Para pemain youtube pasti sedang heboh-hebohnya masalah terminasi akun tanpa pemberitahuan, alias google melakukannya secara brutal dan banyak korban yang tidak terduga. Banyak yang mengatakan ini kekacauan/kesalahan sistem youtube (glitch Youtube)

Memang kasus ini menjadi begitu mencuat di akhir desember 2016 dan terus berlangsung hingga artikel ini ditulis pertengahan februari 2017. Saya termasuk korban badai suspend youtube ini. Walau video tidak ada klaim masalah copyright namun tetap aja dibabat abis. Selanjutnya masalahnya ketika hendak appeal, dimana youtube mewajibkan pengappeal mengisi URL channel yang telah disuspend. Banyak yang saya temukan pengguna yang bertanya cara mengetahui URL channel youtube yang telah disuspend. Memang URL yang panjang dan ribet ini tidak mudah diingat jika belum custom URL, sehingga kita sering mengabaikannya.

Nah dulu di masa awal suspend karena shock, saya coba jelajahi seluk beluk setiap link yang ada di bagian google brand, berharap ada jalan menemukan celah bisa masuk kembali, rupanya tidak ada. Secara kebetulan saya ketemu halaman yang masih mencantumkan link URL channel youtube kita walau sudah disuspend. Yaitu di halaman delete account..berikut langkah-langkahnya:

1.Silahkan menuju link https://myaccount.google.com/ kemudian klik seperti yang ada di screenshot dibawah

2. di kolom account preference atau preferensi akun klik pilihan hapus akun atau servis, tahap selanjutnya kamu akan dimintai identitas login bahkan VERIFIKASI NO HP (kasus saya gitu)

3. Selanjutnya klik hapus produk

4. Klik Icon Tong sampah (Jangan khawatir akan ada peringatan terlebih dahulu, ga langsung terhapus kok)

4.  Klik kanan di text link nama channel kamau, di situlah terdapat URL Channel yang telah disuspend

Nah itulah dia bagaimana caranya menemukan URL channel yang telah disuspend. Memang agak repot, jadi sebagai pembelajaran kedepan jika khawatir bakal disuspend : selalu save URL Channel beserta email unik brand account untuk antisipasi. catatlah dengan detail nama channel, email, password, URL, email brand dengan rapi sehingga dapat memudahkan jika diperlukan.

UPDATE! Bagi yang baru disuspend. Sekarang kita dapat lebih mudah mengetahui URL channel yang disuspend. Karena sekarang mereka menyertakan link URL channel dalam email notifikasi banned suspend.

Semoga tutorial di atas dapat berguna dan membantu para pembaca siahmad.com. Jika tulisan ini berguna, silahkan bookmark halaman ini siapa tahu sewaktu-waktu diperlukan lagi.  😉

Apa Tanggapan Anda? Silahkan tulis di kolom komentar

komentar