Assalamaalaikum guys, gmana kabarnya? semoga para penonton video ini dilimpahkan rahmat nikmat sehat jasmani dan rohani serta rezeki yang melimpah dari Allah swt. di Video kali ini saya akan bahas secara singkat review pribadi saya setelah menggunnakan smartwatch Amazfit Pace setelah beberapa bulan. Walau sudah pakai lama, namun saya sangat jarang menggunakannya.. kenapa ? simak saja

Jadi guys, jam tangan ini memang khusus untuk mereka yang suka olahraga dan ingin mengetrack atau mendokumentasikan riwayat olahraganya. Walau belum semua olahraga didikukung namun beberapa olahraga mainstream sudah diakomodasi oleh jam tangan ini. Diantaranya : Lari, jalan, outdoor cycling, treadmill, indoor cycling, eliptical, climbing, trail run, skiing, tennis, dan bola kaki.

Sekarang kita coba bahas beberapa poin detail dari Smartwatch Amazfit Pace :

  1. Desain
    Kalau untuk fashion, Amazfit Pace ini tergolong biasa aja. Menurut saya tidak ada kesan eklusif atau apalah. Cocok bagi anak muda yang memiliki semangat tinggi dalam menjalankan berbagai aktivitas, termasuk berolahraga.Tampilannya sederhana hanya lingkaran hitam saja dan dipercantik dengan strap hitam merah. layarnya tidak full lingkaran, dibagian bawah ada batasan lurus seperti yang terlihat di video. Lalu ukuran layanya 1,34 inci beresolusi 320 x 300 piksel untuk memudahkan navigasi menggunakan sentuhan. Layarnya telah didukung fitur always-on transflective color, di mana ketika mendapat cahaya matahari maka tampilan layar terlihat sangat jelas, lebih bagus ketimbang tampilan layar di tempat gelap yang memakai penerangan dari backlight si jam.Kalau alam keadaan gelap, kita musti menghidupkan backlight untuk dapat melihat layar. Kita bisa mengaktifkan fitur raise to light up agar otomatis ketika menghadapkan jam ke wajah, maka backlight jam hidup secara otomatis. Jam ini memiliki 5 tingka kecerahan backlight, dan saya menggunakan yang auto. Menurut saya backlight jam ini tidak bagus, berasa jadul gitu. Tidak seperti layar amoled yang memberikan kesan bersih dan enak dipandang.
  2. Watch Face
    Bawaan watch facenya hanya belasan saja. Namun kita bisa download sampai ratusan watchface biar ga bosen..cukup cari aja di google atau playstore skin wathcface lainnya. informasi yang bisa ditampilkan di layar utama jam juga lumayan banyak. Ada model analog atau digital, cuaca, ketinggian, langkah kaki, kondisi baterai, detak jantung, jarak tempuh, hari dan tanggal, dll.
  3. Fitur
    Beberapa fitur lain yang disediakan di jam ini misalnya activities (untuk melihat riwayat aktivitas , weather forecast (prakiraan cuasa), langkah kaki, heart rate (mengukur detak jantung), music (mp3 player yang dapat dihubungkan dengan bluetooth headset), Alarm untuk setel bangun sahur, compass untuk cari kiblat, stop watch dan sleep untuk melihat aktivitas tidur kita.
  4. Rekam Segala Aktivitas dan Olahraga dengan Maksimal dan penuh kepalsuanXiaomi Amazfit Pace dilengkapi dengan global positioning system (GPS) yang terpasang secara built-in, serta sederet sensor lengkap seperti sensor detak jantung dan lainnya untuk memantau segala aktivitas yang kamu lakukan setiap hari. Semua kegiatan indoor maupun outdoor seperti jogging, berlari, bersepeda, dan sebagainya akan dicatat dan dapat disinkronkan datanya ke aplikasi amazfit atau aplikasi smartwatch lainnya di hape kamu.Jam tangan pintar ini juga dapat mencatat lamanya kamu berolahraga, berapa kalori yang dibakar, kecepatan berlari atau berpindah tempat, detak jantung, jarak yang kamu tempuh, ketinggian, dan jam kamu tidur. Namun sayangnya tidak akurat.Dari pengalaman saya, ada beberapa kejanggalan yang membuat saya sadar data yang dihasilkan tidaklah akurat perhitungannya. Misalnya saja untuk mengukur langkah kaki. Saya pernah sambil berdiri lalu menggoyangkan tangan seperti orang yang jalan kaki, namun jam ini mencata sebagai aktivitas berjalan dan menghitung langkah kakinya. Kan tidak akurat jadinya di mana jumlah langkah kaki yang kita harapka ternyata bercampur dengan jumlah ayunan tangan kita ketika berjalan. Memang sih rumit sekali jamnya pasang di tangan, yang dihitung gerak kaki. Ya diakali saja dengan hitung ayunan tangan. Saya metode ini juga dipakai di smartwatch lainnya..Untuk tidur juga, tidur yang sebenarnya diukur dari aktivitas gelombang otak. Namun jam tangan ini menghitungnya dari seberapa lama kamu tidak bergerak. Alias jam tidur dihitung ketika tangan kamu tidak bergerak-gerak dalam keadaan berbaring. dan dianggap gangguan tidur kalau tangan kamu bergerak.

    Ini hanya beberapa mekanisme pengumpulan data yang saya sadari, belum lagi gimana jam ini hitung kalori olahraga sepedaan, jogging, dll. Saya jadi kurang percaya dengan data yang dikumpulkan oleh jam ini dan jarang mensinkronkan riwayat olahraga ke hape, akhirnya cenderung pakai sebagai jam tangan untuk melihat jam saja. Paling saya suka dengan data gps nya saja untuk melihat jalur sepedaan.

  5. Daya tahan baterai dan tahan air.Soal daya tahan, Xiaomi Amazfit Pace mampu digunakan leih kurang sekitar 5 hari. Selain itu, jam tangan pintar ini juga telah dilengkapi dengan fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP67, sehingga membuat kamu tak perlu khawatir soal cuaca dan membawanya untuk kegiatan di luar ruang atau untuk berwudu. tapi tetap saja kalau berwudhu saya lepas karena ga nyaman aja ada air di sela-sela bawah jam, takutnya jadi gatal-gatal.Dengan harga terjangkau, yakni hanya Rp 1,6 jutaan, smartwatch Xiaomi Amazfit Pace cocok untuk dijadikan sebagai ‘teman setia’ kamu dalam menjalani beragam aktivitas sehari-hari maupun berolahraga dengan intensitas tinggi.

Demikianlah ulasan singkat tentang jam ini dari saya, semoga ada manfaatnya..sampai jumpa lagi di video selanjutnya.

komentar