REVIEW PENGALAMAN MENGGUNAKAN UPS APC BX 650 LI – MS 650 VA 325 WATTS


Uninterruptible Power Supplies 650 VA  dari American Power Conversion Corporation (APC) memberikan perlindungan daya profesional dan cadangan baterai untuk sistem komputer atau disebut juga UPS APC 650 VA. Shutdown sistem yang aman dan kemampuan manajemen daya tingkat lanjut menjaga sistem dan data tetap aman melalui koneksi USB dan koneksi faks/modem internal melindungi sistem dari lonjakan yang terjadi pada jalur data.

ups

UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts / UPS APC 650VA / Line Interactive memiliki 4 outlet, 3 di antaranya menyediakan cadangan baterai. Baterainya menyediakan 14,8 menit waktu pengoperasian dengan kapasitas setengah beban.

UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts disebut UPS “off-line” dijalankan dengan daya listrik dan beralih ke daya baterai ketika terjadi kegagalan daya. Karena ini adalah salah satu model yang lebih murah yang dibuat oleh APC, perangkat ini salah satu yang menggunakan gelombang sinus bertahap sebagai output.

Satu hal yang tidak saya pertimbangkan sebelumnya ketika memutuskan untuk membeli UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts ini adalah suara bising yang dihasilkannya. UPS ini mengeluarkan suara mendengung bernada tinggi. Suara dengungan ini jelas terdengar karena komputer saya atau kipas dari motherboard atau processor tidak menimbulkan suara berisik, suaranya sangat halus, sehingga ketika install UPS jelas terdengar suara dari UPS ini sangat mengganggu.

Untuk mengurangi suara berisik pada UPS, saya menyemprotkan sedikit pelumas, yang tampaknya dapat membantu mengurangi suara berisik yang selama ini terdengar, setelah beberapa hari setelah semprotan pelumas kering, suara berisik muncul kembali dan sekarang setelah bertahun-tahun pemakaian, masalahnya tersebut masih ada, namun saya tidak pernah bisa memperbaikinya.

Kelemahan lain dari UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts adalah bahwa UPS tidak mendukung aktivasi delayed dari perangkat yang terpasang. Dengan kata lain, ketika baterai telah benar-benar habis dan daya kembali, untuk kemudian output segera diaktifkan. Masalahnya adalah tidak ada cukup daya baterai yang tersisa untuk mematikan mesin saat listrik mati lagi. Saya mencoba mengatasi masalah ini dengan sedikit perubahan konfigurasi dan komputer dimatikan ketika masih ada lima menit waktu baterai yang tersisa. Perubahan konfigurasi ini memastikannya dapat menangani siklus booting dan shutdown perangkat ini. Dan upaya ini sepertinya berhasil.

Namun muncul masalah lain, operating systems yang ter-install di komputer saya adalah Linux. Kenyataannya bahwa ketika komputer saya lakukan restarting, UPS tidak ikut mati dan menghidupkan kembali pada output-nya. Ini disebabkan karena perintah turn-off power ke UPS hanya diberikan setelah komputer menyelesaikan prosedur shutdown-nya.

Untuk solusi ini sepertinya UPS harus dilengkapi dengan prosedur shutdown, karena UPS memberikan waktu tenggang selama beberapa menit untuk memungkinkan komputer mati dengan sempurna, yang seharusnya dengan tenggang waktu yang ada tersebut sudah cukup. Dengan perintah turn-off power, UPS akan mati dengan sendirinya setelah komputer dimatikan dan hidup kembali saat daya listrik kembali menyala. Jika Anda telah mengonfigurasi komputer untuk dihidupkan saat daya listrik kembali, komputer akan melakukan restart. Tetapi karena UPS tidak mematikan dan menghidupkan output ketika listrik kembali selama siklus shutdown, komputer akan tetap mati.

ups-apc

Jika Anda perlu menjalankan UPS pada generator, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan UPS on-line. Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa model off-line sering beralih ke baterai ketika frekuensi input tidak tepat. Dan karena generator sering kali menghasilkan frekuensi yang tidak tepat, maka generator akan selalu menggunakan baterai.

Ketika saya menggunakan UPS untuk sementara waktu, saya mulai memperhatikan bahwa kadang-kadang, perangkat ini menimbulkan banyak kebisingan, nada dan pola yang sama dari suara bising kumparan yang disebutkan di atas. Ketika suara berisik itu muncul, saya harus mencabut kabel USB dari komputer agar kebisingannya hilang. Hal yang mengherankan adalah bahwa suara berisik itu tidak muncul setiap saat, terkadang dalam sehari suara itu sama sekali tidak ada.

KESIMPULAN

UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts / UPS APC 650VA cukup layak untuk digunakan sebagai sarana bantu agar pelatan elktronik kita tidak cepat mengalami kerusakan akibat naik-turunnya tegangan listrik. Perangkat ini menyediakan cadangan energi ketika terjadi pemutusan arus listrik atau penurunan daya. UPS bereaksi secara cepat dan otomatis sehingga Anda tidak sempat mengalami masalah pada peralatan elektronik akibat listrik yang terputus secara mendadak.

Masalah-masalah yang muncul setelah beberapa lama pemakaian adalah hal biasa terjadi pada peralatan eletronik, pengalaman atas dua masalah yang muncul diatas bukan sesuatu hal yang strategis untuk diperdebatkan. Oleh karenanya tidak berlebihan rasanya jika saya merekomendasikan UPS APC BX650LI-MS 650 VA 325 Watts adalah model UPS yang pantas untuk kita miliki.