KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENABUNG DI BANK BNI SYARIAH


bni-syariah

Cukup banyak jumlah bank-bank syariah di Indonesia. Yang kini hadir sebagai salah satu layanan bank dengan konsep syariah salah satunya adalah Bank BNI Syariah. Demi kepuasan transaksi nasabah dalam menjawab perkembangan zaman Bank BNI pun turut andil. Dengan berlandaskan syariat Islam, bank yang menawarkan tabungan syariah ini dianggap bisa menciptakan iklim perekonomian masyarakat yang lebih aman, adil, dan sejahtera.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. membuka bagian yaitu Bank BNI Syariah. Menawarkan berbagai produk perbankan, terutama tabungan dari unit syariah dari grup BNI ini. Bank BNI mampu melihat peluang di mana masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam, seperti bisa kita lihat dengan adanya Bank BNI Syariah. Dengan dalih menghindari riba, mereka memilih bank syariah seperti Bank BNI Syariah. Berikut macam-macam kelemahan dan keunggulan BNI Syariah.

KEUNGGULAN BNI SYARIAH

Berikut ini keunggulan BNI Syariah, antara lain:

  • Ada fasilitas mobile banking internet dan banking

Kita sudah bisa melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja hanya dengan mengunduh aplikasinya.

  • ATM mudah ditemui

Mungkin jumlah ATM BNI Syariah masih terbatas keberadaannya di Indonesia. Namun banyak ditemui bertebaran dimana-mana jumlah ATM BNI. fasilitas ATM BNI bisa digunakan dengan gratis oleh Nasabah BNI syariah. Tidak ada potongan ATM bersama maupun biaya administrasi.

Diantaranya ATM setor tunai yang dapat digunakan sebagai fasilitas ATM BNI. Melalui ATM BNI Setor Tunai pengguna bank BNI Syariah masih bisa melakukan setoran, meski jumlah ATM BNI Syariah terbatas. Jadi dapat dikatakan ATM Bank BNI Syariah sudah mudah ditemui, berbeda dengan kantor cabang yang masih sedikit.

  • Gratis biaya transfer ke BNI Konvensional

Saya tidak merasa keberatan mentransfer transaksi ke rekening bank lain apalagi saya sebagai seseorang yang suka berbelanja online. Biasanya seorang pedagang menawarkan beberapa jenis atau macam rekening pembayaran di berbagai jenis bank yang berbeda. Untuk memasukkan bank Syariah, tentu saja itu sangat jarang.

Untungnya, tidak dipungut biaya untuk transfer BNI Syariah ke BNI tradisional. Jadi, pembayaran tanpa memikirkan biaya pengiriman uang Anda bisa memilih bank BNI sebagai metode. Sebaliknya, tidak perlu ragu ketika seseorang ingin mentransfer uang dari bank BNI ke rekeningnya ke rekening syariah, karena biayanya gratis dan sistemnya sudah dibuat sedemikian rupa. Kita hanya butuh memberitahu bahwa kita adalah nasabah BNI jika kita ingin menerima uang atau transfer, tanpa harus menyebut Bank BNI Syariah.

  • Diawasi oleh OJK dan DPS

Dalam hal transaksi Bank BNI Syariah diawasi segala aktivitas keuangan oleh OJK dan DPS di mana hal tersebut memberikan kemudahan kepada nasabah.

  • Biaya administrasi gratis

Nasabah tidak akan memperoleh tambahan bagi hasil dan tidak akan dibebani biaya administrasi bulanan. Jumlah tabungan nasabah tetap seperti semula.

  • Menyediakan Kartu Debit dan Kredit

Tentu sangat berguna Kartu debit dan kredit BNI. Tinggal gesek kartu ATM, ketika melakukan belanja di mall atau toko besar dan uang yang dibawa tidak cukup. Selain itu jika menggesek kartu ATM BNI syariah pada mesin CDC BNI, tidak ada biaya alias gratis.

KELEMAHAN BNI SYARIAH

bank-bni-syariah

Berikut ini kelemahan BNI Syariah, antara lain:

  • Keuntungan yang kecil

Karena Bank Syariah tidak menerapkan bunga pada setiap akhir bulan maka keuntungan di bank BNI termasuk kecil. Meskipun terbilang kecil terdapat kekhawatiran bahwa masih terdapat unsur riba di bank ini.

  • Kantor cabang sedikit

Jika ingin mengurus sesuatu terkait rekeningnya nasabah terkadang kesusahan karena masih terbilang sedikit jumlah Kantor cabang bank BNI.

  • Jumlah uang di tabungan berkurang

Nilai uang di tabungan Bank BNI Syariah akan terkena inflasi, walaupun nilai uang yang ada di tabungan Bank BNI Syariah tidak berkurang atau bertambah.

,