Semenjak adanya program gratis ongkir dari tokopedia, saya jadi terus-terusan menggunakan jasa pengiriman sicepat. Terutama di bulan maret ini, Hampir setiap hari saya belanja di tokopedia menggunakan kurir ini. Soalnya ongkos kirim yang ditanggung lumayan besar, mencapai 40 ribu rupiah, rata-rata saya cuma perlu menanggung ongkir sebesar 10 ribu rupiah untuk barang yang saya beli dari sebagaian barat wilayah pulau jawa seperti jabodetabek, dan sisi barat seperti bandung. Atau untuk penerbangan langsung ke banda aceh tanpa transit, kalau sudah ada transit seperti dari kalimantan, jawa timur, dll biaya pengiriman cukup mahal.

Berikut saya berikan review kurir sicepat berdasarkan pengalam saya menggunakan kurir sicepat.

Biaya

Per-bulan Maret 2020, Dari yang saya bandingkan di marketplace saat pembelian. Sicepat ini menjadi kurir yang paling mahal ongkos kirimnya. Dari jakarta ke banda aceh misalnya, ongkos kirimnya mencapai 50 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan kurir lain seperti JNE, J&T, POS, TIKI dan lain-lain masih di bawah 50 ribu, kisaran 45 Rib per kilogram. Namun karena ada kerja sama sicepat dan tokopedia, mereka menanggung ongkir hingga 40 ribu rupiah, saya tinggal tambah 10 ribu lagi.

Baca juga : Habis Free Ongkir Shopee, Terbitlah Tokopedia, Hingga 40 Ribu!

Untuk tarif sendiri bisa saja terjadi perubahan, yang jelas saat artikel ini ditulis, sicepat masih menjadi yang paling mahal. Semoga kedepannya mau nurunin harga sehingga semua tercover di tokopedia. hehe.

Kecepatan pengiriman

Berdasarkan estimasi yang ditawarkan di marketplace tokopedia, sicepat ini termasuk dalam range 2-4 hari sampai. Namun apakah benar sicepat dapat mengantarkan barang sesuai estimasi yang ditargetkan ? berikut saya screenshot beberapa jejak pengiriman dari tanggal kirim hingga saya terima.

Sampai dalam 3 Hari

Sampai dalam 3 Hari

Sampai dalam 3 Hari

Sampai dalam 3 Hari

Sampai dalam 3 Hari

Sampai dalam 4 Hari

Nah dari screen shot di atas terlihat sicepat bisa berkomitmen mengantarkan barang sampai dalam 3 hari, walau hanya ada sehari sampai 4 hari apakah karena hari minggu, atau kurirnya yang tidak antar.

Baca juga : Apakah JNE Kirim Barang Hari Minggu?

Kualitas Kurir

Nah untuk yang satu ini tentu bisa berbeda di tiap-tiap daerah dan personal si kurirnya. Namun tetap saja kualitas kurirnya bergantung seberapa kuat penanaman mindset dari si perusahaan. Tapi kalau di Indonesia masih terlalu beragam ya. Untuk daerah saya, di awal-awal dapat kiriman si kurir nelpon untuk bertanya alamat rumah. Keesokan harinya ketika hendak mengantar lagi, ternyata bukan kurir yang kemarin mengantar, alias kurir lain lagi. Sehingga menelepon saya lagi untuk bertnaya posisi rumah. Hari-hari berikutnya Alhamdulilah barang diantar oleh kurir yang sudah pernah antar sehingga udah tau alamat rumahnya.

Sebenarnya ini poin yang buruk jika masih merepotkan pelanggan menjelaskan alamat rumah, kalau sekali aja sih oke-oke aja. Harusnya Sicepat mengutus kurir yang sama untuk alamat rumah yang sudah pernah dikirim. Rasanya tak nyaman saja berkali-kali menjelaskan alamat rumah. Kurir yang telepon pun mereka yang belum ke lokasi, alias perisapan saja kalau tidak tau alamat rumah.

Apakah Sicepat Antar barang pada hari minggu atau libur ?

Nah untuk yang satu ini, saya ada pengalaman di mana barang sudah sampai di banda aceh pada hari ahad. Status kiriman pun barang sedang dibawa oleh sigesit… Dari sini saya sudah yakin ternyata sicepat juga kirim di hari minggu. Namun fakta yang terjadi, sampai malam pun status kiriman tetap seang diantara, dan keesokan harinya atau di hari senin, status barang menjadi antar ulang. Sampai di sini saya tidak tahu apakah bisa menyimpulkan baang dikirim hari minggu atau tidak. Secara status di pelacakan barang sedang diantar, tetap fakta di lapang barang tidak sampai.

Sampai dalam 4 Hari

baca juga : Apakah J&T Antar Barang Ke Pelanggan Di Hari Minggu dan Libur ?

Kalau hari libur yang bukan hari minggu kebetulan saya belum dapat kasus, walau sudah banyak order tapi di bulan maret ini ga ada tanggal merah ya. Sehingga tidak sempat mencicipi pengalaman barang sampai atau tidak di hari libur. Insya Allah nanti kalau ada kejadiannya akan saya update lagi.

Update 7 Mei 2020 Guys

dari sekian banyak order pakai Sicepat belum pernah sekalipun dapat kiriman hari libur atau minggu. Apalagi sejak pemberlakukan PSBB ini, semakin lambat kirimannya. Tapi saya berusan dapat semacam brosur dari storynya sicepat di facebook. Seperti ini : silahkan teman-teman share bagaimana pengalamannya, apakah memang tetap antar hari libur ?

Update 10 MEI 2020 – SICEPAT REG ANTAR Barang Hari Minggu

Oke guys, sekian berbagi pengalaman saya selama menggunakan jasa antar sicepat, sayangnya pengalaman diatas berdasarkan pengalamn yang terjadi seara simultan setiap hari, saya belum dapat membandingkan kualitas pelayanannya dari yang lama sampai yang baru. Insya Allah nanti kalau ada perubahan atau update-update akan saya perbaharui lagi. Sekian tulisan kali ini semoga ada manfaatnya. Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih guys.

 

komentar