REVIEW TV LED ANDROID SONY BRAVIA XR-55X90K ULTRA-HD


Desain dan spesifikasi TV Android LED Ultra-HD Sony Bravia XR-55X90K

TV Sony Bravia XR-55X90K ULTRA-HD berada di urutan teratas untuk TV LED Sony, dan tersedia dalam tiga ukuran, 55 inci, 65 inci dan varian 75 inci yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. Terlepas dari ukurannya, tidak ada perbedaan pada model mana pun, dengan semuanya memiliki layar LED Ultra-HD (3840×2160-piksel) Triluminos (quantum-dot) dan kecepatan refresh 120Hz hingga resolusi 4K.

tv led android sony bravia xr 55x90k ultra hd

TV Sony 55X90K berjalan pada perangkat lunak Android TV 10, dengan antarmuka pengguna Google TV di atasnya

Tidak seperti banyak televisi kelas atas modern, Sony 55X90K tidak terlalu ramping. Namun, ini tidak terlalu besar atau tebal karena tidak terlalu jauh dari dinding bahkan saat dipasang di dinding, dan memiliki lebar yang sama dengan kebanyakan TV sejenis. Televisi ini memiliki berat sekitar 17,4kg tanpa dudukan terpasang dan mendukung pemasangan VESA di dinding.

Dudukan dudukan meja sudah termasuk dalam paket penjualan dan mudah dipasang. Dudukan menempel di sudut bawah TV, jadi diperlukan meja lebar atau unit televisi jika Anda memilih untuk memasang TV Sony Bravia 55X90K dengan dudukan.

Semua port dan soket pada televisi Sony XR-55X90K menghadap ke luar di sebelah kiri layar, sedangkan soket daya untuk kabel daya yang dapat dilepas ada di sebelah kanan. Berguna, akses ke port dan soket cukup mudah bahkan saat TV terpasang di dinding. Ada empat port HDMI (dua adalah HDMI 2.1 dengan 4K 120Hz dan dukungan Variable Refresh Rate, salah satunya memiliki dukungan eARC), dua port USB Type-A, satu port Optical Audio-out (Toslink), port Ethernet dan soket antena dan soket untuk audio-out 3,5mm dan Video In.

Televisi Sony Bravia 55X90K memiliki dukungan untuk format Dolby Vision, HDR10, dan HLG untuk konten rentang dinamis tinggi, dan format audio Dolby Atmos dan DTS Digital Surround. Ada Wi-Fi dual-band dan konektivitas Bluetooth 4.2, bersama dengan penyimpanan internal 16GB untuk aplikasi dan data aplikasi. TV ini ditenagai oleh Cognitive Processor XR dari Sony, dan memiliki sistem empat speaker dengan total output terukur 30W. Seperti banyak televisi kelas atas Sony, ada peredupan lokal lengkap pada TV 55X90K.

Sony Bravia XR-55X90K Ultra-HD LED Android TV remote dan fitur

Sony biasanya menyertakan remote besar yang berfungsi penuh dengan televisinya, termasuk seri X75K yang baru diluncurkan yang baru diluncurkan. Namun, televisi 55X90K menandai perubahan penting dari tren ini. Ini memiliki remote yang lebih kecil dan lebih minimalis dengan lebih sedikit tombol. Remote semacam ini memang lebih mudah ditangani dan disimpan dengan aman dan memiliki tombol untuk sebagian besar fungsi penting, jadi tidak terlalu terganggu dengan perubahan itu.

