Terkadang ada beberapa publisher yang ingin menaikkan saldo akun cadangannya agar mencapai syarat minimum untuk dikirimkan PIN (sebenarnya ga boleh punya 2 akun). Atau ada yang iseng mau bantu temannya, atau juga untuk kerja sama dan berbagai alasan lainnya.  Lalu apa hukumnya dari sisi kebijakan google adsense? Bolehkah Memasang Iklan dari 2 Akun Adsense di 1 Blog?

Jawabannya : BOLEH, LEGAL dan AMAN

Berikut ada pegangan super kuat yang ditulis langsung oleh di situs support.google.com. Tentu jawabannya tidak pura-pura atau main-main biar kamu celaka. berikut cuplikannya:

pasang 2 akun adsense di satu blog-siahmad.com-

Anda dapat langsung menugnjunginya disini : https://support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=en#Ads_on_the_same_page_or_site_as_another_publisher (klik)

Sering saya menemukan para blogger yang beri informasi simpang siur dengan menfatwanya langsung akan dibanned. Faktanya google melarang seseorang dengan identitas yang sama memiliki lebih dari satu akun adsense. Namun mereka tidak melarang 1 akun adsense dipakai banyak blog.

Jadi jika dalam kasus memasang iklan adsense dari 2 akun adsense dalam 1 website, saat kita pahami kedua akun adsense tersebut bukan milik orang yang sama, lalu seperti yang dijelaskan pada screenshot di atas, pihak pemilik website harus sudah memiliki izin untuk menampilkan iklan dari si pemilik akun adsense. Lalu bagaimanapun juga walau diizinkan memasang iklan dari  dua akun adsensen, tetap saja satu halaman hanya boleh terdiri dari 3 iklan banner, 3 iklan text dan 2 iklan pencarian. (Update 2017 : adsense sudah mengizinkan pasang iklan lebih dari 3 banner per halaman)

jawaban dari forum-forum ini mungkin lebih meyakinkanmu:

  1. https://productforums.google.com/forum/#!topic/adsense/L_waErm_v-c
  2. https://productforums.google.com/forum/#!topic/adsense/ItxCSt8rpe8
  3. Dan lain-lain, googling aja deh..

Namun fakta yang terjadi di lapangan sungguh berbeda, ada banyak blogger yang memiliki lebih dari satu akun adsense dengan alasan “jangan menaruh telur di satu keranjang”. Ada juga yang berpkiran, akun lainnya dibuat untuk bahan percobaan, pakai cara-cara yang melanggar ketentuan adsense. Kalau bisa cair Alhamdulillah, kalau dibanned masih aman karena masih ada akun utama. Ada juga yang memiliki akun adsense untuk diperjual belikan, harganya juga lumayan seperti pembuatan SIM bahkan lebih dan bahkan ada kaum perusak harga dan berbagai keunikan lainnya.

Sekian saja info dari saya siahmad.com, semoga mencerahkan kita semua. Silahkan baca-baca lagi tulisan saya lainnya.

komentar