Merk logitech memang sudah terkenal agung di dunia peripheral komputer. Kualitas produk besutam negara new zealand tidak diragukan lagi sehingga kini menjadi sebuah brand populer yang mahsyur di kalangan pengguna PC, bahkan banyak juga digunakan di rental komputer di Indonesia dan warnet-warnet di pelosok desa.

Saya tertarik membeli Logitech M720 Triathlon karena ada fitur multidevice, di mana mouse Logitech M720 Triathlon ini dapat terhubung ke beberapa device hanya dengan menggeser kursor ke layar komputer yang sudah tersambung (Logitech Flow) atau menggunakan tombol switch. Jadi pindah komputer seperti hanya pindah layar. Sungguh fitur yang mengagumkan!

Setelah menggunakannya selama beberapa bulan, siahmad.com mencoba merangkum apa saja kelebihan dan kekurangan yang didapatkan selama menggunakan Mouse Logitech M720 Triathlon. Namun sebelumnya kita simak dulu sekilas informasi dan fitur-fitur tentang mouse ini yang saya ambil langsung dari situs resmi logitech.

DIRANCANG UNTUK KETAHANAN LEBIH LAMA, SERBAGUNA, DAN KENYAMANAN

Raihlah kesuksesan di dunia multi-device dengan M720 Triathlon Mouse. Tuntaskan berbagai tugas lebih cepat dengan beralih di antara 3 komputer serta melesat cepat di halaman dokumen dan web dengan scrolling hyper-fast. Peningkatan efisiensi disediakan dengan menghadirkan konektivitas Bluetooth® dan receiver Unifying dengan daya tahan baterai hingga 24 bulan hanya dengan sebuah baterai AA. Semua fitur tersebut hadir di mouse berukuran medium yang terasa nyaman saat digenggam tangan Anda.

TEKNOLOGI EASY-SWITCH

Pairing mouse M720 dengan 3 komputer, kemudian beralihlah secara mudah di antara ketiganya hanya dengan sentuhan tombol yang terletak tepat di bawah ibu jarimu. 3 angka yang bercahaya mengindikasikan perangkat mana yang sedang terhubung dengan mouse.

SCROLLING HYPER-FAST

Melesat cepat di halaman dokumen dan web yang panjang dengan scrolling hyper-fast atau beralih ke scrolling click-to-click saat Anda membutuhkan scrolling yang akurat.

DESAIN SESUAI BENTUK TANGAN DAN TAHAN LAMA

Sebagaimana halnya atlet sejati, M720 didesain agar tahan lama, dengan tombol yang dirancang agar dapat bertahan hingga 10 juta kali klik. Desain khusus tangan kanan berukuran besar sangat nyaman di tangan, dan permukaan berbahan karet menyediakan ekstra kelembutan saat digenggam.

ALUR KERJA MULTI-KOMPUTER YANG SANGAT MUDAH

Lepaskan semua potensi M720 dengan Logitech Flow, untuk alur kerja paling mulus antara komputer. Anda dapat menggerakkan kursor mouse Anda antara tiga komputer dan bahkan melakukan salin/rekat teks, gambar, dan file dari satu komputer ke komputer lainnya. Hal ini lebih efisien daripada mengirimkan email pada diri Anda sendiri.

DAYA TAHAN BATERAI HINGGA 24 BULAN

Anda akan menyukai peningkatan efisiensi dari mouse M720, yang dilengkapi dengan daya tahan baterai hingga 24 bulan hanya dengan sebuah baterai AA. Switch on/off dapat membantu memperpanjang daya tahan baterainya dan lampu indikator mengingatkan Anda saat daya baterai sudah hampir habis.

PRODUKTIVITAS YANG PERSONAL

Manfaatkan semua potensi yang ada dan kustomisasikan sesuai kebutuhanmu di Mac OS X dan Windows® dengan mengunduh Logitech OptionsSoftware. Atur dan tentukan perintah setiap tombol dengan instruksi step-by-step yang disediakan. Panduan Lengkap tersedia untuk membantu menjawab pertanyaan Anda.

Nah sepertinya bagian di atas murni tentang keunggulan promosi dari si logitech ya.. hmm bagaimana dengan versi saya? berikut Kelebihan dan Kekurangan Mouse Logitech M720 Triathlon versi siahmad.com

Kelebihan mouse Logitech M720 Triathlon

  1. Mampu switch/pindah kursor antar komputer dengan cepat.
  2. Maksimal dapat terhubung dengan 3 device. Lumayan banyak ketimbamg logitech m590 yg hanya bisa terhubung 2 device.
  3. Respon ganti device yang cepat.
  4. Baterai awet tahan lama, klaimnya tahan himgga 24 bulan (2 tahun).
  5. Sejauh ini saya pakai terasa awet dan tanpa keluhan mengenai hardware, tapi bagian fungsinya ada keluhan yang dapat di temukan di bagian kekurangan.
  6. Ada 6 tombol yg bisa di custom, termasuk banyak.
  7. Memiliki 2 jenis fitur scrolling, Scrolling biasa dan SCROLLING HYPER-FAST.
  8. Adanya software Logitech options yang membantu kita memantau dan mengkustom mouse,

Adapun kekurangan mouse Logitech M720 Triathlon yang saya dapat yaitu :

  1. Sering mengalami collapse fungsi scrolling (gagal fungsi). Beberapa review pengguna lain juga banyak ditemukan keluhan tidak berfungsinya fungsi scrolling. Biasanya saya merestart pc/device, barulah scrolling kembali berfungsi dengan normal. Hal ini lumayan mengganggu, dan sudah banyak yang mengeluhkan hal ini selama menggunakan Logitech M720 Triathlon.
  2. Kurang nyaman dengan fitur SCROLLING HYPER-FAST. Kalau pakai mode ini kita akan merasa geli jika harus melakukan scroll-scroll pendek. Fitur ini memang cocok jika bermain dengan cakupan halana scrolling yang panjang. Sejauh ini saya hanya menggunkan fitur scrolling biasa aja.

Sejauh ini itulah beberapa kelebiham dan kekuragam yang kepikiran saat saya menulis artikel ini. Jika nantinya ada kelebiham dan kekurangan yang terpikirkan lagi akan saya update.

 

Saya juga menggunakan keyboard Logitech K375s Multidevice yang seragam dengan mouse Logitech M720 Triathlon, silahkan baca kelebihan dan kekurangan keyboard berikut di sini : Kelebihan dan Kekurangan keyboard Logitech K375s Multidevice

 

Bagi teman temam yang memiliki review lainnya, atau ingin menanyakan sesuatu silahkan posting di kolom komentar di bawah. Terima kasih

komentar