Persaingan jasa kurir antar belanja online semaaaakin berat. Jika dulunya saya cuma kenal POS, JNE, TIKI, kini ada beegitu banyak jasa pengiriman yang bisa kita pilih.  Entah kenapa pada banyak yang bikin jasa antar barang, emang banyak ya untungnya? kayanya iya sih. Padahal kalau dipikir-pikir kayanya capek..modalnya besar, tanggung jawabnya besar, musti punya kantor di setiap provinsi, kota. Punya kurir yang antar ke rumah dan proses rumit lainnya. Konsumen seperti saya enjoy aja terima barang.

baca juga : Apakah J&T Antar Barang Ke Pelanggan Di Hari Minggu dan Libur ?

Kali ini saya fokus aja kurir yang tidak saya ketahui entah sejak kapan munculnya, tanpa iklan dan tanpa ada launching wow meriah seperti j&t yang sempat saya ketahui. Tiba-tiba ketika belanja shopee ada pilihan pengantaran menggunakan IDExpress. Kirain ini kurir lokal daerah jawa aja, Alhamdulillah ternyata menjangkau seluruh indonesia. Nah adi artikel ini saya mau ulas sedikit tentang kurir ini sesuai pengalmaan yang setelah belanja beberapa kali menggunakan kurir idexpress?

Pengalaman Menggunakan Kurir IDEXpress per tanggal 19 Oktober 2020

Jadi saya sebenarnya lupa sejak kapan pertama kali menggunakan kurir ini, yang jelas saya pakai kurir ini karena waktu itu ongkirnya paling murah ketimbang kurir lainnya. Sehingga seluruh ongkir tertutupi dengan voucher free ongkir. Soalnya ke daerah pelosok Aceh sini ongkos kirimnya diatas 40 ribu, sehingga tidak terpootng sepenuhnya dengan vouher shopee. Tetapi saya heran kenapa kurir ini bisa memberikan ongkir di bawah 40 ribu. Hingga akirnya saya menemukan jawabnya di postingan ini :

Ternyata kurir ini ada paket harga untuk kiriman setengah kilo, jadi saya rasa ini alasan kenapa belanjaan2 kecil jadi lebih murah pakai idexpress. BTW saya kesal banget sama shopee karena tidak menampilkan berat barang. Sehingga tidak tau berapa gram barang yang saya beli (Baca :Kenapa Shopee Tidak Menampilkan Berat Barang ? Please Jawab!). Karena ada kasus saya temukan ongkir barang idexpress sama sperti kurir lainnya (Rp44,000) ke banda Aceh. Jadi kurir ini cocok skelai dpakai sat belanja free ongkir tanpa minimal belanja, jajan aja yang kecil-kecil kan. hehe. Lalu bagaimana untuk kecepatan, hari kerja dan kualitas pengiriman? cek poin selanjutnya..

Kecepatan Pengiriman IDEXPRESS Dari Pulau JAWA ke Banda Aceh

Untuk ekcepatan pengirima menurut saya sudah standar miripmirip dengan kurir lainnya. Walau terkadang lama kali dan fluktuatif pernah 9 hari, pernah juga 2 hari. Banyak faktor tergantung keberangkatan pesawat, jam pesawat tiba di kota tujuan, dan faktor lainnya. Berikut beberapa screeenshot pengiriman barang menggunakan idExpress. Alhamdulilah saya orang yang bersabar menanti paket.

Gmana? terlalu fluktuatif ya. Saya juga biugng menyimpulkan kekonsistenannya. Gmana kalau kurir ID Express daerah kalian??

Apakah ID EXPRESS Antar barang hari minggu dan libur?

Biasa ini yang banyak ditanyakan. Apakah ID Express tetap antar barang di hari minggu/ahad atau hari libur lainnya? Sejauh pengalaman saya beberapa kali belanja menggunakan idexpress, Sudah terbukti mereka mengantar barang di hari minggu. Tapi saya tidak tau apakah kebijakan ini seluruh indonesia atau cuma Aceh saja. Coba kaliana share pengalaman kalian di kolom komentar di bawah gmana idexress di sana?? Berikut screenshot jika kurir ID EXpress tetap kirim hari minggu.

baca juga : Kurir JNE Banda Aceh MENGECEWAKAN, Ga Antar Barang dan Seenaknya Bikin Status Force Majeure

Kualitas pengantaran

ah gmana kemasan, pengantaran dari idexpress? Sejauh ini semua baik-baik saja, saya belum menemukan kejanggalan. Namun jika kita buka facebook idexpress di sini (IDEXPRESS INDONESIA), di sana akan banyak dijumpai komentar-komentar keluhan dan protes. Ada kejadian hilang barang, salah alamat, dan lain sebagainya.

Demikianlah guys cerita singkat pengalaman saya menggunakan jasa kurir IDExpress, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar. terima kasih

komentar