Kehadiran jenis tabungan jenius ini memang sempat fenomenal seperti yang saya rasakan sebagai blogger. Di group-group dan timeline beranda sosial media saya banyak yang membagikan info tabungan jenius ini, dan tidak lupa mereka menginfokan agar mengisi $hastag mereka. Sehingga kalau saya mendaftar menggunakan afiliasi hashtag mereka, mereka bisa dapat  bonus Rp.50 ribu untuk setiap nasabah baru. Namun program ini hanya jalan di awal-awal, sekarang tidak berlaku lagi.

Apa yang membuat tabungan ini begitu menarik untuk saya adalah karena kita mendapatkan e-card semacam kartu debit kredit virtual yang full control, dan dapat digunakan untuk berbelanja di berbagai situs online termasuk amazon.

Baca juga :Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank BNI Syariah

Nomor kartu debit ini juga dapat digunakan untuk memverifikasi akun paypal. Sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi mereka yang sering terlibat/membutuhkan akun paypal. Selain itu saya juga memang sedang butuh rekening baru untuk menerima pembayaran gajian.

Oke, akhirnya hari ini setelah menggunakannya selama beberapa waktu, ketimbang blog ini jarang update, saya sempatkan diri untuk menuliskan pengalaman saya tentang kekurangan atau kelebihan yang saya rasakan selama menggunakan tabungan jenius dari BTPN ini. Semuanya siahmad.com rangkum dalam poin-poin berikut ini :

Kelebihan tabungan Jenius BTPN

  • Bisa punya 5 kartu debit Jenius Visa. lalu kita bisa mengontrol setiap saldo dan transaksi yang dilakukan di setiap kartu debit tersebut.
  • Cek daftar transaksi, transfer, dll semua dapat dilakukan dalam genggaman tanpa perlu PC atau pun langsung ke teller.
  • Dapat e-card yang dapat digunakan untuk berbagai transksi online dengan dana yang dapat kita atur sesuka hati tanpa terhubung ke tabungan utama. Jadi kalau ada tagihan berlebihan bisa batal otomatis tanpa kena potongan di tabungan utama.
  • Pembuatan rekening yang mudah tanpa perlu sibuk ke kantor. (bagi yang tinggal di jabodetabek, tim jenius yang akan mendatangi nasabahnya untuk verifikasi) sedangkan yang diluar area jangkauan tim jenius, maka kita harus ke kantor BTPN daerah masing-masing untuk verifikasi identitas.
  • Gratis Biaya transfer antar bank. entah ini hanya promo sementara entah mungkin selamanya. Namun nampaknya hanya sementara sembari mendapatkan banyak pelanggan sehingga kita terikat dengan jenius. yang jelas untuk sekarang ini, nasabah jenius dapat mentransfer uang antar bank tanpa dikenakan biaya transfer sebanyak 25 kali setiap bulan.
  • Mereka Mengganti biaya TRANSFER yang dikenakan saat mentrasnfer uang dari rekening non jenius ke jenius. Jadi jika kita ingin mengisi saldo rekening jenius dengan cara transfer, jenius akan menggantikan biaya trasnfer ke rekening jenius mu. jadi selain dapat ung trasnfer, kita juga dapat uang tambahansebesar Rp.6500
  • Beli pulsa tanpa dikenalan biaya lebih. saya kurang tahu bagaimana dengan bank lain selain BNI. kalau di BNI untuk beli pulsa telkomsel dikenakan biaya Rp.1500, sedang kan di jenius bayar sesuai dengan jumlah pulsa, sehingga saya memasukkan ini sebagai kelebihan. (mohon di share di kolom komentar kalau ada yang tahu tentang bank lain ya)
  • Gratis tarik uang di berbagai ATM . Ini fitur yang sangat bagus mengingat ATM dari BTPN belum seluas bank plat merah lainnya. Sehingga fitur ini cukup membantu dan nasabah bisa leluasa tarik uang di ATM manapun (yang terikat dengan atm prima tentunya), namun saya rasa ini hanya promo sementara untuk menarik minat dan mengukuhkan nasabah lama agar terikat dengan jenius hehe.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank Syariah Mandiri

Kekurangan Tabungan Jenius BTPN

  • Tidak bisa setor tunai melalui teller bank, kecuali harus ditransfer dari bank lainnya, baik sesama jenius btpn atau pun rekening non jenius btpn. Jadi alur memasukkan uangnya hanya melalui trasnfer.
  • Pengamanan yang masih minim, misalnya verifikasi sidik jari cuman sekali, terus tidak ada semacm m-secure. Tapi emang sih sesekali dalam transaksi dimintai password.
  • Sangat terikat dengan hp, tanpa itu semua..eh masih bisa di ATM ya.. hehe
  • Sedikit mengkhawatirkan karena gambarnnya tidak ada kantor cabang yang banyak untuk melapor keluhan. Hanya call center dan customer service online  yang kita ga tau di mana orangnya berada. hehe
  • Belum ada tabungan Syariahnya, syariah bukan hanya sekedar administrasi dan ganti istilah namun juga bentuk nyata pengelolaan uang yang saya harapkan bisa diputar untuk sektor yang halal. Saya sempat beberapa kali ditelepon CS mereka yang sekedar menginformasikan bahwa ada jenis tabungan di jenius yang bunganya besar, ya say malas aja karena uangnya mungkin diputar di sektor non halal. Semoga aja ya bisa jadi masukan buat jenius.

Poin-poin di atas siahmad.com tulis berdasarkan pengalaman dan sepengetahuan siahmad.com sendiri. Jika ada kekeliruan dan perubahan kebijakan dari pihak jenius yang tidak saya ketahui, mohon diberi masukannya melalui kolom komentar. Demikian juga jika ada poin-poin Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Jenius dari Bank BTPN yang belum siahmad.com tuliskan, kalian juga bisa memberitahunya di kolom komentar. Terima kasih telah mampir di siahmad.com

komentar