MESIN CUCI DAN MESIN PENGERING


REVIEW MESIN CUCI DAN MESIN PENGERING CANGGIH

Mencuci dan menyetrika pakaian tentunya banyak menyita waktu Anda? Saat ini berkat kehadiran mesin cuci berteknologi tinggi, kegiatan laundry di rumah makin dipermudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan washer dryer atau mesin cuci dan pengering. Washer dryer banyak diminati karena unggul dalam efisiensi energi serta multifungsi.

mesin cuci berteknologi tinggi

Washer dryer adalah jenis mesin cuci yang berfungsi untuk mencuci sekaligus mengeringkan pakaian, sangat membantu rutinitas yang biasa dilakukan para ibu ibu apalagi yang mempunyai bayi akan membantu mempersingkat waktu dalam mencuci dan mengeringkan pakaian di saat musim hujan. Beberapa keunggulan dari washer dryer antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Harganya lebih terjangkau

Dari segi harga, washer dryer terbilang lebih murah daripada tipe tackasble yang menggabungkan beberapa switch menjadi sebuah switch tunggal.

  1. Lebih hemat tempat

Mesin cuci wash and dry menggabungkan dua fungsi dari pencuci dan pengering pakaian dalam satu kabinet. Oleh karena penggabungan itu maka tipe mesin cuci ini lebih ringkas dan tidak memerlukan ruang yang luas. Tentunya washer dryer ini lebih efisien daripada washer and dryer tipe stackable yang memisahkan pencuci dan pengering dalam unit yang berbeda, yang dengan itu pastinya akan memakan tempat.

  1. Fiturnya beragam

Washer dryer combo menyuguhkan berbagai fitur canggih yang menarik, seperti fitur quick wash, antibakteri dan smart sensor.  Dibawah ini adalah hal penting yang dapat dijadikan acuan ketika berniat melakukan pembelian.

  • Lihat spin speed-nya
acuan ketika berniat membeli mesin cuci dan mesin pengering, lihat speed-nya

Spin speed 1400–1600 rpm

Spin speed merupakan kecepatan maksimal per menit putaran tabung washer dryer. Spin speed menjadi penentu kemampuan pengeringan. Makin besar spin speed-nya maka akan makin optimal juga kemampuan washer dryer dalam mengeringkan pakaian. Spin speed washer dryer yang jual di pasaran memiliki 1000–1600 rpm. Hal itu akan mampu mengeringkan pakaian dengan menghilangkan kelembapan pakaian sebesar 50% sehingga pakaian tidak perlu dijemur terlalu lama.

Spin speed di bawah 1400 rpm

Washer dryer dengan spin speed yang lebih rendah di bawah 1400 rpm akan menyisakan kelembapan yang lebih tinggi biasanya aman untuk pakaian berbahan lembut dan halus.

  • Pilihlah jenis inverter agar lebih efisien

Mesin washer dryer terkenal banyak menyedot daya listrik apalagi saat dalam proses pengeringan. Disarankan anda memilih produk dengan jenis washer dryer berteknologi inverter. Teknologi ini dapat membuat washer dryer bekerja optimal tanpa konsumsi energi berlebih dan bisa menghemat banyak data listrik di rumah anda. Juga memiliki daya tahan yang sangat baik sehingga masa pakainya lebih lama dan mesin tidak akan cepat aus selain menciptakan gerakan mesin yang lebih halus.

  • Pertimbangkan kapasitasnya

Sebaiknya pilihlah produk yang kapasitasnya besar karena dengan washer dryer kapasitas besar, anda  dapat mencuci pakaian atau kain berukuran lebar, contohnya selimut, sprei, bed cover. Juga jika anda sering mencuci pakaian dalam jumlah banyak, produk berkapasitas besar cocok untuk anda yang memiliki banyak anggota keluarga.

  • Cek fitur utamanya

Pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan untuk memudahkan kegiatan laundry anda.

  • Fitur anti bakteri membuat pakaian lebih higienis

Fitur anti bakteri penting diprioritaskan karena dapat membantu melawan serta membunuh kuman dan bakteri. Juga untuk menjaga kebersihan tabung dan mencegah bau apek, anda dapat memilih washer dryer dengan teknologi Eco Drum Clean, Automated Drum Clean, atau DrumClean. Selain itu juga ada fitur uap VapourCare dari salah satu merk mesin washdryer terkenal yang dapat berfungsi mengurangi kekusutan pada pakaian sehingga pakaian tidak perlu di setrika lagi.

  • Fitur Quick wash
acuan ketika berniat membeli mesin cuci dan mesin pengering,fitur quick wash

Fitur quick wash, ini akan sangat cocok bagi anda yang sibuk karena dengan ini dapat mengoptimalkan proses pencucian cepat membersihkan pakaian dari kotoran hanya memerlukan waktu singkat dalam hitungan menit. Fitur Wash & Wear juga menjadi pilihan karena anda dapat langsung mengenakan pakaian segera setelah selesai pakaian dicuci.

  • Sensor smart
acuan ketika berniat membeli mesin cuci dan mesin pengering, sensor smart

Beberapa sensor smart pada washer dryer dengan pengaturan otomatis mampu memberikan saran pencucian dan menginformasikan waktu yang dibutuhkan untuk mencuci. Washer dryer juga mengembangkan kecanggihan dengan dapatnya dikendalikan dari jarak jauh melalui aplikasi di smartphone.

Penggunaan washer dryer diklaim lebih efisien dan hemat energi. Baju cepat kering 100% tanpa perlu dijemur. Baju siap untuk dipakai hanya membutuhkan waktu 1 jam saja. Namun daya listrik yang dibutuhkan untuk mengeringkan baju mencapai 2500 W jadi perhatikan daya listrik di rumah anda Juga saat membeli washer dryer sempatkanlah untuk membaca buku panduannya agar anda dapat mengoperasikannya dengan benar. Selain itu, bersihkan mesin cuci secara berkala dari kotoran dan sisa detergen agar wash dryer lebih awet.