Di dunia maya kita harus berhati-hati dalam membagikan informasi yang berkaitan dengan identitas diri. Seperti KTP, SIM, nomor telepon, nama ibu kandung dan lain sebagainya. Jika informasi tersebut dipakai oleh orang yang berniat jahat, kita bisa dalam bahaya.

Seperti pengalaman saya baru-baru ini saat menjual barang di OLX. Saya jualan di OLX regional Aceh dan ada seorang calon pembeli chat ke nomor WA saya untuk negosiasi barang yang saya posting di OLX. Si calon pembeli ini (penanya) mengaku ingin barangnya dikirim ke Bandung, dan saya menawarkan rekber di tokopedia agar dia semakin yakin. Namun iya menolaknya :v, malah mau transfer langsung.

Awalnya tampak natural tidak tercium hal yang mencurigakan, saat menolak rekber namun mau langsung trasnfer.. di sinilah sudah tercium sesuatu yang mencurigakan kenapa jualan bisa semulus ini, ditambah si penanya ini tidak ragu menunjukkan KTP nya agar barangnya dikirim alamat KTP nya.

Setelah deal dengan harga akhir termasuk ongkir, lalu si penanya mengupload lagi identitas pribadinya yang bekerja di BUMN. Lalu dia meminta identitas saya sebagai tanda saling percaya! wkwkw

Saya yakin sekali ini si penanya tidak memakai identitas sendiri, tapi mengirim identitas orang lain. Jelas sekali ini orang ada misi terselubung mau ngumpulin foto KTP para penjual di OLX! Entah mau diapain.. mencurigakan! Hal-hal seperti ini sulit dicegah oleh OLX.

Di akhir chat, setelah saya bilang itu bukan identitas dia! si penanya langsung blokir nomor saya. Nah jelas sekali orang ini memang bukan mau beli tapi kumpulin foto KTP orang-orang.

Alur pembicaraannya silahkan lihat di bawah ini.

Saya posting kejadian ini di status facebook, ternyata di kolom komentar ada juga orang lain yang mengalami hal serupa. Dia juga chatting dengan penanya itu dan dikirimi foto KTP yang sama seperti saat chat dengan siahmad.com. Ujung-ujungnya juga minta foto KTP penjual.

Mungkin foto KTP yang dipakai oleh penanya itu juga didapat dari berbohong seperti ini. Coba bayangkan kalau itu KTP kamu di manfaatin buat nipu orang? Bahaya sekali kan.. oleh karena itu penting sekali untuk menjaga identitas diri di dunia maya ini yang sangat mudah menfitnah orang lain.

Waspadai jika ada lembaga tidak resmi atau individu yang minta foto KTP atau identitas vital lainnya. Kecuali perusahaan/lembaga yang sudah anda yakini 100%.

Berikut Tips untuk menghindari terjerumus ke perangkap mereka.

  • Jika penanya dengan mudah menunjukkan foto identitas/KTP nya, patut dicurigai itu identitas palsu.
  • Pastikan nama di KTP, Akun profil dan nama di rekeningnya sama atau berhubungan. Jika tidak patut dicurigai.
  • Pisahkan nomor HP untuk keluarga dan bisnis (pakai 2 nomor HP). Jika post di internet hanya nomor bisnis saja.. yang nomor keluarga jangan pernah terposting di internet.
  • Lindungi foto produk dengan identitas kartu usaha, atau watermark dengan nomor rekening kita saja. Jangan sampai foto barnag kita dicomot si penjahat unutk menipu orang lain.

Intinya hanya memunculkan insting curiga saja. Walau kita penjual, kita juga patut mencurigai penanya nakal yang hanya memanfaatkan momen saja. Jangan sampai gara-gara ingin barnag segera dibeli kita yakin dan ingin si penanya sampai mengikuti arahannya.. jika ragu-ragu tanyakan orang terdekat Anda.

Selalu berdoa agar dilindungi Allah dari terjerumus ke hal-hal yang berbahaya. Jangan cuma mengandalkan ikhtia saja. Ingat ada maha pengatur alur hidup.

Demikian sharing dari siahmad.com kalai ini, semoga bermanfaat.

komentar