Saya tinggal di banda aceh, kota ini sering mati lampu ( saat saya tulis artikel ini agustus 2017 sering mati lampu). Saya juga seorang pengguna all in one pc, di mana pc ini tidak punya baterai cadangan seperti laptop, sehingga jika mati lampu maka akan padam seketika.

Di karena kondisi seperti ini, terciptalah sebuah kebutuhan baru untuk menyuplai listrik cadangan sementara agar sempat menyimpan data dan mematikan komputer dengan aman. Alat yang sesuai untuk kasus ini adalah UPS atau Uninterruptible Power Supply.

Pilihan saya jatuh pada UPS APC BX650LI-MS 650 VA/325 Watts.  Alasan saya membeli UPS in karena inilah yang ada dan terjangkau saat itu, tentu ada yang lebih murah namun melihat merek dan service yang tidak baik membuat saya berpaling.

UPS AVC ini buatan Jerman, dan berani menggaransikan alatnya selama 2 tahun. Artinya ini bukan UPS sembarangan, kerena berani memberikan masa pakai bagus dalam jangka waktu yang lama yaitu 2 tahun, jika bermasalah akan diperbaiki atau diganti.

Sebagai Gambaran, berikut spesifikasi teknis UPS APC by Schneider electric 650 VA/325 Watts

  • kapasitas output : 650 VA / 325 Watts
  • Output baterai : 230 V, 50/60 Hz+-1 Hz
  • Input power : 230 V nominal, 50/60Hz (auto sensing)
  • Automatic Voltage Regulation : Boosts low voltages up to 18%, trims high voltages by 15% (kalau saya ga salah nangkap, ini maksudnya si UPS juga mampu menaikkan tegangan rendah paling tinggi sebesar 18%, dan mampu menstabilkan atau mengurangi tegangan tinggi sebesar 15%)
  • Waktu pengecasan baterai : 4 – 6 Jam
  • Dimensi ukuran : 30 x 10.1 x 14.2 cm
  • berat : 4.4 kg

Review UPS APC 650 VA/325W (penggunaan selama 1 tahun)

UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts

UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts

Sejauh ini saya sudah menggunakann kurang lebih selama 1 tahun 3 bulan (pembelian mei 2016). Jadi saya beranikan diri menulis review saya tentang UPS APC ini.

UPS ini saya gunakan untuk memback up lsitrik sebuah All In On PC merk lenovo dengan beban mungkin sekitar 100 watt-an. Sebelumnya saya sempat gunakan untuk memback up 2 unit All In One PC, lenovo PC dan iMac. UPS ini hanya menyediakan 2 outlet colokan cok.

Ketika baterai dalam keadaan penuh, Alhamdulillah UPS ini mampu membackup kedua PC sehingga sempat mematikan kedua PC dengan sempurna. Apalagi sekarang hanya menggunakan satu PC. Sejauh ini untuk membackup listrik ketika mati lampu aman-aman saja.

Pernah ada kejadian yang mengharuskan saya terus membiarkan UPS hidup saat padam listrik untuk menyuplai listrik AIO PC, sayangnya saya tidak mencatat berapa lama ia bertahan, jika tidak salah ingat ya..mampu mensuplai di atas 15 menit. Di kotak pembelian ada dijelaskan berapa lama UPS ini mampu bertahan dari berapa besar watt yang digunakan. Berikut :

UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts

Pernah juga saya kusus menghidupkan AIO PC dalam keadaan mati lampu untuk mencopy film dari hardisk eksternal ke smartphone, Alhamdulillah UPS ini mampu. Sejauh ini selama menggunakan 1 tahun lebih, saya belum merasakan penurunan daya yang berarti. Namun dalam penjelasan di buku manual, baterai UPS ini biasanya bertahan selama 4-5 tahun saja. Selebihnya baiknya diganti.

Kini saya penasaran untuk menjadikan UPS ini membackup Modem indihome, kira-kira tahan berapa lama ya?

baca juga : Tips Tetap Bisa Internetan Pakai Indihome Walau Listrik Padam

Kelebihan UPS APC BX650LI-MS 550 va/325 watt

  • Punya AVR (Automatic Voltage Regulation alias Stabilizer) UPS juga mampu menaikkan tegangan rendah paling tinggi sebesar 18%, dan mampu menstabilkan atau mengurangi tegangan tinggi sebesar 15%)
  • Punya 2 lubang colok an
  • SupportAPCRBC110, APC Replacement Battery Cartridge
  • Garansi 2 Tahun

Kekurangan UPS APC BX650LI-MS

  • Kalau mau ganti baterainya ga tau bawa ke mana.. lokasi service centernya terbatas. apalagi pelosok aceh gini, mau bawa ke mana ya?

Sekian tulisan singkat Pengalaman Menggunakan UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts, semoga bermanfaat. Mohon maaf, jika ada yang salah dalam penyebutan istilah, mohon kiranya diberi masukan di kolom komentar

komentar