Walau sudah menjadi alumni, saya sempatkan sejenak diri menulis proses perjuangan yang saya lakukan ketika menjadi mahasiswa semester akhir hingga akhirnya lulus mendapat gelar Sarjana komputer di Unsyiah.

arif mahasiswa

Jurusan Informatika Unsyiah berada dibawah induk Fakultas MIPA, sehingga aturan di Informatika terikat dengan ketentuan yang ditetapkan MIPA. Awalnya saya beranggapaan bahwa setiap jurusan memiliki proses yang sama dari pembuatan tugas akhir hingga selesai sidang. Ternyata setiap fakultas bisa memiliki alur yang berbeda-beda, bahkan jurusan dalam satu fakultas juga bisa berbeda. Misalnya saja di Informatika ada yang namanya poster day.

Walau berbeda-beda, ada pokok dasar yang harus dihadapi semua mahasiswa tingkat akhir yaitu awal pendakiannya SEMINAR PROPOSAL, dan puncaknya SIDANG sarjana. Inti dari semuaya ya cuma itu saja. Namun apa yang dihadapi sungguh berbeda. dalam proses menuju Sidang sarjana ada banyak sekali tahapan deg-degan yang harus di hadapi mahasiswa Informatika Unsyiah. Diantaranya Tugas Akhir 1 : seminar proposal –> Tugas Akhir 2 : Poster day –> seminar hasil –> sidang. Berikut detail penjelasannya.

  1. Seminar proposal, tahapan ini untuk menyetujui judul tugas akhir yang akan dikerjakan. Pada tahapan ini harus menyelesaikan BAB 1, 2 dan 3 yang semuanya menjelaskan apa yang akan dilakukan untuk penelitian tugas akhir. Sehingga, segala perubahan drastis kedepannya terjadi disini. Bisa saja para penguji meminta merubah sebagai judul, merubah proses penelitian, menambah objek penelitian, bahkan dapat menolak judul proposal. Saya yakin semua fakultas/jurusan ada tahap ini.
  2. Poster day, “hari poster” menjadi tahapan wajib sebelum melaksanakan seminar hasil. Jadi prosesnya, setelah selesai seminar proposal dan judulunya diterima dengar berbagai revisi dan tambahan, si mahasiswa tentu mengerjakan penelitiannya. Maka sebelum presentasi hasilnya di seminar hasil, mahasiswa informatika diwajibkan ngeprint poster seukuran 87 x 87 cm yang isinya menggambarkan apa yang dilakukan pada penelitiannya dan hasilnya. Si Mahasiswa diharuskan ngeprint dan nempel di papan khusus di lantai 3 dan wajib mengajak minimal 15 peserta untuk menghadiri poster day dan mendapatkan tanda tangan ke 15 orang tersebut. Saya tidak tahu apa ada di jurusan lain, namun beberapa teman saya di jurusan yang berbeda tidak ada tahapan ini. Menurut saya tahapan ini sebenarnya baik untuk mahasiswa namun merepotkan!!! Repot kejar tanda tangan :3
  3. Seminar hasil, tahapan ini biasanya menjadi ajang pembantaian. Ada dosen yang merasa hasil yang kamu lakukan salah, ada yang kurang puas dengan hasil penelitianmu, ada juga dosen yang ga ngerti, dan lainnya. Saya dibantai selama 1 jam lebih dalam proses seminar hasil (bulan puasa lagi). Tahapan ini mungkin tidak ada dibeberapa jurusan lain terutama jurusan bidang-bidang sosial. banyak ya deg-degan di informatika.
  4. Sidang Sarjana, tahapan akhir sebelum menjadi sarjana :D. Bantai atau tidak dibantai akan sangat relatif, karena banyak yang mengisahkan kejadian-kejadian unik ketika sidang. Ada yang menangis (baca di kaskus), ada yang ceritanya ia dibantai habis-habisan dengan pertanyaan dasar dan tentang tugas akhirnya, ada yang santai, ada yang singkat banget. Saya sendiri ALHAMDULILLAH termasuk dapat menyenangkan, dimana ketika sidang banyak momen hening–hening pertanyaan dan hanya menghabiskan waktu sekitar 50 – 60 menit dan senangnya lagi dapat “A”. Insya Allah semua tahapan diatas akan saya ceritakan pengalaman-pengalamannya.
  5. Wisuda.. tentu saja dalam proses wisudanya banyak urus-urusnya lo.. namun secara garis besar itulah bos-bosnya 😀

syarat dan ketentuan umum

Namun dari semua tahapan diatas, salah satu proses yang  paling dibenci adalah menunggu semua itu selesai. hahahaha. Deg-degannya itu loo yang ganggu. Jumpa dosen, sms dosen, kepikiran revisi, nunggu dosen pembimbing, kejar dosen pembimbing (kami pernah kejar sampe samahani bolak-balik 2 kali :3).  Tapi alhamdulillah dosen pembimbing saya baik-baik banget. the best lah. saya kasihan dengan teman saya yang dosen pembimbingnya bahkan ada yang ke Jepang, ke luar kota. dll Semangat ya semuanya ^_^V

Apa Tanggapan Anda? Silahkan tulis di kolom komentar

komentar