Sudah hampir 1 tahun saya berlangganan indihome 2P alias paket internet dan telepon. Namun selama itu saya belum pernah sekalipun menggunakan layanan telepon. Sehingga mubazir, telepon tidak terpakai namun harus bayar beban berlangganan telepon.

Setiap bulannya saya harus membayar 388 ribu untuk paket indihome tersebut (baca :Tagihan Indihome 10 Mbps 2P Dari Bulan Ke Bulan (Riwayat Pembayaran)), dan itu termasuk biaya yang mahal untuk paket 2p, karena saya sering dpat kabar dari pengguna lain mereka hanya dikenakan tagihan sebesar 200 ribuan untuk paket 2P. Akhirnya di penghujung bulan maret ini saya ingin mengakhiri paket sia sia ini.

Saya sendiri dapat info downgrade paket indihome ini dari teman-teman dan juga dari pembaca blog siahmad.com. dalam chat facebook kami saling berbagi pengalaman dan ia menceritakan pengalamannya mendowgrade paket indihome dari 2p menjadi 1p.

Saya sempat khawatir pihak indihome bakal mempersulit sebagaimana usaha mereka mempersulit pelanggan yang ingin memasang indihome 1P. Ternyata tidak dipersulit sama sekali. Berikut saya ceritakan selengkapnya :

Jadi pada tanggal 26 maret 2018, pagi sekitar pukul 9, saya menjalankan misi Downgrade Paket Indihome ke plasa telkom banda aceh. Saat itu masih sepi dan sudah ada 2 CS yang menunggu pelanggan. Ketika saya datang saya ditanyai oleh petugas (semacam satpam) mengenai tujuan ke plasa telkom, saya juga ditanyai nomor hape dan nomor indihome serta mereka memfoto wajah saya. Saya merasa aneh dan curiga mengapa harus di foto wajah pelanggan yanf datang dan saya rasa melanggar privasi. berharap saat itu saya menolak, namun sudah terlanjur difoto wajahnya. semoga datanya tidak di apa-apakan.

Lalu karena belum ada antrian pelanggan, saya langsung dipanggil menuju CS dan menjelaskan Downgrade Paket Indihome. Tanpa basa-basi atau mempersulit, mereka langsung mengiyakan permintaan saya dan membuatkan bukti permohonan.

Katanya, nanti tagihan saya setelah downgrade paket akan menjad Rp.278 ribu. WOW berkurang 100 ribu lebih dari tagihan yang biasa saya bayarkan. Namun tagihanĀ  tersebut baru saya rasakan nanti saat bayar tagihan awal bulan Mei.

Jadi untuk minta downgrade, hal yang diminta oleh plasa telkom hanya KTP atau foto KTP anda, lalu akan diproses dan dibuatkan resi tanda permohonan seperti foto di atas. Maka sudah selesai dan bisa keluar dari plasa atelkom melanjutkan aktivitas lainnya.

Insya Allah nanti di bulan Mei saya update tagihan terbaru setelah minta downgrade.

Mungkin kebanyakan dari kita yang ingin downgrade.. merupakan korban pemaksaan harus menggunakan paket di atas 1p, saya sendiri ketika awal pemasangan begitu. Mereka tidak mengizinkan saya pasang 1p berdalih paket tersebut tidak tersedia. Padahal pada saat itu tertera jelas di websitenya jila ingin memasang 1p aja silahkan ke plasa.

Demikianlan pengalaman ini saya tuliskan, semoga bermanfaat.. jika ada hal yang ingin ditanyakan atau berbagi pengalaman, silahkan tuliskan komentarnya di kolom komentar di bawah.

komentar