Halo Guys, kali ini saya siahmad.com akan sharing pengalaman setelah pembelian 1 unit kulkas LG 2 Pintu – Inverter GN-B185SQBB. Di iklim tropis yang lembap dan panas seperti di Indonesia ini menjadikan kulkas sebagai kebutuhan penting untuk setiap rumah. Termasuk saya yang selama ini tinggal sendirian di rumah. Saya membutuhkan kulkas untuk menyimpan buah-buahan dan mengawetkan makanan yang masih dapat ditunda untuk dikonsumsi sehingga menghindari makan berlebihan dan menghindari mubazir.

Nah, pilihan saya jatuh ke kulkas LG karena tertarik dengan kompresornya yang inverter. Sebelumnya saya sudah menggunakan AC sharp (baca : Review AC Sharp AH-A5UCY) yang kompresornya masih konvensional dimana terus-terusan bekerja menggunakan watt yang sama. Namun dengan teknologi inverter penggunaan listrik bisa lebih hemat karena menyseuaikan dengan kondisi si kulkas. 

Sejauh ini penggunaan selama sebulanan, saya puas-puas saja dengna kinerja kulkas ini. Berikut ini beberapa poin review yang dapat saya jelaskan. 

Alasan kenapa saya akhirnya pilih kulkas ini :

Jadi gini guys, saya kan tinggalnya di banda aceh. Di sini.. pilihan produk tidak banyak seperti di kota-kota besar jakarta. Jadi sebelum ke toko, saya sempatkan diri mencari tau kulkas apa yang ramai orang beli atau pakai. Karena yang banyak dipakai Insya Allah bakalan ada juga di provinsi terujung ini. Nah saya temukan di situs jd.id, kulkas ini termasuk yang cukup ramai orang beli.. termasuk top terlaris deh pokonya, yang artinya orang suka dengan kulkas ini. Semakin banyak yang beli semakin mudah pula kedepannya kalau terjadi masalah. Seperti pilihan mobil avanza, semain bayak yang pakai semakin banyak teknisi yang kuasai barang ini.  Pilihannya saat itu ada sharp dan LG, jadi sesampainya di toko saya jadi suka sama LG, baik dari segi desain dan fiturnya. Ibu saya dan orang toko merekomendasikan sharp. Namun akhirnya sekarang terbukti ini pilihan yang tepat. Karena kulkas LG di rumah orang tua saya sudah rusak dan akhirnya beli kulkas LG ini juga.  

Yang disukai ketika hendak beli

Hal yang saya sukai ketika akan membeli kulkas ini yaitu karena desainnya yang lebih bagus dari punya sharp (yang bunga-bunga). Walau sharp lebih besar dan murah dari LG. Saya juga tertarik dengan teknologi inverternya. Apalagi pihak LG berani tempel sticker garansi kompresor hingga 10 tahun. Artinya kulkas ini mereka buat dengan kompresor yang awet dan tahan lama sampai-sampai berani di garansikan 10 tahun. Selain dari itu saya tidak begitu tau daya tarik lain dari kulkas ini.

Kesan pertama sesudah membeli

Kesan pertamanya ya.. hmm saya terpesona dengan suara mesin kompresornya tidak bising seperti kulkas-kulkas yang pernah saya lihat dulu-dulu. Kemudian lampunya warna putih di mana lebih modern (maklum ya..sebelumnya saya tidak punya kulkas, kecuali kulkas di rumah orang tua). Untuk dinginnya ya standar lah.. saya setel ukuran pertengah juga beku tu air dalam freezer.

Apa saja yang didapatkan :

  1. unit kulkasnya
  2. 1 Unit ice tray
  3. buku panduan
  4. kartu garansi
  5. dah itu doang.. apakah kardus, gabus plastik bisa saya masukkan sebagai barang yang didapatkan?

