REVIEW PONSEL CERDAS SAMSUNG S22 ULTRA


samsung galaxy s22 ultra

Samsung tahu apa yang diinginkan oleh para pengguna, sebagaimana dibuktikan oleh adanya Galaxy S22 Ultra. Galaxy S22 Ultra ini menambahkan fitur terbaik Galaxy Note sambil juga menawarkan banyak peningkatan lainnya. Bahkan ada S Pen bawaan, tetapi masih banyak lagi yang terjadi dengan flagship ini karena Samsung mencoba menjadi yang teratas dalam daftar ponsel terbaik.

Pembaruan terbesar Galaxy S22 Ultra datang dengan kameranya, karena Samsung berusaha untuk menyalip, menarik dan lebih baik dari iPhone 13 Pro Max dan Google Pixel 6 Pro sebagai ponsel kamera terbaik dengan bantuan serangkaian peningkatan. Ini termasuk sensor utama yang lebih besar untuk foto cahaya redup yang lebih baik, mode potret yang diperkuat AI dan lensa Super Clear baru.

SPESIFIKASI SAMSUNG S22 ULTRA

  • Versi Android: 12, One UI 4.1
  • Layar: AMOLED Dinamis 6,8 inci (3088 x 1440)
  • Kecepatan refresh: 1-120Hz
  • CPU: Snapdragon 8 Gen 1 (AS), Exynos 2200 (Inggris)
  • RAM: 8GB, 12GB
  • Baterai: 5.000 mAh
  • Masa pakai baterai (Jam: Menit): 8:50 (adaptif), 10:18 (60Hz)
  • Warna: Burgundy, Phantom Black, Phantom White, Green.
  • Berat: 8 ons
  • Ukuran: 6,43 x 3,07 x 0,35 inci
  • Penyimpanan / Dapat Diperluas: 128GB, 256GB, 512GB, 1TB / Tidak
  • Kamera belakang: 108MP (f/2.2) utama, 12MP (f/2.2) ultrawide, 10MP (f/2.4) 10x telefoto, 10MP (f/2.4) 3x telefoto
  • Kamera depan: 40MP (f/2.2)

DESAIN

Samsung Galaxy S22 Ultra tampil menggunakan desain yang paling beda. Bentuk dari desain ini lebih terlihat persegi atau kotak dan di desain ini juga menampilkan dengan modul kamera yang juga sepenuhnya baru. Samsung Galaxy S22 Ultra berukuran 77,9 × 163,3 × 8,9 mm dan berat 228 gram. Hal tersebut dapat dikatakan sedikit memberatkan bagi pria dewasa untuk menggunakan satu tangan. Jadi, akan baik bagi mereka yang bertangan kecil untuk menggunakan fungsi seperti operasi satu tangan.

LAYAR

Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki Layar Infinity O 6,8 Inci 3088 X 1440. Meski memiliki keunggulan dalam memberikan tingkat kualitas tertinggi, tepi ganda telah diterapkan pada sudut-sudutnya. Bisa dibilang agak kurang nyaman buat saya yang lebih suka layar datar. Dan seperti Samsung Galaxy S21, Anda harus membeli ekstra karena film pelindung layar tidak disediakan sebagai standar.

Di atas layar terdapat kamera selfie 40 megapiksel (F2.2). Kualitasnya cukup bagus. Namun, agak mengecewakan karena UDC tidak terpasang seperti Samsung Galaxy Z Fold 3. Dan itu bisa dibuka melalui pengenalan wajah.

Di bagian bawah, dipasang sensor pengenalan sidik jari ultrasonik Qualcomm 3D Sonic Sensor Gen2. Sebelum menggunakannya, saya sedikit khawatir dengan tingkat pengenalannya. Ini bekerja cukup baik untuk dikenali bahkan saat Anda menyikatnya.

KAMERA

Nilai inti dari Samsung Galaxy S22 Ultra bisa dikatakan kameranya. 108 juta piksel (F1.8) sudut lebar, 10 juta piksel (F2.4) telefoto 3x, 10 juta piksel (F4.9) telefoto lipat 10x, 12 juta piksel (F2.2) Terdiri dari lensa ultra lebar segi empat sudut Sudut pandangnya sangat serbaguna, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambil berbagai foto.

Anda dapat eksplorasi banyak sekali mode kamera, eksplorasi yang dapat Anda lakukan jika membeli Samsung Galaxy S22 adalah mode Pro hingga dengan aplikasi Expert RAW terpisah. Dan Anda tidak perlu khawatir karena sudah optimalnya mode auto milik Samsung Galaxy S22 Ultra ini. Misalnya: saat malam hari, tanpa harus mengaksesnya secara manual maka Samsung Galaxy S22 akan otomatis aktifkan mode malam.

BATERAI

Kapasitas baterai Samsung Galaxy S22 Ultra tetap dibuat sama besar di 5,000 mAh, meskipun sekarang sudah bisa menyimpan stylus di dalam bodi. Selepas kejadian Galaxy Note 7 beberapa tahun silam, nampaknya Samsung sudah menemukan cara untuk gunakan baterai lebih besar. Sudah dapat saya apresiasi daya tahan batrai dari Samsung Galaxy S22 Ultra.

Sebagai contoh, biasanya saya sudah harus isi daya ulang sekitar pukul 7-8 malam jika menggunakan Samsung Galaxy Note20 Ultra. Namun di Galaxy S22 Ultra, kalau memang tidak intensif digunakan bisa sampai jam tidur bahkan paginya. Sayangnya, masih cukup tertinggal teknologi pengisian dayanya.

S PEN

Jika Anda memeriksa bagian bawah, Pena S disimpan dan port USB-C USB 3.2 Gen1 dipasang. Dan karena mendukung fungsi pengisian cepat 45W, juga nyaman untuk mengisi daya dengan cepat.

Galaxy S22 Ultra memiliki spen. Sekarang, dalam kasus seri Ultra, tampaknya sepenuhnya menggantikan seri Galaxy Note, dan memiliki keuntungan karena dapat membuat berbagai catatan dengan mudah.

S Pen dilengkapi dengan fungsi Bluetooth. Jadi, Anda bisa menggunakan fungsi play/pause saat menonton video. Selain itu, mendukung fungsi gerakan, tetapi agak memalukan untuk menggunakannya dengan benar.

Menggunakan S Pen yang disertakan di Galaxy S22 Ultra, Anda dapat membuat catatan kapan saja, di mana saja. Tentu saja, Anda dapat mengetik menggunakan keyboard virtual, tetapi sedikit lebih intuitif dan lebih cepat. Dan sepertinya agak sulit untuk menggambar karena ukuran layarnya.