Saya mulai mengambil Tugas Akhir ambil ketika semester 7, saat itu tepat setelah selesai KKN (Kuliah kerja Nyata). Karena keasikan KKN, saya tidak kepikiran tentang tugas akhir, jadinya saya ambil tugas akhir tanpa ada ide.

Hari-hari terus berjalan, saya hanya mencari-cari ide tugas akhir dari skripsi-skripsi yang saya temukan dari googling. Sebuah judul tanpa pondasi yang kuat muncul, yaitu seputar analisa database, entah apa yang dianalisa saya belum kepikiran. Bermodal ide abstrak itu saya memberanikan diri mengirim email kepada dosen wali saya agar bersedia menjadi pembimbing tugas akhir, saya belum menentukan apakah ia pembimbing 1 atau 2, karena saya menunggu kepastian 1 dosen lagi yang belum saya cari apakah ia ahli dibidangnya atau tidak.

Karena tidak menmukan foto zaman seminar propsal, jadi saya gunakan foro ini saja untuk mewakili ilustrasi pengerjaannya

Karena tidak menemukan foto zaman seminar proposal, jadi saya gunakan foto ini saja untuk mewakili ilustrasi pengerjaannya

Alhamdulillah dosen wali saya setuju menjadi dosen pembimbing, katanya terserah boleh Pembimbing 1 atau 2. Beberapa hari saya ga berani balas untuk menentukan ia Pembimbing 1 atau 2, karena dkhawatirkan jika terlanjur menentukan tau-taunya dosen pembimbing satu lagi lebih cocok di posisi Pembimbing 1 atau 2. Karena situasi saya masih serba ragu-ragu terutama judul TA nya. -_-

Sehari-hari saya terus mencari ide penelitian tugas akhir yang FIX! dan saya kembali menemukan sebuah ide TA yang menarik untuk dikerjakan, yaitu penelitian mengenai web server,  kelihatannya mudah dan cocok dengan saya, selain itu saya juga memiliki rasa penasaran terhadap web server Apache dan Nginx. Akhirnya untuk judul ketemu ide yang FIX.

Dari judulnya saya melihat ada sedikit hubungan ke bidang jaringan, karena itu saya langsung coba mengirim email ke dosen master jaringan. Alhamdulillah beliau setuju untuk menjadi pembimbing 1 dan juga setuju dengan judul tugas akhir saya. Alhamdulillah :). Lalu tidak lupa saya memberi kabar kepada dosen wali yang telah bersedia menjadi pembimbing, otomatis dia menjadi pembimbing 2. Formasi selesai, keadaan lumayan kondusif.

Ternyata kenyamanan ini hanya sementara, ketika saya baru tenang karena udah dapat judul dan kedua dosen pembimbing. Teman saya yang lain malah sudah konsultasi atau melaporkan perkembangan TA nya pada dosen pembimbingnya. Saya tetap santai-santai dan mengerjakan ala kadar bab 1 saja. singkat cerita saya ke bawa santai dan barulah bom waktu yang saya ciptakan akan meledak.

Bersama teman sepertjuangan yang juga sebelumnya sama-sama santai, kami berjuang untuk menyelesaikan propsal TA ini. Diakhir-akhir semester saya memeberanikan diri untuk berjumpa dengan dosen pembimbing. Alhamdulillah mereka baik-baik tidak mempermasalahkan kenapa saya telat/lama sekali kirim progres terbaru. Entah mereka percaya karena saya memang mau segera sesleai entah karena mereka tidak terlalu peduli, atau mungkin juga saya melakukannya dengan ideal. hahaha

Karena tidak menemukan foto zaman seminar proposal, jadi saya gunakan foto ini saja untuk mewakili ilustrasi pengerjaannya

Setelah semua FIX! akhirnya tiba hari mempresentasikan proposal dihadapan para dosen. Tepat pada hari Rabu, tanggal 14 Januari 2015 pukul 15:00 saya harus memaparkan rencana penelitian tugas akhir saya dihadapan para dosen dan teman-teman.  Jadi pada awalnya pukul 14.00 – 15.00 WIB itu jatah teman saya, dan dilanjutkan dengan jadwal saya 15.00-16.00 WIB.

Saya tampil sedikit berbeda dengan menggunakan pointer laser! ya saya memanfaatkan teknologi asus smart gesture. Jadi cukup menghubungkan smartphone asus zenfone saya dengan laptop menggunakan bluetooth, saya dapat mengontrol seluruh aktivitas PC, termasuk meremote slide next dan previous. Nah ini salah satu yang menariknya.

Kembali ke cerita suasana seminar, seeprti biasanya saya gugup dan mulut mulai keringm, bicara sudah diluar konteks alias dikendalikan oleh gugup. Sehingga apa yang saya bicarakan sering diluar pemikiran murni. Dosen penguji inisial R menanyakan seputar judul apakah sudah dikerjakan orang lain atau tidak, ia juga menanyakan permasalahan konten statis dan dinamis yang saya uji hingga akhirnya jawaban saya dianggap salah oleh dosen pembimbing 1. Haaa >.< padahal bener lo! yasudah iya iya aja…

Dosen berinisial A sedikit mengomentari maslah web server apache dan Nginx mengenai waktu pengujian, besar jumlah pengujian. Sedangkan dosen penguji satunya lagi yang berinisial N tidak dapat hadir.

Akhirnya saya hanya dibantai oleh 2 dosen :D, 1 jam berlalu dengan begitu lama. Alhamdulillah semuanya selesai dan berjalan lancar. Walau sudah selesai hati ini tidak kunjung senang atau tenang.

Saya kepikiran banyaknya kesalahan yang saya katakan. Jawaban yang dibantah pembimbing, dan lainnya. Dari itu semua saya bahkan sempat kepikiran untuk ganti judul. Sungguh sangat kepikiran dalam beberapa minggu.

Masa santai pun kembali berlanjut dan bersambung pada cerita kisah tugas akhir 2 di Informatika unsyiah.

komentar