Saya tinggal di ujung Indonesia, walau negeri ini kaya sumber daya alam, namun kami miskin akan listrik. Sesekali dalam semimggu ada beberapa kali padam listrik, ada yg padam sebentar dan ada pula yang padam hingga berjam-jam. Padahal saya berada di ibukota suatu provinsi, tapi pinggiramnya.. Alhamdulillah setidaknya masih bisa menikmati listrik. Karena diluar sana masih banyak yang belum dialiri listrik.

Bagi mereka yang kerjanya tergantung pada listrik, tentu padamnya listrik bisa sangat merugikan. Termasuk saya yang membutuhkan listrik untuk menghidupi modem dan komputer.

Nah, bagi laptop yang memiliki baterai masih bagus mungkin tidak masalah jika mati lstrik sebenatr, lalu bagaimana jika dengan modem indihome yang selalu butuh listrik? Tentu saja dengna padamnya listrik ONT indihome juga akan mati. Walau alatnya mati namun bukan berarti internet mati, tentu saja padam listrik hanya lokal saja, server telkom di pusat kota tidak akan mati. Karena musti terus hidup.

Jadi yang kita perlukan hanya alat penyuplai listrik cadangan untuk megalirkan listrik walau saat mati lampu. salah satu solusinya Rechargeable adapter. 

Banyak pilihan yang ada, saya memilih menggunakan adapter berbaterai isi ulang (rechargeable adapter) merk prolink untuk membackup listrik yang padam.

Alat ini saya dapatkan seharga 300 ribuan, secara teori di atas kertas, alat ini mampu membackup listrik untuk perangkat modem indihome selama 2 jam atau 120 menit yang memiliki beban 12V/1.5A. Setelah browsing lagi ternyata ada yang lebih mura hingga 200 ribuan hingga 100 ribuan walau dengan merek yang berbeda.

Intinya kalau mau cari liat aja asal  voltage 12  berarti bisa untuk modem indihome, karen ada juga yang menjual versi 5 volt.

Lumayan dapat melanjutkan kerja hingga habis daya konsentrasi.. Sepengelaman saya entah kenapa bekerja saat mati lampu lebih serius/khusyuk ketimbang hidup lampu seperti sekarang. mungkin karena suasana lain ya dan tekanan agar baterai dapat dimaksimalkan penggunaannya.

Tinggal yang belum punya yaitu powebank untuk cas laptop. hehe, ditokopedia ada dijual power bank laptop seharga 700 ribuan, hmm sepertinya menarik tapi masih perlu dialokasikan dana untuk hal lainnya.

komentar