Halo para pembaca siahmad.com! Bagaimana kabarnya.. ? Di artikel kali ini saya ingin sharing sekaliagus bertanya kepada para pembaca yang ada mengenai hasil yang didapatkan dari tabungan akad mudharabah di Bank Mandiri Syariah daerah kalian.

Saya penasaran, apakah bagi hasil dari tabungan itu berbeda-beda tiap daerah atau diitung dari seluruh wilayah Indonesia. Apakah uang tabungan kita diputar bank untuk daerah kita atau mengalir ke seluruh Indonesia.

baca juga : Pengalaman Pakai Tabunganku CIMB Niaga (Syariah) Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Nah kali ini saya akan sharing pengalaman saya dengan uang tabungan sejumlah 5 jutaan di Bank Syariah Mandiri Dengan Akad Mudharabah. Seperti yang kita tahu bahwa dalam akad mudharabah akan dikenakan potongan biaya sebesar 10.000 setiap bulannya (naik 2.500 dari sebelumnya hanya 7500).

Sedihnya dengan tabungan 5 jutaan ternyata tidak dapat menutup boncos nya potongan bulanan. Dari tabungan 5 jutaan saya hanya dapat 6 ribuan setiap bulannya. Seperti yang dapat dilihat di screenshot mutasi rekening dari internet banking di bawah ini.

Dari data di atas terlihat potongan yang dikenakan setiap bulan sebesar 12500 rupiah. Lalu coba lihat uang bagi hasil yang didapatkan di bulan Oktober 2018 dari tabungan 5,4 jutaan, cuma dapat Rp.6137.81. Bulan September 2018 juga kisaran 6 ribuan.

Berdasarkan data di atas, kita bisa mengkalkulasikan secara kasar : Nilai bagi hasil tabungan baru bisa menutupi potongan tiap bulan jika kita punya tabungan sekitar 11 juta. Kalau dibawah itu bakalan terus boncos dan merugi. Sejauh ini itulah kesimpulan yang bisa saya ambil.

Dari pengalaman saya sejauh ini, bank yang paling besar bagi hasilnya yaitu bank Aceh. Saya punya tabungan firdaus di bank tersebut. Nilai bagi hasil yang diterima hampir mendekati deposito. Hebatnya lagi di bank aceh tidak ada potongan bulanan.

Semoga tulisan kali ini dapat memberi pencerahan bagi kalian yang ingin menabung di bank syariah Mandiri dengan akad mudharabah. Jika ingin buka rekening dengan tabungan potongan rendah saya sarankan buka akad wadiah saja. Namun jika ingin buka tabungan tanpa potongan dan penambahan bisa coba bank BNI syariah akad wadiah, beneran tidak ada penambahan atau pengurangan. Baca : Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank BNI Syariah

Insya Allah nanti juga akan saya buatkan bagi hasil yang didapatkan dari tabungan bank BNI syariah, apakah bisa menyaingin bank BSM?

Bagaimana menurut kalian? apa punya pengalaman yang berbeda atau ingin berbagi cerita tentang tabungannya? silahkan tuliskan di kolom komentar ya.

komentar