iMac 10.1 late 2009 casing aluminium selalu nyetrum kalau cok nya tersambung, setelah googling-googling katanya sih maslaah grounding yang engga bagus. Sama seperti casing komputer lain yang biasa nyetrum kalau disentuh.

Solusi pertama yang saya coba dari hasil baca-baca di internet yaitu membuat grounding sendiri untuk si iMac, caranya dengan menempelkan kawat ke body si iMac, lalu ujung kawat satu lagi dililitkan ke paku dan paku tersebut ditancapkan ke dinding atau lantai. Setelah saya coba berbagai posisi penempelan kawat dan penempatan paku di dinding maupun lantai, hasilnya sama saja. iMac tetap nyetrum kalau disentuh.

Padahal anyak yang sharing mereka berhasil dengan cara ini. Namun ada juga yang menyebutkan memang tidak semuanya berhasil. Hingga saat ini saya belum tahu solusinya. (31 May 2016))

iMac grounding

kawat saya tempelin di bagian kaki si iMac yang juga nyetrum kalau dipegang

imac grounding

ujung satunya lagi saya lilitkan ke paku dan paku tersebut saya tancapkan ke lantai rumah.

Padahal saya sudah merogoh kocek buat beli UPS APC 650 buat atasin masalah ini, karena awalnya saya kirain ini masalah arus yang engga stabil, khawatir bikin rusak hardware si iMac, saya putuskan beli UPS. Ternyata hasilnya sama saja. UPS nya dibeli seharga 580 ribu T.T di Banda Aceh. Lumayan mahal di sini. Padahal di Internet harganya ga segitu. Setidaknya tetap dapat dimanfaatkan juga, karena kawasan ini seirng mati lampu serta UPS ini sudah dilengkapi dengan AVR atau stablizer.

image

Siang ini Insya Allah akan datang seorang ahli listrik. Semoga saja dapat memberi solusi atas masalah ini. Untuk solusi sementara agar tidak kesetrum kalian bisa menggunakan alas kaki saat hndak menyentuh si iMac. Seperti hendak menghidupkan iMac, colokin USB dan lainnya.

Satu hal lai yang bikin saya penasaran, apakah dengan kondisi seperti ini dapat merusak si iMac? karena saya sempat baca bahwa ada arus-arus ga stabil dan kontak-kontak seperti ini mempercepat pengrusakan si iMac maupun elektronik lain. Jika ada yang tau faktanya mohon share di kolom komentar ya, semoga “mitos” ini segera terjawab.hehe

Apa Tanggapan Anda? Silahkan tulis di kolom komentar

komentar