Apple baru saja meluncurkan produk barunya yaitu iPhone 7. Beruntungnya saya mendapat kesempatan untuk langsung menghadiri acara perilisan iPhone terbaru di San Francisco, Amerika Serikat. Tepatnya di Bill Graham Civic Auditorium. Suasana di gedung tersebut membuat saya grogi sehingga saya gemetaran saat megang iPhone terbaru berikut sekilas video yang sempat saya buat, sebelum akhirnya orang lain ingin memegangnya juga. LOL

Fakta & Spesifikasi iPhone 7

Fisik : Jadi ponsel ini lumayan revolusioner, dimana apple berani tampil beda dengan menghapus port audio Jack yang umumnya terdapat pada setiap smartphone sekarang ini. Kini iPhone 7 menggunakan earphone wireless yang juga memiliki mikrofon sehingga dapat digunakan untuk memberikan perintah kepada Siri. Lebih asik kan, tanpa kabel, tidak semrautan. Pengguna harus menghubungkan earphone lewat port Lightning atau secara nirkabel. Namun, Apple tetap menyediakan adaptor standar audio 3,5 mm untuk earphone/headphone pada setiap paket iPhone 7.

iPhone 7

Layar : perbedaan signifikan pada iPhone 7 dan 7 Plus terletak pada ukuran dan kamera gandanya. iPhone 7 mengusung layar retina 4,7 inci (1.334 x 750 piksel, 326 piksel per inci) , sementara kakaknya lebih jumbo dengan layar 5,5 inci (1.920 x 1080 piksel).

Tombol Home : Tombol Home di iPhone 7 kini menggunakan fitur yang dinamai Taptic Engine yang akan memberi respon balik saat ditekan. Pengguna juga akan merasakan vibrasi ketika ada pesan yang masuk atau notifikasi baru.

Kamera Belakang: lensa kamera 12 megapiksel yang kaya fitur pendukung. Kemampuan kamera itu didukung image processor teranyar yang dikatakan menggunakan machine learning untuk membaca layar, mengatur fokus, exposure, dan warna gambar secara otomatis. Untuk iPhone 7 Plus, Apple membenamkan lensa ganda. Lensa kedua itu juga dibekali dengan sensor 12 megapiksel. Lensa utama memberikan sudut pandang lebar dengan fitur piksel yang lebih besar. Sedangkan lensa lainnya dipakai sebagai tele-photo. Hasilnya, warna foto akan lebih tajam dan mampu mengakomodir dua kali optical zoom serta sepuluh kali software zoom.

Kamera depan : iPhone 7 dirasa cukup dengan lensa 7 megapiksel yang juga dilengkapi stabilisator gambar seprti kamera utamanya.

Sistem operasi : iOS 10 yang terbenam pada iPhone 7 mendukung format gambar RAW agar pengguna bisa mengedit jepretan tanpa menghasilkan gambar pecah. Pewarnaannya juga lebih kaya.

Prosesor : menggunakan prosesor A10 termutakhir yang diklaim dua kali lebih cepat dibandingkan A8. A10 juga disebut lebih hemat baterai

Harga : Untuk semua spesifikasi itu, iPhone 7 dibanderol mulai 649 dollar AS atau setara Rp 8,4 juta. Sementara varian Plus dipatok mulai Rp 10 jutaan.

AirPods : AirPods adalah sepasang headphone yang bekerja tanpa harus terhubung dengan kabel. “Kita baru mulai untuk benar-benar ke masa depan wireless,”

Varian memory dan warna : hadir dengan pilihan memori 32GB, 128GB, dan 256GB. Pilihan warnanya ada lima: hitam, abu-abu, silver, gold, dan rose gold.

iPhone 7 tahan air, pengguna bisa dengan nyaman memakai iPhone 7 dan 7 Plus di bawah guyuran hujan, tanpa perlu khawatir rusak. Bisa dibayangkan, fitur ini mirip dengan anti-air pada Samsung Galaxy S7, ponsel Android pesaing Apple.

Jika kalian perhatikan tentu ada yang aneh dari video di atas. Ya, sebenarnya di atas hanya video editan yang saya ambil dari Tom’s Guide (https://www.youtube.com/watch?v=zG0aiMMe4lY). Saya hanya mengganti suaranya saja sehingga seakan-akan itu merupakan saya yang berbicara atau saya yang mereview HP tersebut.

komentar