Spesifikasi Kulkas LG Kulkas 2 Pintu [202 L] GN-B185SQBB – dark graphite steel

  • Dimensi: 55.5 x 140 x 58.5 cm
  • Kapasitas: 202 L/ 187 L
  • Input daya: 70 W
  • Finishing: Dark Graphite Steel
  • Material rak bagian dalam: Tempered glass
  • Fitur Smart Inverter Compressor
  • Fitur Direct Cooling
  • Fitur General Ice Tray
  • Fitur Adjustable Door Shelf
  • Fitur Inverter Compresor 

Kelebihan Review Kulkas LG 2 Pintu – Inverter GN-B185SQBB

  • Penggunaan listrik yang hemat (Watt ringan).
    Dalam sebuah pengujian yang saya lakukan menggunakan alat pengukur watt. saya dapati penggunaan listrik oleh kulkas ini bervariasi. Mulai dari 20 watt hingga 70 watt tergantung kinerja kompresor. Ini lah yang saya sukai dari teknologi kompresor inverter. Teknologi ini bekerja sesuai kebutuhan saja, lain halnya dengan kompresor konvensional yang ketika aktif akan bekerja secara konstan.  
  • Garansi kompresor 10 tahun.
    LG berani menggaransikan 10 tahun untuk kompresornya, walaupun mungkin di tahun ke 9 atau 10 awal kita ragu mengklaim garansi, tapi saya salut saja dengan LG.
  • Tidak perlu tampungan air.
    Jika kulkas dulu-dulu yang saya ketahui selalu ada tempat menampung air, kulkas LG ini katanya sih tidak bakalan ada air yang tergenang. Penggunaan selama beberapa bulan ini sih memang tidak saya temukan ada air tergenang di belakang kulkas. 
  • kapasitas penyimpanan buah sayur lumayan lega.
    Kulkas ini memberikan kapasitas penyimpanan sayur dan buah yang lebih lega dengan mengorbankan rak tempat simpan air di bagian pintu. Sehingga menjadi kekurangan kulkas ini.
  • Kaki-kakinya bisa di adjust/sesuaikan. 
    Jika lantai rumah anda tidak rata, kulkas LG ini membrikan kaki yang bisa di sesuaikan ketinggian dan kemiringannya. Sehingga tidak masalah dengan lantai yang tidak rata seperti lantai keramki rumah saya, yang keramiknya saya pasang sendiri. hahaha (baca : Pengalaman Pasang keramik rumah )
  • Di halaman produk kulkas di situs jd id tertera teks ini : LG menghadirkan kulkas berkapasitas besar yang dilengkapi dengan beragam fitur teknologi terkini. Kulkas 2 pintu ini dilengkapi terhubung dengan aplikasi Smart Diagnosis untuk membantu mendiagnosis masalah pada kulkas. Dengan teknologi Moist Balance Crisper membantu menguapkan sisa air dari makanan untuk membentuk embun pada molekul makanan, sehingga menjaga keseimbangan embun dalam kotak. Selain itu, bagian rak dalam kulkas ini berlapiskan tempered glass yang kokoh yang menahan beban hingga 150 kg untuk kebutuhan makan dan minuman rumah Anda.

Kekurangan Review Kulkas LG 2 Pintu – Inverter GN-B185SQBB

  • Pemangkasan area penyimpanan di bagian pintu.
    Tempat penyimpanan bagian dinding pintu dipangkas karena spacenya dipakai untuk penyimpana sayur dan buah. Jadi kita bakal kesulitan menyimpang botol air/sirup yang harus ditegakkan. Adanya cuma di rak pinti tingkat kedua. Jadi sangat terbatas dalam penyimpanan botol wadah tinggi.
  • Sulit membuka tempat penyimpanan sayur/buah karena harus membuka semua pintu.
  • * Akan diupdate lagi kalau ada 

 

Kulkas lg 2 pintu berapa watt ?

Nah berhubung saya memiliki alat untuk mengukur penggunaan listrik atau watt pada suatu elektronik, jadi saya coba pasang alat ini pada kulkas LG 2 pintu ini. Hasilnya pemakain listrik seperti ini :

  • Ketika kompresor nyala kecil : 40 – 50 Watt (sering)
  • Ketika kompresor nyala berat : 70 watt (jarang))
  • Ketika kompresor mati : 0 watt
  • Ketika buka pintu kulkas tapi kompresor mati : 14 – 20 watt.

Demikianlah guys kesimpulan review Kulkas LG 2 Pintu – Inverter GN-B185SQBB yang bisa saya buat kali ini. Jika kalian menggunakan tipe yang lebih besar (1 LG Kulkas 2 Pintu [225 L] GN-B200SQBB), seharusnya penggunaan listriknya sama saja, cuma kapasitasnya yang lebih besar. Karena di spesifikasinya tertera listrik yang digunakan hanyalah 70 watt. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ..

Kata kunci : harga kulkas lg 2 pintu termurah, kulkas lg 2 pintu inverter linear, kulkas lg 2 pintu berapa watt

komentar