Tabunganku CIMB Niaga – Saya punya rekening CIMB niaga, tapi tidak sering saya gunakan. Hanya untuk terima transferan saja, sedangkan untuk transaksi sehari-hari, saya menggunakan tabungan di bank BNI syariah.

Pada awal datang ke bank CIMB Niaga untuk buka rekening, saya masih awam mengenai jenis rekening yang tersedia. Pendek cerita saya minta dipilihkan yang tidak ada potongan bulanan. dan Customer Servicenya menyarankan TabunganKu.

Ketika saya lihat-lihat di internet ternyata banyak sekali jenis rekening yang tidak terkena potongan administrasi bulanan bahkan bebas tarik uang di ATM bersama seperti tabungan On Account, tabungan Xtra dan lainnya. Mungkin karena saya terlihat ga mungkin nabung banyak-banyak ya, sehingga disarankan rekening paling sederhana.

Saat itu saya juga baru tau ternyata di situ CIMB Niaga yang konvensional dan syariah di satu gedung. Akhirnya saya pilih membuka rekening Tabunganku CIMB Niaga Syariah akad Wadiah.

Uniknya jika di Bank BNI Syariah, kalau tabungan akda wadiah tidak dikenakan potongan maupun penambahan uang dari bagi hasil. Tapi kalau akad wadiah di CIMB Niaga Syariah, tabungan tidak kena potongan namun ada pertambahan uang dengan istilah Hibah/bagi hasil. Hmmm kok mirip-mirip bunga ya ? apa cuma ganti istilah. hehe setau saya yang ada bagi hasilnya kalau tabungan akad mudharabah.

tabunganku cimb niaga syariah-compressed

Walau sudah bertahun-tahun menjadi nasabah di CIMB, saya masih jarang bertransaksi di bank ini. Padahal fitur yang ditawarkan sangat menarik dan memudahkan, seperti adanya rekening ponsel, CImb Clikc. Saya bertransaksi hanya beberapa kali saja seperti transfer online dan transfer ATM.

Sejauh ini tidak ada yang mengganjal di CIMB Niaga kecuali gangguan oleh telemarketingnya yang begitu brutal menelepon. Lalu pelayanan di customer servicenya juga kurang memuaskan (Untuk daerah Banda Aceh). Susah sih dijelasin, pokonya terasa ga pas aja di hati.

baca juga : Pengalaman Deposito 20 Juta di BNI Syariah, Ini Hasilnya

Berikut akan saya jabarkan beberapa Kelebihan dan Kekurangan Nabung di CIMB Niaga (Syariah) Sesuai pengalaman siahmad.com:

Kelebihan Tabunganku CIMB Niaga (Syariah)

  1. Mobilitasnya luas sekali, bisa tarik uang di ATM pakai smartphone. Namun saya belum pernah mencobanya. Saat buka rekening sempat dijelaskan tutorial cara tarik uang di ATM tanpa kartu atm. Intinya nomor HP kita menjadi pengganti kartu ATM, nanti  mesin ATM akan membalas dengan mengirimkan semacam passcode (password sementara) ke nomor ponsel agar dapat melanjutkan transaksi dengan dasar passcode tersebut.
  2. Tanpa Potongan bulanan (uang tetap) untuk administrasi, kartu debit dan internet banking. Malah uang tabungan menjadi bertambah karena ada istilah bagi hasil, padahal akad yang saya pilih itu Wadiah, bukan mudharabah (bagi hasil).
  3. Walau jenis tabungannya TabunganKu, Fasilitas standar yang didapatkan sudah cukup komplit. Sudah dapat kartu ATM, bisa didaftarkan CIMB click, go mobile, bisa juga kartu kredit dan lain-lain. Tidak seperti saya bukan tabungan ‘firdaus’ di Bank Aceh, tidakdapat internet banking (mungkin belum ada ya.. hehe).
  4. Bisa buka rekening baru melalui internet banking. Bahkan ada pilihan deposito syariah dan deposito konvensional biasa.
  5. Juga bisa bikin Virtual credit card (VCC).
  6. Hmmmm belum kepikiran, Insya Allah nanti saya tambah lagi. maaf yaa ^^!

Kekurangan CIMB Niaga (Syariah)

  1. Kantornya sedikit sekali di area saya, cuma SATU! jadi kalau datangnya telat bakal seharian harus menunggu dalam antrian.
  2. ATM nya sedikit sekali.
  3. Menurut saya seperti tidak ada beda syariah dengan konvensional. bahkan ketika saya buka rekening versi syariahnya, saya dilayani oleh pegawai rok sebetis, tidak memakai hijab, china dan saya saya yakin sih non muslim. Saya jadi ragu, apakah uang tabungan saya mereka putar untuk sektro yang halal atau tidak.

Sejauh ini itu saja yang bisa saya kumpulkan berdasarkan pengalaman yang saya dapat. Saya yakin masih banyak hal yang belum saya bahas karena minimnya pengalaman, namun saya bertekad untuk mengeksplorasi tentang cimb niaga. Nah jika ada tambahan dari para pembaca, jangan sungkan beri komentar di bawah ini. Terima kasih

Pengalaman Tabunganku CIMB Niaga (Syariah)

#1 Nomor HP Hilang dan Harus ganti di Kantor CIMB Niaga

Saya pernah kejadian nomor hape utama yang saya gunakan utuk buka rekening mati gara-gara lupa isi pulsa. Semenjak itu saya tidak bisa pakai internet bankingnya CIMB click/go-mobile/rekening ponsel. Jadi kalau mau transaksi, saya harus ke kantor atau bisa pakai ATM yang hanya anda di Kantor pusat kota Banda Aceh. Ini juga yang mendasari kenapa saya hanya pakai CIMB Niaga buat terima transferan dan jarang digunakan.

Karena hal ini, saya harus ke kantor CIMB Niaga untuk bertemu CS dan minta ganti nomor HP. Setelah ganti barulah saya bisa transaksi lagi internet banking. Sudah bisa menerima kode sms passcode untuk transaksi. Namun sampai saat ini saya tetap belum bisa pakai rekening ponsel/go-mobile. Apakah nomor hape saya yg di go-mobile belum berubah?

#2.

 

Sementara itu aja dulu deh. Insya Allah nanti ditambahkan lagi. Mohon maaf atas segala kekurangan. Terima kasih banyak atas segala dukungan. Semoga pembaca blog ini sukses semuanya. amin

komentar