Jadi begini ceritanya, selama tiga bulan berlangganan indihome, tagihan saya selalu naik setiap bulannya. Bulan pertama 418 ribu, lalu pada bulan kedua naik menjadi 446.000, saya maklumi karena promosi telah berakir. Nah pada bulan ketiga tagihan indihome melonjak drastis menjadi 536 ribuan. Yang saya khawatirkan mungkin bulan keempat akan menanjak lagi. Sehingga saya putuskan untuk ke kantor Telkom dan mengurus segala hal untuk berhenti langganan indihome.

tagihan selama tiga bulan

Jika ada yang belum tahu cara cek tagihan indihome, bisa baca artikel ini:  Cara Cek Tagihan Internet Indihome Melalui Internet

Pada tanggal 6 Februari 2016 (sabtu) saya ke plasa Telkom untuk menjelaskan situasi ini. Jadi alasan mengapa Tagihan saya menjadi tinggi, yaitu gara-gara penambahan add on Talk Mania seharga 85 ribu, add on ini memungkinkan kita menelpon ke nomor Telkomsel sesuka hati (gratis) melalui telepon indihome. Bukan saya saja yang dapat penambahan add on tersebut. Banyak pelanggan lain yang mengeluhkan hal serupa. Dalam kasus saya awalnya ditelepon sales, yang katanya semuanya gratis, ternyata licik betul penjelasannya. Saya terhipnotis dengan ucapannya, tidak pernah dia katakan biayanya dimasukkan ke tagihan bulanan, saya setuju aja “oke mantap tu..makasih ya..”cuiih rupanya bayar! Ada juga kisah orang lain yang katanya ia tidak ditelpon bahkan ada juga yang tidak pasang telepon, tetapi tiba-tiba muncul tagihan add on tersebut.

Kata CS nya ini add on-nya kita putusin aja, bulan  depan tarifnya kembali normal jadi 434 ribu. Nah saya manggut-manggut aja. Trus siahmad.com juga meminta nego apa bisa tagihan akibat add on Talkmania pada bulan lalu dihapus saja karena saya tidak pernah pakai Teleponnya. si Pihak CS jawab oke.. nanti saya bantu hapuskan dalam beberapa hari ini. (Dalam hati saya.. loh kok diterima.. apa saya berbakat minta nego-nego dengan cs, atau ini hanya tarif abal-abal tanpa aturan fix dari telkom..maksudnya ga ada standar gitu). Sehingga saya engga jadi bayar dulu pada tanggal 6 Februari 2016, katanya kalau sudah dihapus tarifnya nanti akan di telepon. Yaudah saya balik.

Mulai deh di rumah kepikiran, kayanya ada yang ga beres ama telkom, apa mereka mau menjebak saya lagi sampai terkena denda akibat nunggak ga bayar-bayar nih! Atau dengan penambahan hari di bulan februari, saya ntar bakal bayar juga aktivitas penggunaan di bulan februari. Bayangkan aja, saya minta hapus 85 ribu. Katakanlah biaya langganan indihome sehari itu 15 ribu, cuma 1 minggu langsung kembali jadi 85 ribu. Yah sama aja nambah lagi jatah bayar kalau tiba-tiba lewat seminggu. Hari senin saya cek tagihan masih belum berubah, tetap 536 ribu.

Asli repot bayangin kalau itu terjadi gimana ceritain ke CS lain lagi yang ga tau kisah sebelumnya. Jadi saya putuskan untuk minta berhenti langganan indihome pada hari selasa (9 februari 2016) .

Esok harinya pada tanggal 9 februari 2016, saya ke Plasa Telkom Banda Aceh kembali mengurus pemutusan indihome ini. Walau tagihan bulan depan katanya akan kembali normal, saya tetap bersikukuh untuk stop menggunakan indihome. Oh iya, bagi kalian yang mau berhenti langganan indihome juga, jangan lupa bawa perlengkapan berikut:

  1. Fotokopi KTP pendaftar
  2. Materai 6000
  3. Uang untuk membayar sisa tagihan (kalau saya diitung perhari 434ribu/30 hari.. itulah tarif seharinya). Lain daerah, lain CS lain harganya, karena manajemen telkom semraut.

Dalam kasus saya sepertinya CS lupa meminta materai 6000. Jadinya saya berhasil menyelamatkan sebuah materai Rp 6.000. Selanjutnya mereka membuat sebuah surat pernyataan bahwa saya telah berhenti langganan indihome, seperti ini penampakan suratnya.

Berhenti Langganan Indihome

telepon

Berhenti Langganan Indihome

Lalu di belakangnya ada juga tagihan tagihan indihome yang telah saya bayar. Total semua pembayaran ketika itu sekitar 671 ribu, Yaitu gabungan dari tagihan bulan Januari 2016 + talk mania dan 9 hari pada bulan Februari 2016.

Lalu setelah semuanya beres, mereka mengatakan nanti internetnya akan diputus lalu akan datang teknisi yang akan mengambil perangkat.

Hari-hari terus berganti, tidak ada pemutusan internet indihome, semua masih normal, saya malah download gila-gilaan karena kirain inilah momennya perpisahan. Nyatanya belum.. Sekitar kira-kira 3-5 hari sejak mengurus pemutusan indihome, saya kembali ke plasa Telkom untuk memastikan Apakah mereka benar-benar memproses pemutusan indihome ini. Mereka hanya cek dan katanya oke, sedang diproses.

Hari-hari terus lalu dan internetnya masih dapat digunakan dengan normal. Hingga saya menuliskan artikel ini pada tanggal 15 Maret 2016, atau sudah 1 bulan lebih sejak mengurus pemutusan indihome. Semuanya masih dapat digunakan dengan normal dan saya masih kena tagihan pada bulan Maret. Namun ada yang berbeda dengan tagihan pada bulan ini, saya hanya dikenakan tagihan Rp255.200. Mungkin murah setelah dipotong pembayaran bulan februari 9 hari. tapi walau dijumlahkan dengan 9 hari dari bulan februari tagihannya tetap masih murah dari bulan desember dan januari.

tagihan indihome

Saya heran dengan manajemen Telkom, bagaimana mereka bisa begitu parah dalam hal mengurus konsumennya. Saya belum memikirkan matang-matang keputusan selanjutnya, sampai sekarang saya belum membayar tagihan untuk bulan maret yang telah keluar. Memang murah dan menggiurkan untuk dilanjutkan, tapi saya sudah memiliki surat bukti pemutusan Indihome.

baca juga :  Pengalaman pasang Indihome di rumah (di Aceh Besar)

Apakah kalian pernah mengurus pemutusan indihome sebelumnya? Bagaimana pengalaman dari kalian semua? Silahkan berikan komentarnya. Terima kasih

Apa Tanggapan Anda? Silahkan tulis di kolom komentar

komentar