Hati hati bagi anda yang tidak menggunakan nama asli di identitas google adsense. Baru-baru ini saya membuat sebuah channel youtube beserta akun google adsense dengan nama samaran.

Apa yang terjadi selanjutnya lumayan mengagetkan saya. Tiba-tiba masuk sebuah email aneh dari google dengan subjek “”.

Ternyata mereka butuh pembuktian identitas saya yang mengoperasikan akun tersebut. Mungkin algoritma google mendeteksi adanya hal yang tidak wajar antara nama akun google saya, alamat email saya beserta nama pembayaran yang saya cantumkan. Kebetulan semuanya tidak ada yang nyambung.

Dalam email tersebut berisi link google docs tempat saya harus mengupload dokumen identitas diri. Jika dalam 10 hari tidak saya lakukan tindakan apapun, tim google akan meng suspend akun google adsense saya.

Setelah saya upload hasil scan KTP. Beberapa jam kemudian mereka mengirim email baru bahwa identitas saya masih diragukan. Lantas mereka meminta saya membalas email tersebut dan menjelaskan siapa sebenarnya yang mengoperasikan akun ini.

Makin tegang aja nih. Berniat sekalian belajar bahasa inggris, saya pun membalas pesan mereka dengan bahasa inggris khas newbie yaitu grammar belepotan. Intinya di email tersebut saya jelaskan bahwa saya menggunakan nama samaran dengan tujuan memudahkan petugas pos saat mengantar pin untuk verifikasi alamat, mengingat sistem pengalamatan dan SDM pengantar pos di sini yang masih kurang. Biasanya petugas pos akan tanya ke warga sekitar, dan mereka warga sekitar hanya mengenal nama samaran ini sebagai identitas saya. Itulah inti jawaban saya kepada google.

Berselang beberapa jam ( nyaris sehari ), mereka kembali membalas jawaban saya. Alhamdulillah walaupun sempat deg-degan ternyata email yang masuk memberi kabar baik. Bahwasanya akun adsense saya telah aman dari kecurigaan mereka terhadap penyalahgunaan akun.

begini jawaban baru yang dikirim tim google :

Pembelajaran yang bisa kita ambil dari pengalaman saya ini yaitu : agar senantiasa menggunakan identitas asli ketika berurusan masalah keuangan dengan google. Setidaknya mereka tidak terlalu rugi dengan kehilangan kita seorang diri. Kita pun tidak ada ruginya kasih tau siapa kita ke google. Namun kita bisa aja rugi kalau sok-sok an menentang mereka apalagi tanpa plan cadangan.

Semoga artikel ini memberi manfaat kepada kita yang membutuhkan pencerahan jika mengalami nasib yang sama, karena kasus ini tidak pernah saya alami atau temui sebelumnya.

komentar