Saya tinggal di sebuah kawasan yang listriknya belum begitu stabil, sehingga kadang-kadang terjadi pemadaman listrik. Ketika listrik padam maka padam lah semua perangkat elektronik termasuk modem indihome.

Tidak seperti laptop ataupun smartphone yang memiliki baterai, modem indihome ini tidak memiliki baterai untuk tetap menyala saat listrik padam. Internet yang berasal dari Telkom sebenarnya tetap hidup karena listrik disana tidak pernah padam. Jadi musti ada cara untuk hidupkan kembali modemnya.

Padahal kegiatan yang paling asik dilakukan saat mati lampu ya itu berleha-leha di atas kasur sambil memainkan smartphone yang terhubung dengan internet. kalau modem mati tidak ada internet T_T.

Adapun listrik yang dikonsumsi untuk menyalakan modem ini tidaklah besar. Bahkan lebuh kecil dari listrik yang digunakan untuk mengecas smartphone. Jika ngecas smartphone Samsung pakai kabel data biasa menggunakan daya 10 watt, maka untuk menyalakan modem indihome ini saya cek menghabiskan daya 6 watt saja. Kapasitas baterai untuk mempertahankan model ini tetap nyala seharusnya tidaklah besar.

baca juga : Tips Tetap Bisa Internetan Pakai Indihome Walau Listrik Padam

Untuk mengatasi masalah padam listrik ini saya mencoba mencari tahu apakah ada alat semacam powerbank untuk modem? Ternyata ada banyak.

Mulai dari yang tidak bermerek hingga bermerek terkenal. Saya sempatkan membeli dua jenis penyuplai daya/Power Bank Untuk Modem Indihome dan Finger Print Saat Padam Listrik (Mati Lampu). Yaitu :

  1. Prolink PDC12V Mini UPS
    Ini produknya bagus sih, cuma dayanya kecil. Hanya 2200 watt, alias 1 biji baterai 18650 merek samsung. Asiknya kita dapat mengganti baterai 18650 yang terbenam di dalamnya dengan mudah. Jadi tinggal nyetok baterai 18650 banyak-banyak aja. Tapi gara-gara ganti baterai ini saya dapat musibah.. saya iseng coba ganti baterainya dengan baterai 18650 merk china murah ga jelas, setelah  saya ganti baterainya.. tiba-tiba saat di cok dan hidupkan modem, UPS ini mengeluarkan bau yang menyengat dan terasa sangat panas. Akhirnya rusak deh sistem penyimpanannya.. Fungsinya sebagai adaptor masih bisa. Cuma ga bisa jadi UPS lagi.. kalau padam listrik maka padam pula modemnya.Dalam penggunaannya, Prolink PDC12V Mini UPS dapat memberi ketahanan kurang lebih 1 jam 50 menit saja untuk modem indihome. Kita bisa memperpanjangnya dengan ganti baterai lain jika daya sudah habis. Saat listrik nyala lagi, si baterai 18650 di dalamnya akan tercas lagi. Untuk harganya bervariasi, saya dulu membelinya sekitar Rp.325 ribuan. Dalam paket pembelian juga disertakan beberapa port yang dapat di sesuaikan sesuai kebutuhan.
  2. IBOS UPS DC PowerGarde ECO 8800
    Karena produk pertama sudah rusak dalam waktu singkat, saya beli produk baru yaitu IBOS UPS DC PowerGarde ECO 8800. Bentuknya lumayan besar dan daya simpannya cukup besar, 8800 mAh. Kalau saya perkirakan jelas ada 4 baterai 18650 di dalamnya. 1 baterai berdaya 2200 mAh.. cuma UPS ini ga bisa dibongkar seenaknya kaya yang prolink di atas. jadi baterainya tertanam di dalam dan sulit kalau mau ganti. Dalam penggunaan selama ini, saya belum pernah dapat siklus totalnya.. seingat saya terakhir kayanya bertahan 4 jam-an untuk menghidupkan modem indihome saat padam listrik. Itupun saya ragu apakah UPSnya dalam keadaan penuh atau tidak.
    Selain sebagai Ups, IBOS UPS DC PowerGarde ECO 8800 juga memiliki banyak kegunaan lain. alat ini juga mampu menjadi power bank untuk ngecas HP karena menyediakan slot USB. Kita juga bisa mengkonfigurasi output tegangannya, ada 5 volt (untuk ngecas hp) 7,5 volt dan 12 volt (untuk modem indihome). Kelebihan lainnya yaitu port colokannya ber mata dua, jadi bisa jadi nyuplai power untuk modem  dan fingerprint sekaligus.

Itulah sobat siahmad.com 2 UPS untuk modem yang pernah saya coba untuk modem, belum pernah coba untuk finger print sih. tapi seharusnya bisa hehe. Sementara sekian dulu berbagi pengalamannya, jika ada hal yang dirasa penting nanti akan saya update lagi.

Bagaimana menurut kalian? jika ada yang ingin ditanyakan silahkan layangkan di kolom komentar ya ^_^ terima kasih.

* Sebagian artikel ini dibuat melalui speech to text

komentar