APAKAH KURIR TIKI ANTAR BARANG HARI MINGGU?


ekspedisi-tiki

Di Indonesia saat ini terdapat banyak penyedia layanan logistik dan jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Karena dipengaruhi oleh berbagai faktor yang ada yang menyebabkan hal tersebut terjadi, salah satu contohnya adalah karena kemudahan setiap orang untuk mengakses platform belanja online (Online Shopping atau Toko Online).

Tiki berdiri pada tahun 1970 di Jakarta merupakan salah satu perusahaan ekspedisi atau jasa pengiriman terkemuka yang ada di Indonesia. Hingga saat ini, Tiki didukung oleh lebih dari 6.000 karyawan di seluruh Indonesia, memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota besar di Indonesia, lebih dari 500 kantor perwakilan, dan lebih dari 3700 gerai.

Selain mudah dilakukan, tafir atau biaya pengiriman yang ekonomis, serta jangkauan yang tersebar luas, masih ada banyak keunggulan lainnya jika konsumen menggunakan jasa pengiriman Tiki ini.

kurir TIKI memiliki jam kerja yang jauh lebih fleksibel. Hal ini dikarenakan ada beberapa layanan  prioritas dari ekspedisi Tiki yang tetap mengharuskan barang dikirim walaupun hari libur. Agen dan kurir Tiki memiliki tugas, di mana tugas tersebut dibagi menjadi 2 (dua), yaitu:

  • Delivery barang atau paket dari satu cabang ke cabang yang lain. Untuk tugas ini, kurir bisa bekerja selama 24 jam non-stop.
  • Delivery atau pengiriman barang dari kantor cabang ke alamat tujuan konsumen.
layanan-tiki

Tiki memiliki berbagai macam jenis layanan yang tersedia, seperti:

ECONOMY SERVICE (ECO)

Economy Service (ECO) ini merupakan jenis layanan yang memiliki tarif atau biaya pengiriman paling ekonomis, yang tersedia di Tiki. Karena tarif pengiriman ini paling murah maka estimasi atau waktu sampai barang kepada konsumen lebih membutuhkan waktu, yaitu sekitar 7 sampai dengan 14 hari. Jika konsumen menggunakan layanan ECO maka kurir akan mengantarkan barang atau paket pada:

  • Dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul17.00 pada hari Senin – Sabtu.
  • Minggu & Libur Nasional tidak ada pengiriman ke alamat tujuan (tutup).

REGULAR SERVICE (REG)

Layanan jasa kirim Regukar Service (REG) memiliki biaya atau tarif pengiriman harga regular dan terjangkau. Dengan estimasi pengiriman barang akan diterima oleh konsumen sekitar 3 sampai 7 hari, lebih cepat dibandingkan dengan jenis layanan jasa kirim ECO. Dan untuk waktu pengiriman barang yang akan diterima oleh konsumenpun sama dengan ECO, yaitu:

  • Dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul17.00 pada hari Senin – Sabtu.
  • Minggu & Libur Nasional tidak ada pengiriman ke alamat tujuan (tutup).

TWO DAYS SERVIVE (TDS)

Two Days Service (TDS) dengan estimasi waktu barang sampai kepada konsumen atau ke tempat tujuan selama 2 hari (barang sampai esok lusa). Berbeda dengan 2 layanan sebelumnya, layanan ini akan mengirimkan barang kepada konsumen pada hari Senin sampai Minggu antara pukul 08.00—20.00. Hari Minggu kurir akan tetap mengirimkan paket kepada konsumen karena jenis layanan TDS termasuk salah satu layanan cepat.

ONE NIGHT SERVICE (ONS)

Berbeda dengan layanan Two Days Service (TDS) yang membutuhkan waktu hingga 2 hari dalam pengiriman barang agar sampai ditangan konsumen. Untuk pengantaran ke tempat tujuan, layanan Tiki ONS (Over Night Service) ini hanyalah membutuhkan waktu 24 jam saja atau 1 hari sampai (keesokan harinya). Layanan ini sangat cocok untuk konsumen yang tidak sabar menunggu barang / paketnya tiba atau sangat memerlukan barang / paket tersebut karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dan layanan Tiki ONS memiliki jam operasional pengiriman barang yang sama dengan layanan TDS, di mana Tiki ONS hari minggu akan tetap melakukan pengiriman, tepatnya pengiriman dilakukan dari hari Senin sampai Minggu pukul 08.00 hingga pukul 20.00.

SAME DAY SERVICE (SDS)

Di pilihan terakhir ada jenis layanan pengiriman Tiki yang bernama Same Day Service (SDS) untuk beberapa kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, di mana barang akan dikirim cukup dalam beberapa jam saja. Layanan ini akan mengirimkan barang kepada konsumen pada hari:

  • Senin s/d Minggu        :           pukul 08.00 — 20.00.

KESIMPULAN

tiki-paket

Dari banyaknya jenis layanan pengiriman yang tersedia di Tiki, maka dapat disimpulkan bahwa kurir tidak akan mengirimkan barang ke alamat tujuan pada hari minggu jika layanan yang digunakan oleh konsumen ada jenis layanan ECO dan REG di mana kemungkinan besar kurir akan mengantarkan barang dihari berikutnya (hari Senin). Jam operasional layanan ini adalah hari Senin – Sabtu dimulai pukul 08.00 – 17.00 dan untuk hari minggu dan libur nasional tidak ada pengiriman ke alamat tujuan (tutup).

Berbeda dengan kedua layanan tersebut, untuk jenis layanan prioritas yaitu: Tiki SDS, Tiki TDS, dan Tiki ONS hari Minggu dan hari libur akan tetap melakukan pengiriman barang kepada alamat tujuan yang konsumen berikan. Jam operasional layanan ini adalah hari Senin sampai Minggu dari pukul 08.00—20.00. Namun jika hari libur ada secara berturut-turut, 2 sampai 3 hari maka kurir Tiki dan agen hanya mengantar pada hari libur yang pertama. Hari libur kedua dan ketiga tidak melayani pengantaran dan juga pengantaran barang / paket tidak berlaku untuk hari raya seperti Nyepi, Natal, dan Idul Fitri.

Jadi, Tiki akan tetap mengirim barang atau paket ke alamat tujuan tergantung jenis layanan Tiki yang digunakan oleh konsumen tersebut.

,