Assalamualaikum guys, kali ini saya ingin ceritakan pengalaman yang berkesan di wilayah +62 yang semakin canggih. di Era industri 4.0 ini saya sudah berhasil membeli bawang dengan harga lebih murah dari harga pasaran dan tanpa perlu keluar rumah (perlu sih.. ambil di depan pagar). Memang facebook marketplace ini sangat memudahkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi.  Sangat mudah untuk bertanya langsung karena penjual sudah pasti akun asli. Tidak seperti OLX yang masih banyak potensi penipuan dan lambatnya balasan chat, serta pembeli tidak bisa menstalking jejak digital profil penjual.

Oke, Akhir-akhir ini saya gemar mejelajahi dunia marketplace facebook. Karena seru aja lihat barang-barang yang dijual netizen wilayah banda Aceh. Beberapa bikin kepincut untuk membeli, seperti bawang yang baru saja saya beli. Bawang merah harga normalnya di kisaran 25 ribuan perkilo, namun di facebook marketplace saya dapati ada penjual yang pasang harga 15 ribu perkilo. Hampir 50 persen lebih murah! Kebetulan banget lagi perlu bawang untuk riset dan kebutuhan masak-masak di rumah. Langsung aja saya coba chat pake akun ‘samaran’ untuk mencegah kemungkinan terburuk. Inilah yang saya suka dari transaksi online, tidak perlu repot2 tanya harga barang satu-persatu dan bisa tanya bebas tanpa ga enak kalau ga beli. hehe

Baca juga : Jeruk Kalamansi atau Limau Kasturi, Nikmat dan Bagus Untuk Kesehatan

Dari percakapan pun penjual cukup fast respons dan bersedia COD karena juga sekalian keluar. Penjualnya tidak begitu jauh dari alamat rumah saya. seperti ini percakapan singkatnya :

Sesaat setelah deal, mungkin sekitar 5-10 menit ada suara motor Yamaha Nmax depan rumah dan pengendaranya memberi salam “Assalamualaikuuum”. Waw cepat sekali responnya untuk mengantar. Tanpa basa-basi saya langsung sediakan uang 55 ribu sambil jawab Wa’alakum salam dan keluar rumah. “yang jual bawang ya..?” tanya saya singkat. Penjual pun menjawab iya dan dia sempat mengira saya ibu-ibu juga. Transaksi berlangsung cepat.

Penjual mengantarkan barang sambil mengendong anak bayinya yang masih kecil. Keren sekali, ini ibu-ibu yang gigih, cekatan mampu memanfaat berbagai peluang dan saya tampak ini pasti emak-emak sukses. Apakah ini salah satu bentuk transaksi di era industri four point O ?  berasa unik aja.. maklum saya tinggal tempat yang lumayan kampung loo.

baca juga : Kenapa Shopee Tidak Menampilkan Berat Barang ? Please Jawab!

Oya sebelumnya Alhamdulillah saya juga berhasil menjual dua unit laptop tablet melalui facebook marketplace. Jumlah penanya cukup banyak, lebih dari 50 orang, namun tetap butuh 4 hari agar terjual. Memanglah, semenjak saya sering buka fb marketplace saya langsung berasa kok olx kayanya ga diperlukan lagi ya, udah tergantikan langsung dengan fb marketplace ini. Memang sih di facebook masih banyak yang perlu diperbaiki karena masih banyak sekali penjual aneh yang posting barang-barang tidak pantas.

Demikian pengalaman singkat saya guys di era industri 4.0 ini, tentang membeli bawang online. Ada banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan, tinggal aksi saja. Untuk menjual kini tidak perlu lagi ruko strategis dipinggir jalan. Bisa di rumah, tinggal cari suplier saja dan langsung posting barang di FB Marketplace dan OLX. Pelan-pelan semakin masyarakat melek teknologi nanti kedepannya transksi lokal juga bakalan terjadi melalui listing online. Saya pribadi juga memikirkan harus bisa memanfaatkan peluan yang besar ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.. sampai jumpa di postingan blog selanjutnya.

komentar