di Tahun 2020 ini menjadi semakin suram bagi kemerdekaan belanja online untuk kami yang jauh dari pulau jawa. Setiap marketplace semakin jarang memberikan promo free ongkir belanja yang besar. Di Akhir tahun 2019 saya cuma bisa nikmati free ongkir 20 ribu dari shopee tanpa minimal belanja tiap tanggal-tanggal spesial seberpti 9.9 10.10 11.11 dst. Sehingga saya cuma belanja di Medan saja, karena ongkirnya bisa tertanggung sepenuhnya jika belanja di sana.

Nah di tahun 2020 ini shopee semakin pelit bakar duit untuk konsumen setianya. mereka semakin mempersempit jumlah voucher yang bisa digunakan dengan pembayaran transfer bank bebas, shopee memaksa para penggunanya membayar menggunakan shopee pay untuk dapat menikmati voucher free ongkir 20 ribu rupiah tersebut. Shopee masih membuka potensi free ongkir dalam jumlah besar namun dengan minimal belanja yang besar pula. Sehingga di tahun 2020 saya hanya beberapa kali belanja dari shopee, terhitung jari. Padahal dulunya saya pelanggan setia, mendapatkan banyak penghargaan dan rapor memuaskan dari shopee.

Kalau bukalapak? di mata saya Marketplace ini terlihat semakin suram, bukalapak juga semakin pelit bakar uang untuk konsumen :p. Di awal Tahun 2020 ini free ongkir yang mau ditanggung cuma 10 ribu saja, hufft. Itupun udah spam notifikasi heboh-hebohan. Padahal dulu saya sering belanja di bukalapak pakai pengiriam lion parcel yang oingkirnya masih miring ketimbang kurir lain, bukalapak juga memberikan promo free ongkir 20 ribu untuk lion parcel.

baca : Apakah Lion Parcel Antar Barang di Hari Libur/Minggu ? Berikut Reviewnya

Kalau tokopedia ? Nah saya udah laammmaa sekali tidak belanja di tokopedia. soalnya, sepemantauan saya tokopedia ini marketplace yang yang pelit free ongkir dan ribet-ribet promonya, pas baca halaman promonya saja bikin bingung, banyak promo tapi berbelit-belit. Di tahun 2019 kayanya memang ga ada transaksi sama sekali di tokopedia.

Tapi baru-baru ini, saya baru sadar tokopedia ada promo free ongkir hingga 40 ribu untuk di luar pulau. Free ongkir terbesar yang sudah lama tidak saya rasakan, apalagi bisa digunakan hingga 5 kali sehari. Alhamdulilah akhirnya ada tempat untuk menghabiskan tabungan.. LOL Bercanda.

Walau ditanggung hingga 40 ribu, tapi tetap ada rintangan yang mempersempit kesempatan penggunaan voucher seperti : Cuma berlaku untuk kurir Sicepat, minimal belanjanya 50 ribu, lalu tidak semua toko bisa, hanya yang power merchant saja kalau ga salah.

Alhamdulillah sudah banyak toko yang bersedia mengirim menggunakan sicepat, jadi tetap banyak pilihan membeli barang. Saya baru sara ada voucher ini di awal maret 2020, langsung deh tiap hari ada aja yang saya belanjain.

sejauh ini di tanggal dari 3 – 6 maret 2020 sudah ada 6 transaksi dari tokopedia, kayanya sicepat bakalan familiar dengan alamat rumah saya. Intinya saya cukup senang dengan adanya free ongkir yang besar. Seperti yang kita tahu karena inflasi tiap tahun ongkos kirim mengalami kenaikan, tidak seperti dulu ketika ongkos kirim masih murah dan tanggungan vouchernya juga tinggi hingga unlimited. Saya bahkan pernah membeli kursi belasan kilogram dari mataharimall, kalau diestimasi ongkos kirimnya mungkin lebih mahal dari harga kursinya yaitu 850 ribu.

Semoga saja terus bergilir, setelah tokopedia semoga lanjut dengan bukalapak yang berikan voucher ongkos kirim nominal besar, lalu setelah bukalapak dilanjutkan dengan shopee, lalu setelah shopee tokopedia lagi, begitu terus sampai semuanya habis modal bakar duit. hihih. Pokoknya jangan bosan-bosan deh puasin konsumen daerah sini yang jauh dari pulau jawa.

Hihi begitulah artikel kali ini tentang curhatan voucher ongkos kirim. belanja online

Cara GRATIS ONGKIR di TOKOPEDIA FREE KIRIM BTS via ANTARAJA & SICEPAT

SYARAT DAN KETENTUAN :

1. Bebas Ongkir sebesar hingga Rp20.000 untuk pembelanjaan di Toko dengan Power Merchant dan Official Store.
2. Minimum Transaksi Rp 50.000.
3. Fitur Bebas Ongkir ini hanya berlaku untuk logistik Anteraja Reguler & SiCepat Reguler.
4. Hanya berlaku untuk pengguna Tokopedia yang terpilih.
5. Pengguna hanya dapat menggunakan max. 1 kupon dalam 1 hari.
6. Hanya berlaku di aplikasi versi terbaru.
7. Fitur Bebas Ongkir ini dapat digabungkan dengan promo lainnya.
8. Fitur Bebas Ongkir ini tidak berlaku untuk pengguna yang bertransaksi sebagai Dropshipper.
9. Bebas Ongkir yang diberikan tidak termasuk biaya-biaya tambahan dari pihak logistik ataupun penjual seperti packing kayu, asuransi, dan sebagainya.
10. Jika ongkir melebihi nilai yang disubsidi oleh Tokopedia, maka sisa ongkir ditanggung oleh pembeli.
11. Penjual yang berhak mendapatkan subsidi ongkir adalah penjual yang pertama kali memasukkan nomor resi. Penjual yang bukan pengirim pesanan (dropshipper) tidak berhak mendapatkan subsidi ongkir.
12. Jika terdapat selisih antara berat pada deskripsi produk dengan berat produk yang dikirimkan oleh penjual lewat pihak logistik, ongkir yang diterima penjual mengacu pada harga yang terdata pada pihak logistik.
13. Subsidi ongkir tidak berlaku atau hangus, jika: Penjual menggunakan partner logistik yang tidak bekerjasama dan terverifikasi oleh Tokopedia ATAU Transaksi masuk ke pusat resolusi dan terdapat pengembalian barang sebagian atau sepenuhnya ke penjual.
14. Nominal subsidi ongkir akan disesuaikan jika: Penjual mengirimkan pesanan dengan partner logistik yang berbeda dengan pilihan pembeli yang mengakibatkan terjadinya selisih ongkir ATAU Transaksi hanya dikirim sebagian oleh penjual (proses sebagian) ATAU Pembeli melakukan transaksi ke beberapa toko dalam satu pembayaran, dan salah satu transaksi dibatalkan oleh penjual maka pengembalian dana ke pembeli akan dikurangi subsidi ongkir Tokopedia.

komentar