Setelah beberapa purnama Ujian CPNS terhenti karena corona, akhirnya di bulan september ini muncul angin segar tentang ujian SKB cpns akan dilanjutkan! yap di awal september  terbit pengumuman resmi bahwa ujian SKB cpns kemenag mulai dilaksanakan pada tanggal 14 September 2020. Tidak seperti SKB CPNS dibawah instansi pemerintahan yang lain, di mana ujian SKB nya berupa CAT alias jawab soal di depan komputer.. Ujian SKB kemenag terdiri dari 3 tahapan yaitu praktek kerja, psikotes dan wawancara. Saya mendapatkan jadwal tanggal 17 september untuk praktik kerja. 18 September Psikotes dan 20 September Wawancara.

Karena sedang masa pandemi korona, maka ujian kali ini menerapkan standar pencegahan covid di mana kriteria utamanya harus jaga jarak dan pakai masker. Tidak ada ada kerumunan, walau pada saat tes ada aja kerumunan karena daftar inilah itulah. Karena ramainya peserta, lokasi ujian disebar di banyak tempat. Saya mendapatkan titik lokasi di MAN 1 Banda Aceh. Sebagian lain di MTSN 1 banda Aceh. daerah lain pun terpecah-pecah lagi tempat seleksinya. kayanya berat banget operasional tes cpns kali ini, ada biaya pengawas, biaya infrastuktur dll.

Demi keamanan, penguji dan para pejuang cpns tidak dipertemukan/berhadapan langsung, ujian praktek dan wawancara dilakukan secara online menggunakan aplikasi yang lagi naik daun yaitu Zoom. Para peserta pun direkomendasikan menggunakan laptop pribadi dan internet pribadi untuk menghindari penggunaan PC milik ruang tes yang digunakan secara bersama-sama, intinya untuk meminimalisir penularan.

Singkat cerita beginilah pengalaman ikut ketiga ujian SKB CPNS Kemenag tersebut :

1. Praktik kerja

Untuk praktik kerja saya dapat jadwal pukul 10 dan saya berangkatnya sebelum pukul 8 dan sampainya pukul 8 lewat sedikit, karena ini hari pertama tes, saya beneran berangkat 2 jam sebelum ujian. Eh sampainya di sana tegang banget, udah gitu registrasi ulang cuma sebentar aja, sisanya duduk-duduk gabut, ngeliat orang yang diuji. ngeri dah pokonya. Berasa jadi sapi kurban yang ngeliat temannya disembelih. Makin duduk di situ makin tegang, tau gitu perginya telat-telat aja. hahahah

Tes praktik kerja ini paling menegangkan dari tes-tes lainnya, kenapa? selain karena ini tes pertama, juga saat itu saya sangat tidak percaya diri dengan kemampuan praktik seputar dunia komputer. Ngeblank banget pokoknya, udah gitu ga ada bocoran dari luar, saya cuma pasrah mengandalkan pengalaman kerja saya yang cuman di rumah aja ngeblog dan ngeyoutube. dan ternyata sesuai ekspektasi.. wkwkwk, saya berasa malu sendiri karena banyaknya ketidakmampuan mejawab apa yang ditanyakan penguji. Parah pokonya .. Selengkapnya tentang praktik kerja skb CPNS kemenang dapat dibaca di : Begini Ujin Praktik Kerja Pranata Komputer SKB KEMENAG (Belum dibuat)

2. Psikotes

Nah berbeda dengan tes praktik kerja dan wawancara, psikotes ini dilakukan secara serentak di seluruh indonesia, tepatnya pada hari jumat tanggal 18 September 2020 puul 7.30. Saya pun berangkatnya sekitar pukul 7 gitu. Karena cuaca pagi itu hujan. Ujian psikotes ini pseerta harus membawa laptop masing-masing dan menyiapkan quota internet sendiri atau bisa juga pakai wifi di sekolah. Sayangnya tes psikotes ini dikatakan gagal karena terjadi kekacauan yang begitu paaaraaah. Entah karena servernya tidak kuat atau ada masalah lain.. intinya peserta ga bisa konenterasi untuk jawab soal karena ada aja keluhan seperti di bawah ini

    • Inputan jawaban peserta tidak tersimpan
    • Setelah memilih jawaban namun ketika di cek ulang jawaban yang diisi tidak seseuai.
    • sebentar-bentar keluar server error, begituuuu terus samapi 2jam
    • waktu berjalan terus, tapi halaman ujian tidak bisa diisi, ga bisa next dan lainnya.
    • Waktunya ga jalan

Jadi gara-gara masalah itu, ujian yang harusnya selesai pada pukul 9.30, namun pukul 10 lewat pun belum selesai. Dan ujian kali ini juga yang paling santuy, karena saking bosannya nunggu loading, saya sempatkan diri selfie ditengah ujian, dan WA si doi. wkwkwkw Untuk kasus saya sendiri ALhamdulilah berhasil jawab semuanya, namun dengan keluhan sebagian jawaban yang saya pilih ternyata berbeda dengan yang tersimpan di server. Akhirnya saya pasrah dan keluar terus.

Awalnya saya senang-senang aja berhasil jawab semua dan sebagian saya yakin lumayan jawabannya, dan banyak peserta lain saya rasa gagal mengisi tes ini. Ternyata di sore harinya, muncul pemberitahuan ujian psikotes akan dilaksanaka ulang tanggal 3 Otkber 2020. AAaaaaaaa.. yasudahlah

3. Wawancara

Saya mendapatkan jadwal tes wawancara hari Ahad tanggal 20 September 2020 pukul 8.30, nah karena udah tau triknya ga harus pergi 2 jam sebelum ujian. Akhirnya Saya berangkat sekitar pukul setengah 8, Rencananya mau dengar-dengar kisi-kisi soal wawancara yang sudah saya download di youtube. Eh sekitar awal-awal pukul 8 ternyata pengawas dapat telepon dari penguji menanyakan apakah peserta selanjutnya udah siap untuk di wawancara terus? Oke saya jawab insya Allah siap. Jadi jadwal saya dipercepat 15 menit, dari yang seharusnya  pukul 8.30 menjadi pukul 8.15. Untuk pertanyaannya sih mirip mirip soal TKP, bedanya ga ada choice, alias ngarang sendiri. hahahah.. bahasa pertanyaannya tinggi banget beuuuh. Detail selengkapnya baca di : Soal-soal wawancara SKB Kemenag (Belum dibuat)

Itulah dia cerita saya mengikuti Ujian SKB CPNS Kemenag 2020. Jika ada hal yang ingin dibahas, silahkan tulis dikolom komentar. Terima kasihhh

Baca juga : Pengalaman Ikut Tes CPNS – Terhenti Karena Korona

 

komentar