Sejak membeli AC dan kulkas, saya sedikit mempelajari tentang alat pendingin ini. Akhirnya mulai mengenal istilah freon, refrigran, kompresor dan lain sebagainya yang merupakan istilah dan komponen dari alat pendingin. Kali ini postingan siahmad.com akan membagikan tips tentang Cara Tahu Kapan Kulkas Perlu Tambah Freon yang diterjemahkan dari situs hunker.com. Berikut penjelasannya.

Freon adalah nama merek dagang untuk pendingin cair yang digunakan dalam lemari es serta pendingin udara (AC), serta peralatan lainnya yang digunakan dalam pemanasan dan pendinginan. Jika kulkas Anda gagal menjaga makanan tetap dingin, Anda mungkin berpikir bahwa kulkasnya membutuhkan lebih banyak Freon.

Baca juga : Review AC Sharp AH-A5UCY, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya 

Dalam kondisi normal, freon tidak akan berkurang, karena kulkas mempertahankan pasokan freon dalam jumlah yang konsisten. Berkurangnya freon terjadi jika ada kebocoran di salah satu komponennya. Anda dapat melakukan beberapa tes untuk melihat apakah kondisi kulkas mengalami kebocoran Freon atau masalah dengan komponen lain.

Langkah Mengetahui Kapan Kulkas Perlu Tambah Freon

Langkah 1

Cari posisi kondensor kulkas dan letakkan tangan Anda di sebelahnya untuk merasakan panas.  Coba aja raba-raba dulu misalnya di bagian samping kanan kiri atau belakang kulkas. Jika tidak terasa panas sama sekali namun lemari es tetap nyala, maka mungkin kulkasnya kekurangan atau tidak ada Freon. Masalahnya mungkin juga disebabkan oleh kondensor yang rusak atau sistem yang tersumbat.

Langkah 2

Cabut cok kulkas, matikan pengatur suhu kulkas, dan tempatkan telinga di sisi kulkas. Jika ada suara mendesis dan gemericik maka itu mengindikasikan Freon ada dan sedang menyeimbangkan posisi. Namun, keheningan tidak selalu mengindikasikan kurangnya Freon – mungkin ada masalah dengan kondensor, kipas, saringan pengering, tutup tabung, defroster atau kompresor.

Langkah 3

Lepaskan penutup evaporator, yang terletak di freezer. Sambungkan kembali cok kulkas dan putar kontrol suhu kembali ke pengaturan yang Anda inginkan. Tunggu hingga lemari es bekerja selama beberapa menit dengan pintu tertutup. Lalu coba periksa evaporator apakah ada embun beku atau tidak. Jika tidak ada es, ini menunjukkan kurangnya atau tidak adanya Freon. Namun juga bisa kemungkinan komponen yang tersumbat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut di sumber yang saya sertakan di bawah jika mengalami kebingungan dengan penerjemahan yang saya lakukan. Terima kasih telah mampir. Semoga kulkas kita semua baik-baik saja.

sumber : https://www.hunker.com/12488224/how-to-know-when-a-refrigerator-needs-more-freon

komentar