Fitur utama TV Sony Bravia 55X90K termasuk mode latensi rendah otomatis dan kecepatan refresh variabel (VRR) untuk bermain game, dukungan Asisten Google hands-free berkat mikrofon yang selalu mendengarkan di TV, dukungan Alexa, dan sensor cahaya untuk secara otomatis sesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan di ruangan. Opsi konektivitas bermanfaat lainnya termasuk Google Chromecast bawaan dan Apple AirPlay dengan dukungan HomeKit.

opsi konektivitas sony bravia xr 55x90k ultra hd

Sony menggunakan remote yang lebih kecil dan lebih minimalis dengan seri X90K

Perangkat lunak dan antarmuka TV Android LED Ultra-HD Sony Bravia XR-55X90K

Televisi Sony Bravia XR-55X90K berjalan di TV Android, mirip dengan yang lain dalam rangkaian TV pintar Sony selama beberapa tahun terakhir. Namun, model terbaru, termasuk seri Sony X75K memiliki antarmuka pengguna Google TV yang lebih baru di atas Android TV, tidak seperti UI Android TV stok lama yang masih digunakan oleh banyak produsen. Konon, TV X90K menjalankan Android TV 10 dengan UI Google TV, tidak seperti seri X75K yang lebih terjangkau yang memiliki Android TV 11.

Menariknya, TV ini juga mendapatkan ‘Netflix Calibrated Mode’, yang diklaim dapat mengoptimalkan pengaturan gambar untuk konten tertentu di Netflix. Fungsi UI utama lainnya, termasuk mengakses pengaturan, dapat dilakukan dari layar mana pun di antarmuka dengan menekan tombol pengaturan di remote.

Asisten Google dapat digunakan untuk mencari dan mengakses konten tertentu, atau bahkan informasi umum, dan Google Play store untuk Android TV menyediakan akses ke lebih dari 5.000 aplikasi dan game yang dibuat untuk digunakan di televisi. Ini adalah pengalaman yang sangat akrab bagi siapa pun yang terbiasa dengan TV Android, dan tetap menjadi pilihan sebagai sistem operasi televisi terbaik saat ini.

Performa TV Android LED Ultra-HD Sony Bravia XR-55X90K

TV LED Ultra-HD Sony Bravia XR-55X90K menggunakan resolusi, kalibrasi dan teknologi quantum-dot Triluminos untuk menghadirkan kinerja yang Anda harapkan dengan harga yang terjangkau. Meskipun tidak cukup setara dengan TV OLED yang bagus dalam kisaran harga ini dalam hal tingkat warna hitam, Sony 55X90K menggunakan peredupan lokal lengkap untuk efek yang baik, untuk memastikan warna hitam yang layak dan kontras yang kaya, sambil memberikan kecerahan dan tingkat kecerahan yang mengesankan. akurasi warna yang tidak banyak ditawarkan televisi di segmen ini.

Televisi Sony XR-55X90K

Televisi Sony XR-55X90K menghadirkan gambar yang cerah, tajam, dan bersih, terutama dengan konten HDR Ultra-HD

Umbrella Academy Season 3 menunjukkan bahwa TV Sony 55X90K tidak hanya sangat cerah dengan konten Dolby Vision, tetapi juga memiliki warna yang terasa sangat akurat dan tepat. TV juga menangkap estetika yang sedikit vintage dengan sangat baik, sekaligus menggambarkan warna-warna cerah dari rangkaian acara yang mewah dengan tepat. Ada rasa hangat dan nyaman dalam warna yang memungkinkan untuk menonton acara di TV Sony dengan nyaman.

Konten Full-HD dan definisi standar biasanya rapuh di TV kelas atas, yang biasanya dioptimalkan untuk konten beresolusi tinggi. Namun, TV Sony Bravia XR-55X90K menawarkan gambar yang bersih, dengan peningkatan yang baik yang membuat sebagian besar konten beresolusi rendah terlihat bagus meskipun ukuran layarnya besar.

Kualitas suara pada televisi Sony Bravia 55X90K dapat diterima di seluruh format dan jenis konten, meskipun Dolby Atmos membuat perbedaan nyata dalam meningkatkan keluasan dan detail suara. Meskipun TV terdengar baik-baik saja bahkan pada volume yang lembut dan sedang, itu tidak menjadi terlalu keras, dan sedikit tertahan oleh sistem speaker 30W-nya yang tidak memberikan kinerja yang sangat mengesankan.