Ada salah satu rekening bank BNI yang jarang saya gunakan, dan rekeningnya memang tidak saya bikinkan kartu debit. Sehari-hari pengecekan hanya melalui internet banking. Hingga suatu hari saya hendak mentransfer uang ke rekening lain namun tidak bisa. Dengan alasan rekening dalam status dorman. Dari situ saya terkejut dengan istilah dorman yang saya takutkan rekeningnya sudah mati. Padahal ada uang beberapa juta di dalamnya.

Namun ternyata rekening pasif atau dorman tidak begitu mengerikan. Rekening bersatus dormant karena tidak ada aktivitas transaksi apapun selama 6 bulan terakhir. Seperti yang diterangkan oleh akun twitter BNI di bawah ini :

Berdasarkan penjelasan di atas disebutkan rekening dormant dapat aktif kembali dengan transaksi pendebetan/pengkreditan melalui fasilitas e-banking, penarikan tunai, penyetoran tunai dan pemindahbukuan melalui cabang BNI atau pembelian di merchant.

Ketika mengetahui hal di atas saya langsung mencoba mentransfer uang sejumlah 10 ribu ke rekening dormant tersebut. Namun ternyata tidak merubah status rekening dormant menjadi aktif. Padahal setelah saya cek 1 bulan sebelumnya juga ada masuk uang transferan dari google 1 jutaan. Ternyata transferan online atau internet banking tidak bisa merubah status rekening dari dormant menjadi aktif.

Setelah saya pelajari lebih lanjut ternyata Bank BNI melalui akun twitternya menjelaskan kepada salah seorang Nasabah Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BNI dengan cara setoran tunai minimal Rp 100.000 ke teller cabang BNI terdekat dengan membawa buku tabungan, KTP asli dan kartu debit BNI.

Ternyata caranya dipersempit dengan harus setor tunai langsung melalui kantor bank BNI terdekat. Nah dari situ muncul berbagai pertanyaan dari netizen. Berikut pertanyaan yang berkaitan dengan Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BNI yang siahmad.com rangkum di twitter bank BNI.

  1. Berapa lama menunggu aktif setelah transfer ke rekening dormant ?
    Jawaban : Perihal ketentuan pengaktifan rekening yang dorman akan secara otomatis aktif pada saat Bapak melakukan penyetoran ya.
  2. Apakah biaya dormant 100rb tdak bisa diambil kembali?
    Jawaban : Apakah yang Bpk maksudkan mengenai setoran untuk mengaktifkan rekening dormant? Jika iya, perlu kami sampaikan bahwa itu bukan biaya ya Pak. Setoran tersebut sama halnya seperti Bpk Pandu melakukan setoran tabungan ke rekening sendiri.
  3. Rekening bni saya statusnya sdh dormant apa msh bisa menerima transfer uang masuk kerekening tersebut?
    Jawaban : Dapat kami informasikan untuk rekening yang status dorman/pasif masih bisa menerima transferan ya, baik dari rekening BNI atau Bank Lain. Terima kasih.
  4. Jika sudah setor tunai namun status masin dormant bagaimana cara buka kembali ?
    Jawaban : Untuk mengaktifkan rekening dorman, silakan Bapak Muhammad Shubhan konfirmasi ke KC BNI terdekat dengan membawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM, serta melakukan setoran di Teller minimal Rp. 100 ribu ya Pak.
  5. Apakah bisa disetorkan di mesin setor saja? Tanpa melalui teller?
    Jawaban : Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Perihal aktivasi rekening dorman hanya bisa dilakukan dengan melakukan setoran tunai di Teller ya Pak minimal Rp.100 ribu dengan membawa buku tabungan, KTP serta Kartu Debit ya.
  6. Rekening pasif setelah berhasil buat transaksi setor tunai apakah otomatis bisa aktif atau tetap harus laporan ke CS BNI terdekat?
    Jawaban : Perihal aktivasi rekening pasif silakan melakukan setoran tunai di Teller ya minimal Rp.100.000,- di kantor cabang BNI terdekat dengan membawa buku tabungan, KTP serta kartu debit ya. Kesimpulannya engga bisa ya.
  7. adakah batas waktu untuk mengaktivasi kembali rekening pasif ini?
    Jawaban : Tidak batas waktu ya, mengaktifkan rekening pasif bisa dg cara menabung kembali.

Kejadian Nyata Saat aktifkan rekening dorman (KURANGNYA PENGETAHUNA PEGAWAI BNI DARUSSALAM)

Kini saya cerita saya ketika ke bank untuk mengaktifkan rekning dorman di Bank BNI Darussalam. Nah saat saya masuk ke dalam bank saya katakan kepada satpam hendak mengaktifkan rekening yang dorman (rekening pasif). Tampaknya satpamnya kurang paham kasus ini, dia menyerahkan saya diurus di customer service. Setelah di suruh tunggu sebentar, CS dan satpam mengatakan bahwa urusan BNI syariah disuruh pergi ke kantor cabang BNI Syariah di banda aceh yang ada di kota. Lah saya heran ini kasus kecil gini kok dibikin ribet!

Lucunya ketika saya bilang kan di depan ada tu logo/sticker/lambang BNI syariah juga di depannya. Satpam BNI Darussalam menjawab, ya itu cuma gambar aja. Untung dijawab versi ramah tidak terlalu bikin kesal, walau jawabannya ngeselin. Anehnya pun CS nya juga tidak tau juga malah suruh saya ke kantor cabang utama BNI Syariah. AKhirnya saya jelaskan, setau saya untuk aktifkan rekening yang pasif ini cukup setor uang 100 ribu ke teller. Barulah si satpam mengarahkan saya antri ke teller.

Alhamdulillah setelah setor 100 ribu sekarang rekneingnya udah aktif lagi, langsung aja saya kosongkan. hehe

Sebelum

Demikianlah pengalaman saya mengaktifkan rekening yang dorman.

komentar