Alhamdulillahirabbil alamiin, segala puji Bagi Allah tuhan seluruh Alam, dan Salawat atas nabi Muhammad s.a.w. Hari ini 9 Muharran 1349H atau 29 September 2017 terjadi sebuah kejadian deg-degan yang sempat membuat pagi saya sedikit drop. Kejadian mengenai uang.

Begini ceritanya, Pagi-pagi setelah subuh  seperti biasa saya internetan mengumpulkan informasi dan merumuskan kegiatan blogging yang akan saya jalankan hari ini. Sebelumnya tidak lupa saya buka facebook.

Saat cek timeline facebook, ternyata lagi banyak yang share promo domain murah di niagahoster. Lumayan, domain.com yang normalnya 130 ribuan menjadi 59 ribuan. Kebetulan mau bangun blog baru. Jadilah pagi itu saya lalai asik urus domain.

Setelah pilih domain dan checkout, terbitlah angka sebesar 65.853 (domain + pajak + angka unik) yang harus saya transfer ke rekening yg mereka sediakan.

Sebagai pengguna BNI Syariah, saya pilih transfer ke rekening bank BNI Niagahoster, biar ga kena biaya admin. baca : Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank BNI Syariah.

Seperti biasa saya transfer menggunakan internet banking, disinilah kejadian fatal bermula.

Dalam kondisi sehat, pagi yang segar, apalagi baru siap makan sahur, tidak menyangka dapat melakukan kesilapan sefatal itu.

Jumlah yang seharusnya saya transfer Rp 65.853 malah kepencet Rp. 6.585.300 , 100 kali lipat, Astaughfirullah.

Pengalaman Salah Jumlah Transfer Ke Niagahoster (seharusnya 65 ribu jadi 6,5 juta) Pengalaman Salah Jumlah Transfer Ke Niagahoster (seharusnya 65 ribu jadi 6,5 juta)

Bukan silap 1 digit 0 menjadi 600 ribuan, silapnya 2 digit. jadi 6 jutaan. Subhanallah,  Semua memang sudah takdir Allah, menjadi pembelajaran bagi saya, setiap hal harus disikapi dengan baik dan tenang.

saya baru sadar selang beberapa menit kemudian setelah menyadari pembayaran tidak terkonfirmasi secara otomatis, ketika sadar detak jantung saya perlahan2 bertambah cepat, degdegan lah..ya Allah kok bisa gini, Alhamdulillah pikiran saya masih baik dan langsung berpikir solusi.

Setelah menyadari, saya segera menghubungi admin niagahoster melalui chat dan segera membuat tiket support ke billing. Kabar baiknya tim chat sedang aktif dan dengan cepat merespon pertanyaan dengan mengarahkan saya segera menjelaskan kronologi ke email tim billing. Saya salut dengan tim customer service niagahoster yang sigap melayani pertanyaan dengan cepat.

Lanjut komunikasi melalui email, saya juga mendapat jawaban yang terbilang cepat, mereka serius melayani, tidak terlihat ada usaha mempersulit kembalinya uang saya. Salut denga SOP niagahoster, terus pertahankan dan tetap berusaha meningkatkan pelayanan.

kurang lebih selama sejam proses berjalan, mereka mengabari telah merefund dana sisa setelah dipotong pembyaran domain Rp.65.853, Jadi dana sisanya 6.585.300 – 65.853 =  6.519.447

Berikut jawaban tim billing via email :

Ketika saya menulis artikel ini hati saya belum tenang, karena sudah 1 jam uangnya belum masuk. Tetapi saya tidak boleh kuatir karena disuruh tunggu maksmial 3 hari. Saya yakin uangnya segera masuk. nanti saya update lagi kalau uangnya telah masuk.

Pembelajaran yang dapat kita Ambil dari kejadian salah transfer ini

  • Bagi sobat siahmad.com yang rutin melakukan pembyaran via internet banking agar jangan remehkan pembayaran kecil. Tetap fokus dan jangan multitasking saat menggunakan internet banking, bisa bikin ga fokus.
  • Gunakan rekening khusus yang dana sedikit untuk kebutuhan trasnfer tunai. Jadi kalau silap ketrasnfer berlebih bisa tercegah oleh saldo yang kurang.
  • Mari kita perbanyak beramal, mungkin ini teguran untuk saya yang akhir-akhir ini jarang berbagi keluar. Sungguh pada dasarnya uang hanya titipan yang penggunaan terbaiknya saya rasa kita putar untuk umat. kelak suatu saat semua harta akan ditinggalkan.

komentar