Dapat dikatakan ini merupakan sambungan dari cerita sebelumnya mengenai pengalaman Ahmad pasang indihome di rumah. Jadi sekitar beberapa menit sempat menikmati akses internet indihome. Langsung aja ada masalah yang terjadi. Lampu Los Merah Kedap Kedip di Modem Indihome, sehingga menyebabkan internetnya mati tidak dapat digunakan. Awalnya saya mengira ini hanya masalah yang terjadi saat awal pemasangan saja, bentar lagi juga pasti normal kembali. Ternyata tidak demikian!

rekomendasi : Cara Melapor Gangguan Indihome Selain Menghubungi 147 (Ditangapi lebih cepat)

modem los

Setelah 1 hari menunggu. Modem GPON ZTE tersebut tetap menyalakan Lampu Los Merah. Setelah googling, tanya sana sini di internet, akhirnya dapat jawabannya. Ternyata lampu LOS kedap kedip warna merah itu terjadi karena ada masalah pada kabel. Bisa jadi itu masalah kabel dari modem ke tiangnya, atau mungkin masalah pada fiber konektornya. Berikut kutipan dari ahlinya yang saya kutip dari blog speedydermayu.

“Modem GPON LOS adalah ganguan yang terjadi akibat adanya kabel yang putus atau tidak terhubung. (speedydermayu, 2015)”

Lalu Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut agar dapat menikmati kembali internetan menggunakan indihome? Ada dua pilihan yang dapat Anda lakukan. Pertama perbaiki sendiri yang kedua hubungi teknisi yang pasang atau pihak Telkom. Saya menyarankan menggunakan cara yang kedua.. karena pas kejadian, Ahmad hubungi kembali pemasangnya. hue hue he

Jpeg

Sebenarnya tidak masalah jika anda ingin mencoba memperbaikinya sendiri, terlebih jika teknisinya kelamaan datang, yang saya khawatirkan jika anda memperbaiki sendiri namun tidak kembali seperti semula, bisa aja para teknisi mempunyai alibi untuk menyalahkan Anda. “Kamu ini kok batat sekali ya.. kan udah dibilangin kalau ada masalah hubungi 147, tunggu datang teknisi, kalau begini saya blabla bla bla”. hehe

Untuk memperbaikinya tampaknya terlihat mudah, walaupun saya sendiri belum pernah mencobanya. Berikut ini saya kutip cara memperbaiki Lampu Los Warna Merah Kedap-Kedip di Modem Indihome dari ahlinya langsung. Ini dia:

Untuk menanggulangi ganguan di atas terdapat 2 cara yang dapat anda lakukan jika mengalami ganguan tersebut.

  1. Mencabut kabel optik anda dari modem dan kemudian mencolokkanya kembali, dengan catatan *(posisi fast conector dalam keadaan baik dan tidak adanya kabel optik yang putus pada sambungan fast conector).
  2. cara yang ke dua yaitu dengan menyambung ulang sambungan kabel optik ke fast conector, untuk mempermudah mempraktekannya di bawah ini saya buatkan 2 video cara sambung manual kabel optik dengan alat bantu sederhana seperti silet / karter.

Lalu dibawah ini ada video cara memperbaikinya yang dibuatkan oleh teknisi  speedydermayu.

Jika Lampu Los Merah Kedap-kedip di modem indihome

Menyambung kembali pengalaman saya di atas. Jadi setelah menyadari bahwa masalah tersebut diakibatkan oleh gangguan kabel, saya kembali mengontak teknisi yang menawarkan pemasangan indihome kepada saya. Setelah saya laporkan mereka menanggapinya dengan baik. Keesokan harinya atau pada hari Minggu. Teknisi yang kemarin memasang indihome di rumah saya datang kembali lalu mencari tahu mengapa masalah tersebut bisa terjadi.

Karena tidak menemukan apa yang salah, akhirnya mereka memutuskan untuk mengganti seluruh kabel fiber optic yang terhubung dari tiang Telkom hingga ke rumah saya yang kurang lebih panjangnya sekitar 70 meter. Kali ini mereka memasang kabel dengan jalur yang berbeda, jika sebelumnya melewati pohon kini mereka menariknya kabarnya dari atas atap rumah orang lain.

Saya ingat sedikit kata mereka yang intinya, teknisinya memberikan garansi kelancaran penggunaan. Jika terjadi masalah dalam kurun waktu 1 minggu setelah pemasangan indihome, sehingga jika terjadi masalah.. nah sambungannya lupa, entah mereka bilang segera datang atau segera mengganti apa yang bermasalah. disitu saya lupa. hehe.. mungkin lain teknisi lain pula prinsip kerjanya.

Alhamdulillah, dari tanggal 30 Oktober 2015 sampai saya menuliskan artikel ini pada tanggal 4 februari 2016, tidak ada masalah dengan lampu los. Semoga saja kedepannya juga tidak ada kejadian serupa lagi. oya Ahmad rekomendasikan juga buat baca:  Cara bayar indihome via internet banking (Bank BNI)

sumber : speedydermayu dan pengalaman pribadi

Apa Tanggapan Anda? Silahkan tulis di kolom komentar

komentar