Dalam dunia belanja online ada beberapa informasi yang sangat penting yang harus diketahui oleh konsumen atau pembeli. Misalnya saja berat barang yang diinput oleh si penjual, agar pembeli dapat memaksimalkan jumlah barang dalam sekali pengiriman agar dihitung satu kilo saja Misalnya. Namun ada marketplace yang begitu aneh yang tidak menampilkan berat barang yang diinput oleh penjual, sehingga konsumen harus menebak-nebak jumlah berat belanjaan sebelum check out. Marketplace apakah itu ? Shope.

Sering sekali di halaman checkout saya batal belanja melihat ongkir yang dikenakan cukup mahal karena dianggap lebih dari 1 kilogram misalnya. Ini semua terjadi karena pihak shopee menyembunyikan berat setiap item. Padahal niatnya mau ngepasin 1 kilogram saja, namun karena tidak tahu berat total belanjaan, saya kesulitan ngepasin beratnya pas 1 Kg. Kalau masih dianggap 1Kg pun kadang suka nambah barang lagi, biar ga rugi ongkir. Maklumin guys..  kalau tinggal di pelosok indonesia itu bakalan banyak perhitungannya. Lebih sedikit saja harus nambah ongkir 2 kali lipat yang rata-rata kalau dari jawa ke banda aceh minimal ongkirnya 40 ribu-an per kilogram.

Baca juga : Berapa Lama Pengiriman Dari Aliexpress.com Sampai Ke Indonesia ?

Inilah keluhan utama saya belanja di shopee, kalau bukan karena program ongkirnya sudah pasti tidak pernah belanja di situs ini. Paling lari ke bukalapak atau tokopedia, kedua marketplace tersebut menampilkan berat barang per item, sehingga saya bisa memaksimal belanjaan dalam sekali pengiriman.

Saya tidak tau bagaimana kedapannya si shopee, yang jelas sampai dengan artikel ini diterbitkan, sistem di shopee tidak menampilkan berat barang yang dijual. Baik dari browser maupun dari aplikasi shopee. Kira-kira ini masuk ke pelanggaran perlindungan hak konsumen ga ya ? kalau iya bisa kena sentil nih si shopee. Semoga aja ada media besar yang mau bahas hal ini. Tapi kayanya ga bakalan deh, toh mereka yang di jawa ga masalah ya.. Barang berpusat di sana, ongklr antar kota atau provinsi sesama jawa mungkin ga jadi perhitungan.

Gara-gara ini saya berspekulasi jika ini merupakan trik marketing mereka agar konsumen jebol dompetnya karena belanja tanpa melihat berat barang/ongkir. Sehingga mereka cuan banyak, karena si shopee pasti bekerja sama dengan pihak kurir seperti J&T, JNE, dll.

Baca juga : Apakah J&T Antar Barang Ke Pelanggan Di Hari Minggu dan Libur ?

Jika spekulasi itu benar, sayangnya tidak berlaku ke saya, karena malah saya sering membatalkan closing belanjaan karena tidak tau berat semua belanjaan. Sudah terjadi berkali-kali. siahmad.com batal belanja pas lihat ongkir dihitung 2 kilogram, dan saya tidak tahu harus hapus barang yang mana agar berat kiriman pas 1 kg. Alhasil saya beralih ke bukalapak atau tokopedia. Incar yang mana ada free ongkir terbesar. Sering nyesal gitulah, udah lama-lama scrolling semua etalase toko, eh batal belanja karena ongkir dihitung 2kg.

Beberapa Screen Shot yang menunjukkan tidak ada infromas berat barang di halaman barang tersebut dijual dan di saat checkout!

Tampilan di Aplikasi mobile! Shopee tidak menampilkan berat barang setiap item

 

Kenapa Shopee Tidak Menampilkan Berat Setiap Barang ? Please Jawab!

Nah ini tampilan dari aplikasi android shopee, ini foto barangnya dan dibagian bawahnya langsung tertera ongkir saja, tanpa ada berat barang.. lanjut screenshot dibawahnya

 

Kenapa Shopee Tidak Menampilkan Berat Setiap Barang ? Please Jawab!

Ini sambungannya guys, tidak ada berat barang, lanjut lagi sambungan screenshotnya dibawah

Kenapa Shopee Tidak Menampilkan Berat Setiap Barang ? Please Jawab!

Ini sambungannya laagi guys! Padahal kalau jadi seller, kita wajib input berat bbarang setiap item yang dijual

Tampilan di desktop/ browesr

Kenapa Shopee Tidak Menampilkan Berat Setiap Barang ? Please Jawab!Kenapa Shopee Tidak Menampilkan Berat Setiap Barang ? Please Jawab!

Kenapa Shopee Tidak Menampilkan Berat Setiap Barang ? Please Jawab!

Tampilan di halaman Checkout

Lagi-lagi, tidak ada juga berat barang semua belanjaan!

Kenapa Shopee Tidak Menampilkan Berat Setiap Barang ? Please Jawab!Nah coba lihat diatas.. ini hanya contoh kasus checkout sembarangna untuk screenshot saja ya.. Ongkir totalnya 82 ribu. itu udah pasti 2 Kilogram dari bandung ke banda Aceh. Kesalnya saya tidak tau item mana yang bikin berat di ongkir. Padahal kalau masih dalam 1 Kg saja mau lanjut closing. Akhirnya saya harus tebak-tebak menghapus item satu persatu dan kembali checkout apakah ongkirnya berkurang jadi 1Kg atau tidak. Tentu saja ini sangat merepotkan konsumen. Saya pun tidak rela spend money 82K untuk di ongkir.. kalau dibanda aceh 82 K sudah bisa makan 3 hari mungkin. Tapi yasudahlah.. mau kesal atau engga tetap salah saya, kenapa masih mau belanja di shopee. hehe.

Baca juga : Cara Komplain Lapor Barang Tidak Sampai di Bukalapak (Pengalaman)

Akhirnya ya itu saja deh artikel hari ini di siahmad.com, artikel kali ini berisi unek-unek saya belanja onlen di shopee. Bagaimana dengan kalian ? apa juga merasa kekesalan yang sama ? jika iya.. kita setipe guyss!

komentar