquran tidak membutuhkan internet yang aktif, tapi saya sering kelupaan matiin wifi.

Lalu satu lagi aplikasi yang rutin saya buka setiap hari dan terganggu oleh iklan internetnya yaitu aplikasi Seven Minutes Workout. Saya rutin olahraga mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Setelah olahraga biasanya secara tiba-tiba muncul video iklan. Kadang suara iklannya aneh-aneh.

Satu-satunya solusi yang bisa kita lakukan untuk mencegah iklan yang muncul yaitu dengan mematikan WiFi atau paket data, sehingga tidak ada internet yang terhubung. Namun cara ini sedikit merepotkan.

Karena pengalaman tidak menyenangkan tersebut terus terjadi berulang-ulang, saya cari cara gimana caranya blokir internet dari WIFI untuk aplikasi tertentu tanpa menutup internet ke aplikasi lainnya yang sedang aktif di belakang background.

Saya menemukan banyak aplikasinya di Play Store dengan mengetikkan keyword block Internet for app, block WiFi for eps dan beberapa kata kunci lainnya. Ternyata tidak begitu banyak aplikasi yang muncul yang sesuai dengan yang saya harapkan. Dari beberapa aplikasi itu pun banyak yang tidak bekerja seperti yang kita harapkan.

Akhirnya setelah banyak mencoba berbagai aplikasi saya menemukan sebuah aplikasi yang sangat sesuai untuk kebutuhan ini. Aplikasi tersebut yaitu No Root Firewall.

Dengan aplikasi ini kita dapat menentukan aplikasi apa saja yang tidak boleh connect ke internet. Alias ditambahkan firewall untuk aplikasi tersebut.

Secara default Aplikasi ini akan memblokir semua akses internet untuk setiap aplikasi, sehingga kita harus mengallowkan setiap ada permintaan akses internet dari setiap aplikasi. Aplikasi ini saya coba di samsung galaxy S7 tanpa root dan berjalan dengan lancar.

Sekian berbagi pengalaman kali ini, semoga bermanfaat terutama untuk saya sendiri dalam rangka mengikat ilmu dengan menuliskannya.

komentar