Sudah lama saya ingin membeli sepeda baru. Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga. Walau belum berhasil mendapatkan sepeda impian yaitu polygon heist 5, karena tidak ada stoknya pada saat itu. Hanya sanggup sabar beberapa bulan, akhirnya saya putuskan beli sepeda pacific relicus 5.0 saja.

Lalu bagaimana kesan pertama saya sekilas di awal-awal menggunakan pacific relicus 5.0? yuk simak ulasannya oleh siahmad.com berikut ini.

First Impression Pacific Relicus 5.0

Sepeda ini saya beli seharga 5.6 juta di medan via bukalapak, plus ongkir maka totalnya 5,660 jt saja. Di Banda Aceh sepeda ini di jual di harga 6 juta rupiah. Saya bisa menghemat 340 ribu. Sayangnya baik di banda aceh maupun toko yang saya beli di medan hanya ready ukuran 16″ saja. Dengan ukuran 16″ sepeda ini terlihat seperti sepeda anak-anak yang dipaksa pakai ban 27.5″. Itulah kesan pertama saya saat melihat sepeda ini secara langsung.

Ukuran antara wheelset dengan framenya terkesan kurang cocok, termasuk velgnya yang kecil. Ban yang dipakai yaitu maxxis pace 27,5 x 2.125. Menurut pandangan saya sepeda ini cocoknya dipakaikan ban ukuran 26″ saja atau cocok juga pakai ban 27.5″ dengan ban 1.50 atau 1.75 saja. Namun saya beruntung dapat sepeda ini warna hitam/abu-abu karena tampak elegan seperti sepeda karbon.

Sisi keren lainnya sepeda ini yaitu bagian pengelasan sambungan framenya yang cukup halus atau dikenal dengan istilah smart welding. Seperti cetakan sepeda karbon saja, walau aslinya fram sepeda ini menggunakan alloy.

Selama menggunakan di jarak dekat (belum coba jarak jauh), saya merasa kurang nyaman di posisi tangan maupun duduk. Mungkin saja karena saya belum terbiasa ya. Walau seat post nya sudah di setel sejajar dengan stang, ternyata masih terasa tinggi. Untuk posisi tangan juga masih belum nyaman, sering sekali saya tidak menggenggam stang dalam posisi ideal. Saya yakin ini faktor belum terbiasa saja.

Tapi saya suka sekali dengan kombinasi gigi yang tepat, tarikannya halus sekali dan hanya terdengar suara aspal dan ban saja. Saya suka sepeda yang halus dan tidak bising… ya maklum lah namanya juga sepeda baru yang belum menjajal track batu-batu.

baca juga : Serunya Jalan-Jalan Ke Pucok Krueng di Aceh Besar

Hal yang memuaskan dari sepeda ini menurut pandangan saya yaitu kita mendapatkan beberapa part berpesifikasi mantap di harga yang minim. Berikut saya lampirkan informasi spesifikasi sepeda Pacific Relicus 5.0.

Spesifikasi Pacific Relicus 5.0

Dengan harga 5 jutaan, saya rasa cukup worth dengan spesifikasi di atas. Saya pribadi saat awal membeli memasukkan spesifikasi wajib yaitu shifter, rd dan fd nya menggunakan deore. Karena di sepeda sebelumnya sudah memakai alivio, jadi ingin upgrade. Selain itu spesifikai wajib lainnya cari yaitu menggunakan ukuran crank depan minimal 40 T. walau hanya satu crank, asal menggunakan ukuran yang besar maka akan saya pilih.  Karena saya sadari sepeda ini akan banyak digunakan di aspal, jadi butuh gigi yang berat dan kencang.

Untuk perbandingan plygon heist 5 pakai crank ukuran 26/36/48T, waw pasti berat dan kencang hampir seperti ukuran crank road bike. Sedangkan di pacific relicus dapat crank ukuran 24/32/42T. Crank ini juga menjadi pertimbangan saya sehinggan menyingkirkan piliha pacific masseroni 7.0 dan polygon xtrada 6 yang menggunakan crank kecil walau keduanya sudah deore. Crank yang kecil cocoknya pada jalur tanjakan agar ringan dikayuh.

Sepeda saingan Pacific Relicus 5.0

Ada beberapa sepeda yang menjadi perhatian saya dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan pacific relicus 5.0 diantaranya : Polygon heist 5 2019, Polygon Xtrada 6.0, Pacific Masseroni 7.0, United Nucleous, dan ada beberapa tipe lainnya yang tidak dapat saya ingat. Semua sepeda tersebut sudah pakai deore.

Kesimpulan – Kelebihan dan Kekurangan Pacific Relicus 5.0

Dari pengalaman singkat ini saya ingin menyimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang saya dapati selama menggunakan sepeda ini dalam beberapa hari saja. Yaitu:

Kelebihan

  • Pengelasan di Sambungan bagian framenya cukup halus sehingga terkesan seperti sepeda bahan karbon.
  • Sudah pakai RD, FD, Shifter Deore
  • Remnya hidrolik
  • Bannya pakai maxxis pace 27.5 x 2.125
  • lainnya nanti kalau ingat saya tambahkan

Kekurangan :

  • Terkesan kurang proporsional antara ukuran bodi dan wheelset nya.
  • Kayanya mudah lecet sih..
  • nanti ditambah lagi kalau keingat

Dari cerita singkat di atas, apakah worth it beli sepeda pacific relicus 5.0 ? Sebagai orang yang jarang naik sepeda orang lain, saya tidak tahu bagaimana perbandingan rasanya. Jadi saya sendiri bilangnya worth it aja, apalagi dapat spek yang mumpuni. Bagi kalian yang ingin putuskan beli sepeda, menurut saya penting untuk rasa dulu sepedanya. Nanti dari perbandingan beberapa sepeda pilihlah yang paling cocok. Namun sayangnya di toko-toko kita atau beli online tidak memungkinkan pelanggan mencoba sepedanya terlebih dahulu. Hehe

Demikianlah Kesan Pertama Pakai Pacific Relicus 5.0 (Review Singkat) yang dapat saya tuliskan untuk saat ini. Bagi kalian yang punya pertanyaan tentang sepeda ini jangan ragu bertanya di kolom komentar ya.

komentar