Alhamdulillahirabbil Alamiin, Arrahmanirrahiiim :D. Setelah lama tidak memposting artikel baru, pada hari ini saya akan membahas topik tentang blog.

Sudah berbulan-bulan trafik blog saya stagnan di Kisaran 10.000 pageviews, usaha apapun yang saya lakukan selalu saja tidak berdampak signifikan atau permanen terhadap trafik blog. Padahal blog tersebut sudah saya kelola selama bertahun-tahun, mungkin sekitar 3 sampai 4 tahun dan kini telah mempublikasikan sebanyak 10 ribuan artikel.

Tidak seperti zaman keemasannya yang sempat memiliki pageviews hingga 40.000 sampai 50.000, kini pengunjung blog saya terus menurun dan hingga sampai sekarang stagnan di Kisaran 10 ribuan pageviews. Hingga suatu hari saya membuat sebuah keputusan besar dalam pengelolaan blog dimana saya merubah template yang telah saya gunakan selama bertahun-tahun.

rekomendasi:  Bolehkah Memasang Iklan dari 2 Akun Adsense di 1 Blog?

Awalnya saya tidak rela untuk merubah tampilan blog tersebut karena template tersebut merupakan template kesayangan yang sudah saya design sejak dulu dan memiliki tampilan yang saya sukai. Template tersebut juga saya gunakan pada blog kedua saya. Pada blog kedua Alhamdulillah trafiknya terus meningkat.

Nah kembali ke cerita template baru yang saya gunakan, karena ingin melakukan perubahan besar Saya mencari sebuah template yang betul-betul lebih baik dari sebelumnya. Syarat yang saya cari yaitu sebuah template yang responsif dan memiliki skor page speed yang hijau. Pengujian score page speed tersebut saya menggunakan alat dari Google yaitu https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights.

Pilihan saya jatuh pada sebuah template blogspot yang dibuat oleh “Arlina Design” tempatenya bagus-bagus dan kekinian. Di sini mungkin saya tidak akan menyebutkan nama templatenya karena saya mendapatkan template tersebut bukan dari penyedianya melainkan dengan mencari versi full nya di Google lalu saya juga merubah beberapa syntax html ataupun susunan template di dalamnya sehingga dapat dikatakan seperti kurang sopan..hehe maafin siahmad ya 🙂

Alasan saya memilih template dari Arlina design tersebut karena selain memiliki desain yang yg saya sukai juga karena template tersebut memiliki skor yang baik dalam pengujian pagespeed dari si google, serta responsivenya juga bagus. ini screenshotnya:

trafik naik 2 trafik naik

Langsung saja saya mengaplikasikannya pada blog kesayangan saya tersebut, sesaat kemudian saya langsung melihat penambahan traffic melalui statistik blogger.com. Lumayan signifikan, namun saya tidak melihat perubahan pada grafik jumlah pengunjung yang online.

24 jam Setelah menggunakan tersebut, statistik blogger menunjukkan adanya penambahan pageviews sebanyak 2 kali lipat dibandingkan Ketika saya belum merubah template. Sungguh luar biasa, saya menduga ini pasti terjadi karena score page speednya yang tinggi berwarna hijau atau di atas 85.

ganti template trafik naik

1 hari setelah menggunakan template baru

trafik terus meningkat

Beberapa hari setelah menggunakan template baru

Baca juga:  Pengalaman Blog Deindex Akibat Merubah Domain

Karena menyimpulkan peningkatan trafik tersebut karena template baru memiliki kecepatan yang cepat, membuat saya kembali ingin merubah template dengan mencari template yang memiliki score kecepatan yang lebih tinggi, saya menemukan template yang dibuat oleh bungFranki.com, sebuah template dengan score pagespeed tercepat yang pernah saya temukan.

mencapai 95

page speed template tanpanama

menapai 97

page speed template tanpanama

Saya kembali pergi untuk mendapatkan template tersebut, setelah mendapatkannya dengan cara yang aneh juga. Saya aplikasikan tempe tersebut ke blog kedua saya dan ternyata, setelah 1 hari menggunakan template tanpa nama tersebut, ternyata tidak ada perubahan sama sekali. Akhirnya saya juga memutuskan untuk menggunakan template dari Arlina design untuk blog kedua saya. Ternyata hasilnya juga meningkatkan traffic hingga 2 kali lipat. Luar biasa

trafik blog ke dua

Blog kedua yang menggunakan template dari arlina

Hal tersebut membuat saya berpikiran bahwa pagespeed bukanlah yang sepenuhnya menjadi faktor penyebab meningkatkan traffic blog. Namun ada hal lain yang tidak saya pahami. Template dari Arlina design sepertinya special. Itulah kesimpulan yang saya dapatkan dari pengujian tersebut.

NOTE : Tulisan di atas saya buat dengan mengkonversikan suara menjadi text (Dikte/ speech to text). Jika ada kesalahan mohon dimaklumi.

Apa Tanggapan Anda? Silahkan tulis di kolom komentar

komentar