Terkadang, kita tidak ingin ada penyusup yang bisa terkoneksi wifi indihome milik sendiri. Maklum saja, modem bawaan yang diberikan indihome ini katanya security-nya masih kurang. Sehingga bisa berpotensi digunakan secara diam-diam oleh orang lain yang tidak anda inginkan. Untuk mencegah orang sembarangan mencoba mengakses wifi anda, sebaiknya lakukan langkah preventif dengan hanya mengizinkan mac address tertentu yang dapat mengakses wifi anda.

Cara ini memang ribet, karena kita harus memasukkan mac address setiap perangkat yang diizinkan untuk terkoneksi dengan wifi indihome. Kalau ada 10 perangkat, maka harus masukkan 10 mac address ke settingan. Repotnya juga harus cari tau mac address setiap device. Namun cara ini cukup efektif mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Cara lain yang sederhana untuk dilakukan yaitu dengan menyembunyikan nama wifi atau SSID agar tidak mudah dikonek sembarangan oleh orang lain.

Baiklah, langsung saja kita bahas Cara Setting Mac Address Tertentu Yang Bisa Konek Ke Wifi Modem Indihome di ZTE F609 dengan fitur “permit”. Ikuti langkah berikut ini :

1. Login Ke dashboard admin idnihome 192.168.1.1 Isi user dan passwordnya. Kalian bisa gunakan punya defaultnya yaitu Username : user dan password : user.

2. Klik Menu Network.

3. Klik Menu Access Control List

4. Pilih SSID yang mana, misalnya yang ke 1

5. Isi mac Addressnya

NOTE! Pastikan anda memasukkan mac address perangkat yang sedang kaliangunakan untuk mengakses wifinya. karena jika tidak, perangkat yang sedang kalian gunakan langsung terlogout  dari dashboard admin dan hanya bisa konek kembali dengan kabel lan.

 

6. klik Add dan selesai.

Setelah itu maka hanya perangkat yang diisikan mac addressnya tadi yang tetap bisa mengakses wifi, selain mac address tersebut akan terdiskonek. Oleh karena itu pastikan Anda memasukkan mac address perangkat utama terlebih dahulu atau yang sedang mengakses dashboard adminnya. Setelah itu barulah masukkan mac address perangkat lain.

Cara ini akan mencegah pihak lain secara diam-diam mencoba mengakses SSID wifi Anda. Jikapun ada yang bisa tembus, coba saja blokir mac address penyusup tersebut. Caranya juga sama, dari menu permit ganti ke block. Lalu masukkan mac address penyusup tersebut agar tidak bisa akses lagi wifi anda.

Semoga saja cara diatas dapat berguna bagi kalian yang mencoba membatasi perangkat yang bisa terhubung ke wifi indihome anda. Terima kasih telah berkenan membaca semuanya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

komentar