AKTOR HOLLYWOOD YANG JAGO BELA DIRI


Di layar lebar mungkin sulit untuk membedakan antara koreografi yang cermat dan yang memiliki keahlian sejati. Dalam film bergenre aksi laga khususnya, terkenal karena aktor-aktor yang tampaknya ahli bertarung di layar tetapi tidak di kehidupan nyata. Dengan mengaburkan batas-batasan ini tentu saja individu seperti Bruce Lee, Steven Seagal, Chuck Norris telah berhasil membawa keahlian seni bela diri mereka ke layar lebar.

Daftar ini mencakup aktor dan seleb yang benar-benar ahli dalam satu atau lebih disiplin seni bela diri dan beberapa diantaranya adalah

Keanu Reeves

keanu-reeves

Reeves tidak merahasiakan akan kecintaannya pada seni bela diri .  Dengan membintangi film The Matrix dan menyutradarai film kung-fu Man of Tai Chi serta  film aksi  John Wick di 2014, ia mendorong segalanya ke tingkat yang sama sekali baru. Dia tidak hanya menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk belajar judo, tetapi dia juga mempelajari jiujitsu, yang membantu memberikan karakternya dengan  gerakan mematikan yang ditampilkan dalam film.

Jason Statham

jason-statham

Jason Statham, seorang pria tangguh Inggris, berlatih dalam berbagai seni bela diri termasuk jiujitsu Brasil, Wing Chun, karate, dan kickboxing. Dalam wawancara dengan Combat Bear, ia memilih bela diri itu “karena tidak banyak kontak dengan wajah,” jelas Statham. “ wajah tidak akan terluka, yang menjadi hal yang sangat penting dalam pekerjaan saya.”

Robert Downey Jr.

robert-downey-jr

Hanya sedikit cerita yang membangkitkan semangat seperti kembalinya Robert Downey Jr. ke Hollywood. Sementara kesulitannya dengan kecanduannya didokumentasikan dengan baik, sedikit orang yang mengetahui bahwa seni bela diri Wing Chun memainkan peran penting dalam pemulihannya. Aktor ini dilatih oleh pencetus gaya bertarung Eric Oram yang memujinya karena perubahan gaya hidupnya menjadi lebih baik.

Mickey Rourke

mickey-rourke

Rourke yang telah belajar tinju sejak masih muda, mengalihkan fokusnya ke akting dan menjadi terkenal pada 1980-an berkat peran dalam film seperti Rumble Fish, Diner, dan 9 And A Half Weeks. Dia mendapat pujian paling banyak dari kritikus untuk film Charles Bukowski Barfly. Ketika pada tahun 1989 Rourke memutuskan untuk berhenti berakting dan mulai bertinju secara profesional, banyak orang terkejut. Menurut akunnya sendiri, merasa  terhormat sebagai seorang aktor yang telah mendapatkan ketenaran dan kesuksesan  yang luar biasa untuk kehidupan pribadinya.

Jean Claude Van Damme

jean-claude-van-damme

Tidak mengherankan bahwa Jean-Claude Van Damme adalah seniman bela diri yang terampil. Pada usia sepuluh tahun ia mulai belajar karate Shotokan dan Van Damme mulai berlatih untuk tim karate nasional ketika dia berusia 12 tahun,  ia memulai karir kompetitif di karate dan ia mengumpulkan 44 kemenangan yang menakjubkan. Pada usia 18 tahun ia menerima sabuk hitamnya.. Kemudian untuk meningkatkan fisiknya, ia juga memulai binaraga yang memungkinkannya menjadi ‘Mr. Binaraga Belgia’. .Ia juga belajar taekwondo dan Muay Thai, sebagian besar gerakannya adalah perpaduan antara karate dan kickboxing.

Dolph Lundgren

dolph-rundgren

Lundgren telah sering menegaskan bahwa sifat tegang hubungannya antara dia  dengan ayahnya memotivasi dia untuk terus  berbuat lebih baik. Dia memiliki gelar dan master di bidang teknik kimia, dan  tidak hanya puas dengan akademisi,  dia juga memutuskan untuk belajar karate  menjadi juara  dan sabuk hitam di karate Kyokushin. Setelah transformasinya menjadi pengawal Grace Jones, keduanya mulai berkencan dan akhirnya pindah ke New York. Lundgren diberi peran kecil sebagai agen KGB ketika Jones, Roger Moore, dan Christopher Walken berperan dalam film James Bond A View to a Kill.  Selanjutnya kesuksesan terus mengikutinya.

Mark Dacascos

mark-dacascos

Mark Dacascos sering memainkan peran aksi di sepanjang karirnya dan telah belajar seni bela diri sejak ia berusia tujuh tahun. Dia berpartisipasi dan memenangkan sejumlah kompetisi kung fu dan karate antara usia 7 dan 18 tahun. Dacascos juga telah belajar muay thai , capoeira dengan Mestre Amen Santo, dan wushu dengan pelatih Eric dan Debbie Chen. Diapun ahli dalam seni bela diri ayahnya, Wun Hop Kuen Do.

 Donnie Yen

donnie-yen

Donnie Yen aktingnya di film IP Man memang patut diacungi jempol. Berperan sebagai ahli wing chun di masa itu sampai mempunyai murid yang legendaris kita kenal sebagai Bruce Lee.

Donnie Yen ternyata menguasai 15 macam jenis bela diri yaitu Tai Chi, Tinju, Kickboxing, Jeet Kune Do, Hapkido, Taekwondo, Karate, Muay Thai, Gulat, Brazilian Jiu-Jitsu, Judo, Wing Chun, Wushu, Hung Ga, dan MMA.

Tom Hardy  

tom-hardy

Bintang film Mad Max dan The Dark Knight Rises ini terlihat beberapa kali berlatih Brazilian Jiu Jitsu. Contohnya pada tahun 2017 lalu ketika dia berlatih dan melakukan demonstrasi Brazilian Jiu Jitsu di depan pasukan marinir Inggris.

Dia sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan Brazilian Jiu Jitsu. Pada 2011, Hardy membintangi film bertema olahraga bela diri berjudul Warrior.