di Artikel sebelumnya sudah diceritakan secara singkat gambaran umum proses tes SKB CPNS Kemenag (Pengalaman Ujian SKB CPNS Kemenag 2019 di Saat Pandemi). Nah kali ini akan saya ceritakan lebih detail Bagaimana Praktik Kerja SKB CPNS Kemenag 2019 untuk formasi Pranata Komputer, Cekidot guyss.

Jadi pada tanggal 17 September 2020 saya dapat jadwal untuk ujian praktek SKB pranata komputer. Jangan salah guys, walau ujian praktek, tapi kenyatannya bukan berarti kita bakalan disuruh praktek skill-skill dunia komputer, tapi lebih ke tanya-tanya. Waktu yang diberikan cukup singkat, hanya 30 menit. Jadi memang ga sempat untuk unjuk skill bikin ini itu. Pokoknya Lebih ke pertanyaan pertanyaan dasar, bukti dan pengalaman kerja.

Saya mengukuti ujian di sebuah kelas di sekolah Madrasah aliyah, jadi situasinya ada seorang pengawas di meja guru. Lalu ada sebuah PC yang diletakkan di meja murid depan meja guru. Nah peserta diperkenankan menggunakan pc yang disediakan atau menggunakan laptop sendiri. Saya pribadi di ujian praktek menggunakan PC yang disediakan di kelas tersebut. toh laptop yang saya bawa juga tidak berisi apa-apa untuk menunjang praktik kerja. soalnya sehari-hari kerjain ini itu di PC atau laptop badak.

Peserta diperkenankan masuk ke kelas  15 menit sebelum waktu dimulai, jadi situasinya tuh, setelah peserta sebelumnya selesai, langsung lanjut peserta berikutnya. betul-betul pas 30 menit lo. So langsung aja kurang lebih seperti ini alur wawancara praktek kerja yang saya ingat. Tentu saja banyak yang terskip-skip. Saya tulis 1 minggu setelah ujian praktek. Jadi banyak lupanya..harap maklum ya. Btw ini ga bisa dijadikan patokan seutuhnya karena lain peserta lain lagi pertanyaannya..tergantung mood sipenguji

Pertama ditanya basa basi Perkenalan singkat tanya nama, kuliah, asal kuliah tahun berapa tamatnya, gitu-gitu deh.

Lalu berlanjut ditanyakan apa yang dilakukan sehari-hari selama ini, dari situlah pertanyaan terus dikembangkan. Kasus saya, kebetulan tidak bekerja atau terikat dengan instansi manapun, sehingga ditahap ini sudah tampak tidak punya poin yang bagus. saya hanya jawab mengerjakan website, mengelola blog, konten di sosmed, jadi sering berkaitan dengan database, server, web gitu-gitulah..

Selanjutnya ditanya lagi kalau skill kita ke arah mana, apa database, web, jaringan, office, gis.. gitu gitu. Jawablah sebetul-betul kemampuan kita, karena nanti akan terus digali dibidang tersebut.

Karena saya menjawab soal web, database, jaringan, arah pertanyaan saya kisaran bidang tersebut. Penguiji mulai menanyakan contoh web atau karya coding yang perna dilakukan, diminta perlihatkan. Nah saya kesulitan mnunjukkan karena menggunakan PC di kelas, lagian kalau laptop pribadi juga isinya kosong. Saya menjawab lebih ke arah pemanfaatan CMS bikin website-website, gitu-gitu deh pokoknya. Yasudahlah bagian ini pun nampak mengecewakan.

Selanjutnya ad apenguji satunya lagi mulai menanyakan kepada saya menggunakan bahasa inggris. Dimulai dari can you speak english? saya jawab, yes but not fluent. XD LOL.. ga nyangka lo bakal ditanya pakai bahasa inggris. Beliau penguji kedua ini terlihat begitu intelek dan wajahnya komputer banget. hahaha

Mulai ditanya dalam bahasa inggris, apa yang kamu ketahui tentang keamanan jaringan. Buset dah..ngejawabnya juga mesti bahasa inggris. Percakapan sehari-hari aja gagap, apalagi ngejawab teknis-teknis gitu. Asli parah banget saya terpaksa ngarang gaje, karena jelasin dalam bahasa indonesia aja udah ngambang, eh ini jelasin dalam bahasa inggris. Intinya dengan bahasa yang ga  jelas dan gagap parah, saya jelasin keamanana jaringan begitu penting di masa sekarang, terlebih di masa pandemi ini penggunaan internet, sharing data semakin sering dilakukan, sehingga penting sekali keamanan jaringan. wkwkwkw. parah ga ada teknis-teknisnya jawaban gueh..

Entah karena ga jelas atau apa gitu, si penguji mulai menanyakan hal lain tapi meminta saya tulis tangan saja. Beliau menanyakan apa saja tugas-tugas pranata komputer. Nah kan banyak tuh tugas-tugasnya, saya tulislah mungkin sekitar 10. Nah pas saya tunjukin eh si penguji bilang.. oh No, in english! aaaa malu gw, dah lama nulis rupanya masih dalam bahasa inggris. Nulis ulang beberapa sekitar 4 aja dalam bahasa inggris. Ya gitulah

Selanjutnya kembali ditanyakan dalam bahasa indonesia, apa saya ada mengikuti perkembangan teknologi? ada jawab saya, ditanyalah tentang processor terbaru dari intel. Intinya saya jawab processor intel sekrang serinya udah 11 ribuan (sambil ragu), entah apa istilah namanya saya juga lupa. Lalu ditanyakan juga tentang processor AMD, saya cuma jawab ryzen. seri berapa? ga tau..mungkin 9 kayanya. jawab saya ragu.

Lalu kembali lagi ke penguji pertama, beliau menanyakan hal-hal dasar seputar jaringan. misal : untuk membangun suatu jaringan apa aja yang diperlukan. Lalu ditanyakan juga fungsi alat-alat seperti router, hub, switch, warna urutan kabel, dll. Penguji juga ada menannyakn kasus sehari-hari misalnya internet suatu pc bermasalah bagaimana menelusuri biang masalahnya. Lalu juga ditanyakan jika PC blue screen bagaimana penanganannya, ditanya kode-koder eror bluiescreen yang bikin saya geleng-geleng kepala.

Ohya ditengh-tengahnya juga ada ditanyakan tentang  algoritma, buatkan flowchart untuk kasus misalnya angka dimulai dari 2, terus bertambah 1, jika sudah sampai 9 maka berhenti. gitu2 deh..

Terasa banget, eh waktu hampir 30 menit dan mereka kaya habis bahan buat nanya ke saya, dan diujung dikatakan oke arif sudah selesai, perbanyak doa-doa aja, mohon maaf atas kesalahan-kesalahan .. lalu saya jawab, siap pak, terima kasih mohon maaf juga, Assalamualaikum

Kurang lebih itulah yang bisa saya ingat. Intinya, dari praktik kerja yang saya jalani banyak pertanyaan yang tidak bisa saya jawab dengan baik dan tidak ada karya yang bisa ditampilkan. Di akhir sesi seorang penguji juga mengatakan perbanyak doa ya. Saya anggap itu kode keras nilai saya keciiiil sekali.

dan selesailah proses ujian praktek SKB Formasi Pranata Komputer.

komentar