Ciater merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kecamatan ini berlokasi di bagian daerah Selatan Subang. Daerah Selatan Subang mempunyai bentukĀ  pegunungan dan perbukitan; menjadikan tempat ini memiliki suasana yang sejuk dan segar.

Kemungkinan, sebagian orang ketika mendengar nama Ciater akan berfikir tentang wisata pemandian air panasnya yang terkenal bernama Sari Ater. Potensial untuk wisata air panasnya cenderung lumayan banyak karena berdasarkan area geografis yang dimiliki oleh tempat ini. Namun bukan berarti potensial di bidang wisata alam lain tidak bisa anda temui di sini. Terdapat beberapa curug di tempat ini karena daerah ini di liputi oleh wilayah pegunungan. Berikut adalah nama-nama curug yang terdapat di Ciater.

Curug Cibareubeuy

Bagi anda yang menyukai petualangan menuju tempat yang menarik, Curug Cibareubeuy jawabannya. Curug ini berlokasi sekitar 15 menit dari tempat pemandian air panas Sari Ater. Lebih tepat nya berlokasi Desa Cibeusi, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang. Curug ini memiliki ketinggian 40 meter.

Tantangan bagi pengunjung di karenakan tempatnya yang lumayan tersembunyi. Pengunjung harus berjalan santai melintasi Desa Cibeusi selama kurang lebih 1 jam 40 menit untuk mencapai air terjun ini. Di depan pintu masuk desa ini ada sebuah gapura kecil dan terdapat pangkalan ojek sebagai tempat anda untuk bertanya.

Anda bisa memarkirkan kendaraan anda di tempat parkir sebelum menjelajahi tempat ini. Kebanyakan yang mengunjungi curug ini menggunakan motor atau menyewa jasa ojek dan banyak juga yang melanjutkan wisatanya setelah terlebih dahulu mampir di Sari Ater. Untuk harga parkir motor saja di kenakan biaya Rp.5.000,00/motor.

Ada dua buah rute yang dapat anda tempuh untuk menuju lokasi ini yang mempunyai titik awal dari tempat parkiran. Pertama, menjelajahi hutan rimbun di atas bukit atau kedua, melewati area persawahan. Sekedar informasi, jika anda menyukai tantangan, anda bisa memilih alternatif pertama yakni melewati hutan. Namun, anda harus memakai sepatu kets atau boots dan jaket ketika memasuki hutan ini. Di karenakan bukit di sini cenderung terjal dan licin belum lagi berlumpur, pastikan anda mewaspadakan hewan melata seperti lintah dan ular yang kerap kali terlihat di sini.

Jika anda memilih metode kedua untuk pulang dan pergi, jalanan yang tentunya akan lebih mudah di lewati. Ada juga berbagai petunjuk jalan yang dapat mengantarkan anda hingga mencapai lokasi. Di tambah lagi anda akan melihat keindahan dari hijaunya sawah yang meremajakan mata anda. Jalanan yang anda lewati pertama kali adalah jalanan beraspal, kemudian jalanan setapak melewati tengah-tengah area sawah, selanjutnya area bebatuan.

Setelah anda berjalan kurang lebih 1 jam 40 menit, anda akan tiba di sebuah desa bernama Kampung Senyum. Di tempat ini anda bisa berehat sejenak. Terdapat saung-saung yang dapat melepas lelah anda selama berjalan. Saung-saung ini di miliki oleh pembuat aren di tempat ini bernama Pak Ocid. Kadang kala ada juga wisatawan yang menginap di tempat ini selama sehari demi menikmati keindahan curug cibareubeuy. Di shelter atau saung ini anda akan disuguhkan air minum dari sadapan air nira yang dinamakan lahang. Pas melepas dahaga anda saat merasakan segarnya air lahang yang ditempatkan di dalam kendi.

Setelah itu anda masih harus melanjutkan perjalanan kurang lebih 5-10 menit saja untuk menuju lokasi ini. Lalu disana anda dapat membayar tiket masuk yang disediakan di loket dengan harga Rp.5.000,00/orang.

Selain anda dapat melihat keindahan curug cibareubeuy adapula sebuah kolam kecil dimana berfungsi sebagai wadah air curug yang menetes dan biasanya menjadi tempat bermain air bagi wisatawan. Tidak hanya itu di curug cibareubeuy yaitu sebuah situs Purbakala dengan jumlah empat buah, tempat bumi perkemahan dan hutab pinus. Selain itu juga terdapat pengrajin gula aren yang bisa langsung di cicipi.

Anda juga dapat menggunakan paket yang di tawarkan pengelola wisata di Sari Ater untuk berkunjung ke curug ini. Harga di mulai dari Rp.1.500.000,00. Paket yang di tawarkan bervariasi dan anda bisa menghubungi langsung ke nomor 0822 3399 1945, atas nama Bapak Rudi Praja.

Air terjun

Sumber: Yosuasr.students.pens.id

 

Mandi di Curug Ciater

Sumber: Tumblr.com

Curug Bentang

Curug Bentang berlokasi di Kampung Adat Banceuy, Desa Wisata Wangun Harja, Kecamataan Ciater. Dan memiliki jarak yang tidak jauh dari Pemandian air panas Sari Ater. Curug ini memiliki sebuah perbedaan mencolok jika di bandingkan dengan curug yang berada di daerah Bandung, Jawa Barat, yang memiliki rata-rata ukuran yang tinggi dan sangat lebar. Beda halnya dengan curug satu ini. Curug ini hanya memiliki tinggi 5 meter.

Meskipun curug ini sangatlah pendek tetapi danau yang menampung air curug ini sangat jernih dan dingin. Curug ini terbentuk akibat curug lainnya yang memiliki susunan secara berundak. Dan titik tertinggi dari curug lain yang berada di bagian atasnya cenderung memiliki jalanan yang berbahaya dan sulit untuk di lewati.

Didekat curug bentang ini terdapat beberapa situ makam keramat yang dapat anda ziarahi seperti makam Aki Leutik (Raden Ismail Saleh), makam Prabu Jaya Tumenggung, dan makam Eyang Haji Pungkur (Haji Singadiraksa). Karenanya setiap tahunnya terdapat upacara adat bernama ruwatan bumi yang bertujuan untuk menghormati arwah leluhur.

Fasilitas yang terdapat di curug ini berupa saung, toilet, tempat parkir, dan beberapa warung kecil penjaja makanan. Harga tiket masuk ke lokasi ini murah meriah saja hanya Rp5.000,00/orang. Bagi anda yang berlibur ke Ciater, banyak sekali hotel pilihan dan penginapan yang di tawarkan, dari lossmen, bahkan berbintang pun ada di kawasan yang tidaklah jauh dari pemandian Sari Ater.

komentar