Assalamualaikum semuanya, di artikel sebelumnya saya pernah membahas pengalaman beli barang di aliexpress lengkap dengan kapan sampainya. (baca : Berapa Lama Pengiriman Dari Aliexpress.com Sampai Ke Indonesia ?). Nah di Artikel kali ini saya akan share pengalaman belanja di aliexpress namun barangnya tidak sampai dalam 3 bulan atau selama masa proteksi pengiriman. gmana selanjutnya? Apakah ada yang senasib ?

Begini ceritanya, di bulan desember tahun 2019 saya melakukan 2 transaksi kecil-kecilan di aliexpress. Tanggal 16 Desember 2019 beli Micro USB to 3,5mm Female Stereo Jack Headphones. Tanggal 17 Desember beli 20Pcs /lot Nylon wrist hand cell phone. Harganya murah-murah euy, walaupun ada ongkir dikit. Tetap lebih murah belanja dari china ketimbang di marketplace lokal.

Kalau merujuk pengalaman belanja sebelumnya, estimasi sampai sekitar 2 mingguan, lumayan cepat kan ? Nah kalau belanja tanggal 16 & 17 desember kira-kira aja awal januari akan sampai. Karena transaksinya kecil dan tidak terlalu mendesak, sayapun tidak ambil pikiran gmana nasib kiriman.

Nah Di akhir desember 2019 muncul lah wabah corona yang sekarang diberi nama resmi covid-19. Saya pun teringat barang yang saya pesan di aliexpress yang memang dikirim dari china. Ada kemungkinan bakalan delay nih. Dalam hati alhamdulilah transaksinya kecil dan tidak mendesak, jadi kalaupun hangus yasudahlah.

Ternyata barang memang tidak sampai di bulan januari, berlanjut februari 2020. Lalu sampai bulan maret 2020 di mana masa garansi pengiriman akan berakhir. Mereka pun mengirimkan email kepada pelanggan bahwa transaksi akan segera selesai.

Di email tersebut ada disampaikan pelanggan memiliki waktu 15 hari setelah orderan selesai. Apabila barang tidak sampai, cacat atau ada hal yang tidak beres lainnya, masih bisa untuk komplain. Jadi caranya cukup buka halaman my order. Lalu langsung aja pilih open dispute dan menjelaskan apa yang tidak beres dari kiriman. Untuk kasus saya barangnya belum di terima namun proteksi pengiriman sudah habis. Kurang lebih isian dispute saya seperti inilah.

Sebenarnya saya juga ga tega melakukan ini, soalnya di masa ini pun sedang terjadi wabah pandemi global yaitu virus covid-19. Jadi saya sangat memahami di situasi seperti ini memang tidak memungkinkan pengiriman barang berjalan lancar. Lalu sebenarnya juga agak was-was kalau barangnya sampai. Tapi yasudahlah, coba saja untuk jadi bahan konten artikel di blog siahmad ini. hehe.

Saya penasaran dengan kebijakan aliexpress dengan kasus seperti ini. Langkah apa yang akan diambil. Apakah akan mengembalikan uang saya, atau memberi kompensasi kredit untuk belanja item lain di situs aliexpress. bisa jadi pembelajaran juga buat saya.

Insya Allah jika nanti ada perkembangan akan saya update lagi di blog. Ini. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca, sampai jumpa di artikel selanjutnya. ^_^

UPDATE 23 MARET 2020

Fix, mereka menyetuji dispute saya dan bersedia mengganti kembali uang pembeliannya.

Nah yang jadi pertanyaan sekarang sistem pengembaliannya ? Sewaktu beli saya pakai kartu debit online jenius. Semoga aja sih mereka bisa balikin langsung ke rekening debit online saya. Nanti perkembangan selanjutnya akan saya update lagi.

UPDATE!

Uang telah dikembalikan ke rekening Jenius debit online

Alhamdulillah pihak aliexpress serius dan cepat memenuhi janjinya untuk mengembalikan uang pembelian barang. Screenshot uang masuk yang dikirim pihak aliexpress pada kedua item yang saya beli.

Ada hal menarik lagi yaitu, seperti yang kita ketahui, mata uang rupiah anjlok drastis selama wabah korona ini. Sehingga ketika uang dikembalikan, jumlahnya lebih besar dari yang saya keluarkan untuk membeli barang tersebut. Artinya secara rupiah uang saya bertambah. Ini screenshot uang yang saya keluarkan ketika membeli :

dari Rp.8.822 dikembalikan Rp.10.100

dari Rp.12.946 dikembalikan Rp.14.825

Itulah pengalaman saya belanja di aliexpress, uang saya dikembalikan oleh mereka. Bisa dibilang mereka sudah profesional dan cukup aman untuk belanja di sana. Walaupun wabah korona sedang mereba, tapi tetap bisa mengembalikan dana pembeli.

UPDATE 4 April 2020

BARANG KIRIMAN SAMPAI!

Jadi dalam beberapa hari ini, kedua barang yang saya pesan telah saya terima di rumah. Pengantarannya di hari-hari yang berbeda. Tapi yang intinya pada tanggal 4 april 2020 saya telah meneima kedua barang yang saya order di aliexpress. Anehnya, semenjak ada kebijakan beacukai yang baru, pihak pos sebagai pengantar mencharge saya setiap items sebesar 7.000 rupiah. Padahal barang yang saya order harganya cukup murah di bawah 1 dolar. Di kebijakan terbaru disebutkan jika barang seharga $3 atau kurleb 45 ribu ke atas baru dikenakan pajak. Belanjaan saya masih di bawahnya tapi tetap dikenakan bea. Aneh ya. entah penerapan kebijakan yang salah, atau informasi pengadaan pajaknya yang kelliru. jadi saya bayar lagi 14 ribu untuk kedua barang yang saya terima.

BTW saya belum berani membuka barangnya. Karena masih khawatir, soalnya itu barang datangnya dari china. Jadi sekarang barangnya saya diemin aja dulu nunggu semingguan mungkin baru saya buka.

Nah sekarang bingung juga jadinya, uang refund telah saya terima, barang pun telah saya terima. Kok double untungnya.. hahah. Tapi tenang aja, nanti kalau sudah saya buka saya coba cari tau cara untuk menjelaskan kepada mereka barang sudha saya terima, bagaimana cara mengembalikan uangnya. Tapi kalau sekarang lagi gila juga kurs dolar, pas normal lagi aja deh insya Allah.

komentar