Keinginan beli AC sudah ada sejak bulan ramadhan 1439H (pertengahan mei-pertengahan juni 2018). Namun entah kenapa saya ga tergerak ke pasar cari AC. Padahal cocok banget kalau pasang AC pas bulan ramadhan ya. Puasa jadi lebih enteng. hehe

Jadi selama bulan puasa saya sempat baca-baca dan mencari rekomendasi di internet tentang AC. Barulah di bulan syawal atau seminggu setelah hari raya idul fitri saya tergerak ke kota mencari AC 1/2 PK.

Di Kawasan Banda Aceh, toko yang banyak jual barang elektronik ada di beberapa kawasan. di Peunayong, di Ule kareng dan di dekat masjid raya. Spot yang saya tuju pertama yaitu Peunayong.

Mungkin di kawasan itu ada 6 toko yang saya datangi untuk bertanya list ac 1/2 PK yang tersedia dan harganya. Ada beberapa AC 1/2 PK yang tersedia tapi yang menjadi fokus saya ada 3 AC yaitu Panasonic Alowa series, lalu AC LG dual inverter dan AC sharp. Alasannya karena setau saya itulah AC yg wattnya rendah sehingga tidak membebani tagihan listrik terlalu berat.

Dari semuanya itu yang paling ringan wattnya adalah Panasonic Alowa Series, hanya 320 watt. Bahkan saya pernah baca jargon mereka listrik cuma bayar Rp.1000 sehari untuk AC. luar biasa. Namun AC ini yang paling mahal harganya. di Banda Aceh (paling ujung Indonesia) harga di sini bekisar 4.4 juta sampai 4.8 juta udah termasuk ongkos pasang terima dingin) kalau saya cek harga di internet harganya kisaran 3.6 sampai 4 juta. hmm saya maklumi karena di Aceh rantai terujung distribusi barang.

Baca juga : Rekomendasi AC 1/2 PK Hemat listrik.

Singkat cerita setelah bertanya di banyak toko, mungkin sekitar 10 toko. Saya putuskan untuk memilih AC Sharp AH-A5UCY. Dari berbagai toko di sini, saya menemukan rentang harga 3 jutaan. dan sebuah toko paling mudah saya temukan dengan harga 2.950.000 termasuk ongkos pasang (terima dingin).

 

Di toko saya membayar uang DP 500.000, lalu kata mereka AC akan diusahakan dipasang di malam hari. Kalau tidak terkejar maka akan dipasang esoknya. Saya maklumi karena saat itu sudah sore dan masih dalam suasana lebaran.

Walau tergolong AC standar, AC ini hanya menggunakan energi sebesar 350 WATT. Termasuk yang terkecil penggunaanya. Sehingga tidak membebani rumah saya yang hanya menggunakan listrik 4 amphere atau 900 VA.

Lalu Apa saja yang saya dapatkan dalam pembelian AC Sharp AH-A5UCY seharga Rp,2.950.000 ini?

  • Unit AC untuk dalam ruang
  • Kompresor luar ruang
  • Selang 2 meter
  • Kabel listrik kurang lebih 3 meteran
  • Remote AC tanpa alat gantung di dinding
  • TERMASUK ANTAR, PEMASANGAN (Bor dinding tarik listrik, dll)
  • Kitab, kartu garansi, kardus AC lengkap dengan gabus dan plastik-plastiknya (ga penting banget ya)

Hmm Saya rasa itulah yang dapat saya ceritakan dalam Artikel Pengalaman Beli AC 1/2 PK, Terpilihlah Sharp AH-A5UCY. Jika Ada ide lagi akan saya update.

Untuk cerita cerita pengalaman saya selanjutnya mengenai pemasangan AC oleh teknisi dapat dibaca di artikei ini : BELUM DIBUAT

Lalu untuk kesan pertama saya ketika menggunakan AC Sharp AH-A5UCY dapat di baca di sini : BELUM DIBUAT

Saya juga rekomendasikan untuk membaca Pilihan AC Hemat energi di artikel ini : BELUM DIBUAT

komentar