Dari sekian lama pengalaman saya mengelola blog, baru kali ini saya mendapatkan pengalaman blog deindex, alias blog tidak diindex oleh Google. Penyebabnya juga sangat sepele, hanya gara-gara merubah domain blogspot menjadi dot com *hipotesis saya sih. Mungkin sebenarnya bukan begitu. hehe. Begini sejarah dan ceritanya :

Suatu hari ada sebuah artikel di blog favorit saya yang tidak sesuai dengan kebijakan Google, sehingga tim google adsense mengeluarkan peringatan terhadap artikel di blog tersebut. Jika dalam kurun waktu 3 hari tidak saya ambil tindakan maka blog tersebut akan disable oleh adsense dari penggunaan script iklan adsense. Alias tidak akan muncul iklan lagi.

Apa boleh buat kemalangan tak terelakkan, dalam waktu 3 hari saya tidak pernah membuka akun Adsense via tampilan web atau pemberitahuan via email, saya cuma ngecek via tampilan mobile. sehingga notifikasi adsense tidak muncul, jadinya saya ga tau ada notifikasi pelanggaran tersebut, akhirnya blog saya resmi di disable. Memang cara Tuhan memberi dan mencabut rejeki setiap orang berbeda-beda. Tapi saya menanggapinya dengan positif bahwa saya harus berubah dan mencari jalan keluar.

Saat itu masih menggunakan domain blogspot.com, dari situ saya mulai berpikir untuk merubah nama domain menjadi top level domain, Saya rasa inilah satu-satunya jalan agar blog favorit saya ini kembali menampilkan iklan dan terus menghasilkan uang. Kondisi kedua saat itu, blog tersebut telah memiliki lebih 10.000 artikel.

Domain pun telah saya siapkan, dan saya melakukan migrasi dari blogspot menjadi top level domain. Setelah berhasil merubah nama domain terlihat adanya penambahan pengunjung terhadap blog. Namun hal itu hanya berlangsung sementara, googler hanya membiarkan Saya senang selama tiga hari. Setelah itu muncul sebuah email yang sangat mengerikan, yang isinya mengatakan bahwa blog saya terindentifikasi sebagai blog spam.

major spam

Sungguh malang nasibku saat itu, ketika menggunakan domain blogspot blog Saya sudah di disable oleh tim Google AdSense, namun ketika menggunakan domain.com, malah buat saya di deindex oleh Google.

Ketika saya melakukan pengecekan di dashboard Google Webmaster, ada pilihan untuk mengajukan banding agar blog saya kembali diindeks normal oleh Google. Adapun alasan yang saya isi pada form tersebut, saya menjelaskan bahwa saya pada awalnya berawal dari blogspot yang sudah saya kelola selama beberapa tahun, sehingga sudah memiliki ribuan artikel. Namun pada suatu hari saya merubah domain tersebut menjadi dot com, google harus mengindex sebuah domain baru yang memiliki 10.000 artikel. Saya rasa ini hanya kekeliruan dari robot Google. Kira-kira begitulah inti penjelasan saya yang saya tulis dalam bahasa Inggris.

Kembali diindex

Beberapa hari kemudian, saya mendapatkan sebuah email yang memberikan kabar gembira. Yaitu blog saya kembali di indeks oleh Google, traffic blog saya pun Kembali menjadi seperti semula. Alhamdulillah. Itulah sepenggal kisah pengalaman deindex.

badai deindex

* Kisah diatas tidak saya tulis, melainkan hasil dari konversi suara menjadi tulisan. Jika menemukan hal aneh mohon dimaklumi. Saya terlalu pusing untuk membaca ulang tulisan di atas.

komentar