Kompor Listrik Maspion S-300 tergolong Kompor Listrik  sederhana dan harganya juga terjangkau sehingga cocok untuk pemula. Kompor ini saya beli seharga 130 ribu di shopee dengan alamat toko di medan. Kompor ini memiliki 2 plihan daya/kekuatan panas. Yaitu panas 300 watt dan 600 watt. Pilihannya termasuk sederhana karena ada banyak kompor listrik lain yang lebih canggih dan banyak pilihannya/costumize saat memasak dan tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Untuk menghidupkannya cukup dengan menyambungkan coknya ke listrik dan tinggal putar knop-nya ke daya yang diinginkan dan kompor ini secara perlahan mulai panas, cukup simple. Jadi karena simpel ini kompor listrik memiliki keunggulan tidak menimbulkan efek berserakan sebagaimana kompor minyak dan kompor gas.

Kompor Listrik Maspion S-300 ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dari awal menghidupkan untuk mencapai suhu puncaknya. Ketika awal hidupkan memang langsung terasa hangat, tapi efeknya ke panci cukup lama, apalagi untuk daya 300 watt, panasnya lemah sekali, saya biasa langsung loncat ke 600 watt, Ketika memasak memang sebaiknya hidupkan aja kompornya di awal-awal lalu biarkan saja, karena waktu yang diperlukan bisa mencapai 5-10 menit. lumayan lama ya..

Hal yang sering saya lakukan dengan kompor ini yaitu menggoreng tempe, telur, dan membuat nasi goreng. Hanya hal-hal sederhana, maklum untuk kebutuhan makan utama saya ke tempa orang tua hehe.

Sejauh ini lumayan memudahkan dari jaman sebelum memiliki kompor. Setidaknya bertambah alat baru untuk melampiaskan kebosanan. level Paling tinggi yang pernah saya lakukan dengan kompor ini yaitu memanaskan kuah belangong hingga mendidih. Pokoknya bisalah sampai mendidih walau perlu waktu yang lumayan lama. Lebih lama dari kompor gas dan kompor minyak yang wajannya langsung kena api.

Walau membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasak dibandingkan kompor gas, kompor listrik ini pun memiliki waktu hilang panas yang lumayan lama. Jadi setelah kompor listriknya dimatikan, panas yang dihasilkan tidak seketika hilang. Namun bertahan beberapa waktu hingga 15-30 menit baru benar-benar hilang. Sehingga tidak boleh membiarkan gorengan atau masakan yang sudah pas matang di atas kompor, karena panasnya lama hilang bisa aja masakan yang tetap dbiarkan di atas kompor bisa kelewat masak.

Bara panas yang dihasilkan lumayan unik, karena ada semacam batu putih yang melingkar akan menyala membara seperti api ketika sudah panas. hawa panasnya sangat terasa, kayanya cocok juga dijadikan penghangat di musim dingin.

Untuk peletakan wajannya, terdapat 3 mode yang dapat diubah saat akan masak, ada mode paling dekat dengan bara api, lalu dapat juga dinaikkan setingkat sehingga tidak terlalu rapat dan ada mode yang paling jauh dari bara api .

 

Jadi ukuran pantat wajannya dapat disesuaikan dengan tingkat besi plat kompor gas. Itu menjadi salah satu keunggulan kompor ini, dimana kita tetap bisa menggunakan wajan parabola. Tidak seperti kompor listik konveksi yang hanya bisa menggunakan wajan datar saja.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang saya rasakan selama menggunakan kompor ini

Kelebihan Kompor Listrik Maspion S-300

  • Bisa menggunakan berbagai jenis wajan tidak musti yang alasnya datar
  • Panasnya lama hilang
  • Tidak berserakan, mudah dibersihkan
  • Ukuran kecil sehingga mudah dibawa dan dipindahkan
  • Tidak repot memikirkan kehabisan gas atau minyak

Kekurangan Kompor Listrik Maspion S-300

  • Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai panas maksimal dibandingkan dengan kompor minyak dan gas
  • Kapasitas kemampuan kecil, tampaknya kurang mampu untuk memasak makanan yang bervolume besar seperti rebus lontong atau masak kuah besar.
  • Berdampak pada naiknya tagihan listrik.
  • Tidak bisa masak jika listrik padam.
  • 600 WATT Terlalu panas untuk dibiarkan lama-lama ketika menggoreng, sayangnya tidak ada alternatif turun ke 500 atau 400 watt. sehingga kalau langsung dikurangin ke 300 watt panasnya minyaknya jadi ga pas. (susah seibangin panas)
  • dan lainnya akan diupdate

baca juga : Review : Pengalaman Menggunakan UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts

Saya rasa itu saja yang dapat saya ceritakan, jikalau ada hal yang ingin di tanyakan silahkan dilayangkan dikolom komentar. terima kasih

komentar