Bagi saya, apa yang paling terkenal mengenai Kota Batam yaitu surganya barang-barang elektronik dengan harga yang murah. Hal tersebut bukan sekedar dongeng. Namun memang benar… Saya sudah beberapa kali transaksi berbagai jenis barang elektronik seperti HP, laptop, hardisk hingga PC hanya melalui chat di facebook. Memang penuh resiko terlebih banyak para penipu yang memanfaatkan ketenaran pasar bebas Batam sebagai modal untuk menjual barang murah. Namun Alhamdulillah selama aman-aman saja. Ada garis jelas antara pedagang yang menipu dengan pedagang yang jualan benaran. Tentu saja semua berkat Allah.

barang dari batam

Kiriman laptop

belanja dari batam

Kiriman All In One PC

Jadi pingin Belanja langsung ke Batam

Nah, selama ini saya cuma menjelajahi dan belanja pasar batam dari pedagang-pedagang di facebook, rasanya kurang puas, karena musti deg-degan nunggu kiriman barang yang sampainya bisa 1 minggu. Kalau bisa ke sana pasti asik, bisa pastikan sendiri kondisi barangnya, langsung dapat barangnya dan bebas ongkir. Apalagi setelah mendengar beberapa cerita penjual bukan cuma elektronik saja yang murah, ada barang lain misalnya saja tas-tas asli impor dari lur negeri. Ingin rasanya langsung ke sana buat shoping banyak barang, atau bahkan langsung ke singapura yang aksesnya sangat dekat dari Batam. Dari Aceh pun tiket pesawat ke Batam masih terjangkau, sebenarnya tinggal pesan tiket pesawat dan booking kamar saja. Namun saya belum begitu berani apalagi sendirian.

Memang Kebanyakan para pedagang di sana mendapatkan barang bekas dari singapore, jadi banyaknya yang seken, jarang dapat barang baru namun banyak barang yang seperti baru hehe. Akses dari Batam ke Singapura pun terlihat begitu mudah, saya sering memantau profil-profil pedagang tersebut di Facebook. Mereka sering mengupload foto perjalanan mereka dari Batam ke Singapore menggunakan kapal laut. bahkan pernah melihat seorang pedagang yang mengupload foto nya sedang berburu barang di Singapura.

Harga yang ditawarkan memang miring, jadi cocok untuk dijual kembali atau pakai sendiri. Sehingga banyak para pembeli di luar daerah Batam yang menjadi reseller di daerah masng-masing, dari pantauan saya kebanyakan orang Jawa (Mojokerto, Surabaya, Jakarta dll) serta kalimantan juga.

Ongkos Kirim Barang

Ada sebuah keunikan mengenai ongkos kirim, ternyata di Batam ada sebuah kebijakan tersendiri yang berbeda dari daerah lainnya sehingga membuat ongkos kirim barang dari Batam ke luar batang menjadi sangat mahal. Dari hasil chat dengan salah seorang penjual, katanya batam termasuk dalam Free Trade Zone, pokonya untuk setiap pengiriman keluar Batam ada pajak tambahan lagi. Jadi kesimpulan ongkos kirimnya seperti ini:

  • Kirim 1 unit Hp keluar batam 200 K pakai Tiki ONS, harga biasanya pukul rata ke seluruh Indonesia kecuali papua
  • Laptop 350 ribu Pakai POS dan 400 ribu pakai Tiki reg, setiap penjual bisa beda harganya
  • Kirim komputer (all in one PC 16 KG) kena ongkir 1,2 juta pakai TIKI ONS :0

belanja barang batam

belanja

Lalu bagaimana jika ambil langsung ke Batam?

Ternyata ada juga kebijakan lainnya yang membuat kita susah keluarin barang dari Batam, pengunjung  hanya diizinkan membawa pulang 3 barang elektonik, selebihnya akan dikenakan pajak. Waah repot juga ya, kalau dari saya dari Aceh ke Batam tiketnya mungkin engga begitu mahal, coba yang jauh dari jawa, pangandaran, sulawesi, kalimantan papua dll. pasti udah repot di ongkos pesawat.

Barang apa yang pertama kali saya beli ?

Transaksi pertama saya tidak berjalan mulus yang membuat saya hampir trauma, saya membei Xperia Z seharga 1,6 juta. beberapa hari setelah transfer barang saya tidak kunjung dikirim, ada banyak sekali alasan, namun dari profilnya memang jelas dia asli dan bukan penipu. Akhirnya sekian lama nyangkut uang saya dikembalikan, ternyata dia memang pedagang yang terkenal plinplan dan tidak cerdas, setelah mengembalikan uang, dia mengirim paket ke alamat saya, isinya 2 unit kotak, 1 kotak  iPhone 5S 32Gb dan 1 kotak Galaxy Note 3 Ingat ya kotaknya aja. Entah kenapa bisa separah itu. Setidak nya saya dapat kotak HP Fullset gratis. Walau nyaris trauma dengna pengalaman pertama saya tetap memberanikan diri mencoba belanja pada pedagang lain, Alhamdulillah kali ini lebih ramah, saya membeli Sony Xperia Z1 seharga 2.4 jt dan Alhamdulillah barang beneran dikirm dan sampai dengna baik. Nekat sekali bukan?

Transaksi terbesar saya yaitu membeli sebuah komputer seharga 5,7 juta. Namun pernah juga dalam sehari beli 4 laptop sekaligus mungkin sekitar 9 jutaan untuk dijual kembali di sini, laku 3 sisa 1 pakaisendiri. Selanjutnya saya main lambat saja beli satu jual satu. hehe hitung-hitung dapat uang jajan tambahan dengan modal nekat. Saat ini di bulan puasa saya pause aja dulu.. mungkin nanti sambung lagi.

Ya begitulah segilintir kisah saya belanja barang elektronik dengan nekat dari facebook tanpa menemui langsung penjual, bahkan tanpa menelpon, semua hanya dari chat facebook saja. Alhamdulillah aman.

Semoga nantinya planning saya ke Batam langsung bisa terlaksana ya..

komentar